Bingung mencari tempat les baca untuk anak? Hampir sebagian besar orang tua pasti mengalami masalah tersebut, ketika anak akan mulai masuk sekolah. Seperti yang diketahui bahwa membaca merupakan salah satu kegiatan yang terlihat sangat mudah untuk dilakukan. Namun jangan salah ketika hal tersebut dipraktekkan pada anak yang masih kecil akan menjadi hal yang sangat sulit untuk diterapkan.

Mengajarkan anak untuk suka membaca adalah hal yang bisa dikatakan susah-susah gampang. Mengapa demikian? Perlu diketahui salah satu kesulitan yang sering sekali di hadapi dalam memberikan Guru Les Baca pada anak yaitu anak sering sekali merasa bosan. Jika harus membaca karena hal tersebut perlu dilakukan secara berulang-ulang. Lalu bagaimana cara efektif untuk mengajari anak membaca?

Les Baca Tulis Hitung
Les Baca Tulis Hitung

Cara Efektif Memberikan Les Baca Pada Anak dengan Menyenangkan

  1. Memberi Nama Semua Benda

Cara pertama yang bisa dilakukan dalam memberikan les baca pada anak dengan mudah dan menyenangkan adalah dengan memberikan nama pada semua benda, yang dilihat dalam sebuah ruangan kelas atau rumah. Tujuan utama cara ini yaitu ketika anak melihat setiap hari, maka secara tidak langsung akan terbentuk reaksi menghafal sedikit demi sedikit dari nama-nama benda tersebut.

2.Bermain Tebak Kartu

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan agar program pembelajaran membaca dapat berjalan efektif dan efisien adalah dengan membuat permainan tebak kartu. Cara permainan tebak kartu ini sangatlah mudah, Anda hanya perlu mencocokkan kartu-kartu bergambar dengan kartu yang berisi tulisan. Cara ini dipakai untuk memudahkan anak dalam menghafal kosakata dengan mudah.

3.Jangan Terburu-buru Mengajarkan Abjad

Seperti yang diketahui bahwa umumnya anak usia 2 sampai 6 tahun belum dapat menghafalkan simbol atau berfikir dengan logis. Oleh karena itu jangan pernah memaksakannya menghafal abjad, karena hal tersebut dapat membuatnya bosan dan benci dengan huruf-huruf tersebut. Jika sudah begitu anak akan cenderung malas saat menerima pembelajaran tentang membaca.

4.Membiasakan Membaca Buku Cerita

Cara selanjutnya yang biasa dilakukan sebuah lembaga bimbingan belajar dalam mengajarkan membaca pada anak usia TK, yaitu dengan membiasakannya dengan membaca buku-buku cerita yang dapat membangkitkan imajinasi dalam otaknya. Hal tersebut sangat penting karena selain membuat anak berimajinasi, membaca buku cerita akan menambah kosakata dan memperluas kemampuan komunikasinya.

Nah salah satu rekomendasi tempat yang menyediakan program membaca untuk anak yang sudah terbukti berkualitas dan terpercaya adalah bimbingan belajar Nusagama Jogja Kursus/Private. Tidak hanya les khusus membaca saja, di sana juga terdapat berbagai program mulai dari TK hingga kuliah. Bagaimana dengan biayanya? Anda tidak perlu khawatir karena biayanya sangat terjangkau. Jadi jangan sampai salah pilih ya! Demikian tadi sedikit informasi tentang cara memberi les baca pada anak TK dengan mudah dan menyenangkan. Semoga Informasi diatas bermanfaat.