0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Di era ini ada banyak anak kurang punya minat dan dorongan untuk membaca. Anda dapat menumbuhkan minat baca anak dengan mengajak anak les baca. Selain itu, Anda dapat membuat anak lebih terdorong untuk membaca dengan memberi contoh pada anak. Ada cara-cara yang dapat Anda coba agar minat baca pada anak Anda semakin bertambah. Apa saja caranya? Baca uraiannya di bawah ini.

Les Baca dan Berbagai Trik Membentuk Minat Baca pada Anak

  • Membacakan Dongeng

Memaksa anak membaca buku bukan cara terbaik untuk menumbuhkan minat baca pada anak. Anda dapat menggunakan cara yang lebih menyenangkan dengan membacakan buku dongeng untuk anak. Dengan begitu anak akan terbiasa melihat kalimat dan memahami kata-kata. Keterlibatan Anda dalam membaca dongeng juga dapat memperkuat ikatan Anda dengan anak.

Setelah membacakan dongeng Anda dapat meminta anak bercerita kembali tentang dongeng yang sudah dibacakan. Apabila dirasa anak Anda masih kesulitan, Anda dapat memberi pertanyaan ringan terkait dongeng tersebut. Anda dapat menanyakan nama tokoh, apa yang dilakukan tokoh, bagaimana akhir ceritanya, atau kesan anak terhadap dongeng yang dibacakan.

  • Mengajak Anak ke Toko Buku atau Perpustakaan

Selain dengan memasukkan anak ke les baca, Anda dapat menambah minat baca dengan mengajak anak ke toko buku atau perpustakaan. Tempat tersebut akan membuat anak ingin tahu dan terbiasa dengan buku. Biarkan anak Anda memilih sendiri buku yang ingin dibacanya. Semakin anak terbiasa dengan buku, maka anak akan menjadikan kegiatan membaca sebagai hal yang menyenangkan.

  • Memberi Hadiah Berupa Buku Anak

Anak sangat suka bila mendapat hadiah, terutama hadiah dari orang tuanya. Anda yang biasanya memberi hadiah mainan pada anak Anda, dapat mengubahnya menjadi hadiah buku. Anda perlu memilih buku yang menarik dengan banyak ilustrasi yang lucu. Sesuaikan juga pilihan buku dengan usia anak. Sehingga anak lebih mudah memahami buku yang dibacanya.

  • Les Membaca untuk Anak-Anak

Les baca bisa menjadi cara membuat anak lebih gemar membaca. Anak sering tidak suka membaca karena sebenarnya mereka masih kesulitan. Melalui les anak akan dibiasakan untuk membaca dan tertarik dengan buku. Ketika anak berada di tempat les anak akan bertemu teman sebaya dan belajar membaca bersama. Berkumpul dengan teman untuk membaca bersama akan membuat anak lebih merasa senang membaca.

  • Membuat Perpustakaan Keluarga

Kebiasaan membaca pada anak dapat tumbuh bila ada keterlibatan dari orang tua. Anda bisa mengajak anak untuk membuat perpustakaan keluarga. Libatkan pasangan dan anak Anda untuk merapikan buku dan menaruhnya dalam rak khusus buku-buku. Biarkan anak Anda mengatur sendiri buku-bukunya. Kegiatan ini membuat anak lebih merasa terdukung untuk terbiasa membaca. Minat baca pada anak mulai banyak berkurang. Padahal membaca sangat baik bagi perkembangan otak anak. Para orang tua dapat menumbuhkan minat baca pada anaknya dengan cara membacakan dongeng, membuat perpustakaan keluarga, memberi hadiah buku pada anak, dan lain-lain. Mengikutsertakan anak dalam kegiatan les baca di Bimbel Nusagama juga dapat meningkatkan minat anak untuk membaca.