0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Guru menjadi garda terdepan dalam menjalankan kurikulum baru integratif tahun 2013. Peran dan tanggunjawab guru menjadi perhatian yang serius karena tugas guru semakin berat dan luas. Janji dan pernyataan mendikbud sudah jelas bahwa kurikulum baru integratif sudah siap dan dilaksanakan pada tahun awal pelajaran bulan Juli 2013.

Secara garis besar kurikulum integratif  memuat beberapa perubahan pokok dan mendasar bagi peran guru. Perubahan itu adalah;

  1. Pengurangan jumlah mata pelajaran, Penambahan jam pelajaran.

Di tingkat SMP yang pada kurikulum KTSP ada 12 mata pelajaran, di kurikulum baru integratif menjadi 10 mata pelajaran. Sedangkan jam pelajarannya ditambah 6 jam setiap minggu.

Di tingkat SD yang pada kurikulum KTSP ada 10 mata pelajaran, di kurikulum baru integratif menjadi 6 mata pelajaran, jadi ada pengurangan 4 mata pelajaran. Sedangkan jam pelajarannya ditambah 4 jam setiap minggu.

2. Penghapusan Mata Pelajaran TIK.

Ini menjadi berat bagi guru, namun ini memang sudah menjadi tuntutan di masa kini, bahwa pelajaran TIK tidak menjadi pelajaran namun materi TIK sudah menjadi alat dalam pengajaran. Ini  sejalan dengan butir-butir pada akreditasi di komponen tengan pendidikan. Bahwa semua guru dituntut untuk dapat memanfaatkan TIK untuk sarana pengajaran.

Namun konsekunsi dari kebijakan ini harus ditanggung oleh guru. Semua guru harus dapat menguasai TIK untuk mengajar. Alasan dari depdikbud jelas bahwa TIK bukan mata pelajaran namun sudah harus menjadi sarana dan alat pendukung untuk meningkatkan kualitas dalam proses pengajaran.

Banyak juga mendapat kritikan atas kebijakan ini, karena guru belum siap dalam kemampuan TIK. Kemampuan dasar dalam menjalankan komputer, pemakaian LCD, akases internet, mengunduh (download), dan mengunggah (upload) saja belum maksimal. Maka waktu yang pendek ini masih bisa dilakukan persiapan yang cukup untuk megingkat kemampuan bidang TIKnya.

Kendalanya bagaimana jika guru belum mampu untuk mengajar komputer dan internet bagi pendidikan. Tentu bisa belajar lewat privat kemampuan komputer dan bimbingan belajar internet pendidikan. Privat Komputer, Kursus komputer, privat komputer kantor, privat komputer administrasi.