0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Belajar membaca tidak harus dilakukan anak sendirian saja. Bergabung dalam sebuah kelompok belajar baca akan memberikan manfaat lebih untuknya. Salah satu caranya yaitu dengan anak mengikuti les baca. Saat anak memiliki teman belajar dalam suatu kelompok, hal tersebut dapat meningkatkan semangatnya. Mari simak kelebihan belajar membaca dengan mengikuti les daripada secara sendirian saja.

Les baca, Guru Privat Baca

Les baca, Guru Privat Baca

Les Baca dalam Mempercepat Proses Belajar

  • Menghilangkan Kebiasaan Menunda

Dengan mengikuti les membaca, anak akan menghadiri pertemuan les tanpa bisa menunda. Hal tersebut karena hari dan jam untuk les membaca sudah ditentukan. Jika belajar membaca sendirian, mungkin anak lebih memilih menunda hingga dia mendapatkan mood-nya.

Namun, saat dia mengikuti les, maka dia harus hadir pada waktu tertentu, sehingga tidak mungkin baginya untuk menunda. Dengan begini, anak Anda akan lebih tertib serta disiplin, tanpa ada paksaan untuknya belajar membaca.

  • Bisa Belajar Lebih Cepat

Jika belajar dalam suatu kelompok, umumnya anak dapat menguasai hal yang dipelajarinya dengan lebih cepat. Sama halnya dengan belajar membaca. Misalnya, ada beberapa kata yang tidak dipahaminya. Bisa jadi, dia akan langsung bertanya kepada temannya yang mungkin sudah lebih menguasai cara membaca.

Jika tidak, dia pun akan diajari oleh pendidiknya hingga benar-benar bisa. Di samping bertanya kepada teman yang lebih pintar, dia pun dapat membantu temannya yang mungkin mengalami kesulitan. Interaksi seperti demikian akan membuat si Kecil semakin cepat dalam menguasai keterampilan membaca.

 

Les baca, Guru Privat Baca

Les baca, Guru Privat Baca

Suasana Belajar Baru Melalui Les Baca

  1. Mendapatkan Perspektif Baru

Jika anak belajar sendiri, dia akan selalu melihat materi bacaannya dengan perspektif yang sama. Hal tersebut tidak menjadi masalah, namun jika dia bisa mendapatkan perspektif baru mengenai sebuah topik bacaan, maka hal tersebut membantu dia untuk mempelajarinya dengan lebih dalam.

Kelompok belajar adalah tempat sempurna untuknya dalam menemukan perspektif baru. Dia akan saling bertanya dengan temannya, sehingga muncul berbagai macam sudut pandang yang berbeda untuk sebuah materi bacaan yang sama. Ini dapat melatih kemampuan anak untuk berpikir secara lebih kritis.

  1. Menguasai Metode Belajar yang Baru

Selain memiliki perspektif baru mengenai materi yang dipelajari, anak juga akan menemukan teknik belajar baru melalui les baca. Dengan mengikuti les membaca bersama teman-temannya, anak bisa mencoba berbagai metode pembelajaran. Ini juga membantunya untuk mengetahui mana metode yang ternyata paling baik untuknya.

  1. Cara Belajar yang Menyenangkan

Belajar sendiri apalagi dalam jangka waktu yang lama bisa menjadi sebuah aktivitas yang monoton. Mungkin, aktivitas tersebut juga membuat anak lebih mudah bosan. Namun, jika dia bergabung dalam kelompok belajar membaca, kemampuan bacanya dapat meningkat lebih cepat.

Hal tersebut berkat keuntungan dari aspek sosial belajar kelompok. Anak Anda akan teman belajar yang bisa diajak diskusi bersama atau sekedar mengobrol, ketika mulai merasa bosan dengan materi bacaan yang dipelajari. Selain itu, Anda bisa mengikuti les baca di Yahya Nusagama Jogja kursus/private. Sehingga dapat menghadirkan suasana belajar membaca yang lebih menyenangkan untuk anak yang tidak suka belajar sendirian.

Les baca, Guru Privat Baca

Les baca, Guru Privat Baca

Les baca, Guru Privat Baca