0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Museum Affandi, Jalan Laksda Adisucipto no. 167 55281. Museum Affandi di Jogja yang menyimpan sejumlah mahakarya lukisan. Beberapa di antaranya adalah karya maestro seni lukis Indonesia, Affandi. Lebih dari 2.000 lukisan Affandi dipamerkan di Museum Seni Lukis Affandi yang terletak di Jalan Laksada Adisucipto 167.

11-museum-affandi_gerobak

11-museum-affandi_gerobak

11-museum-affandi-Lukisan

11-museum-affandi-Lukisan

Bangunan museum terasa unik karena dirancang sendiri oleh Affandi, desain atapnya menyerupai daun pisang. Di sekeliling bangunan tumbuh berbagai pohon. Sepanas apapun cuaca Jogja, Anda pasti akan merasa sejuk jika berada di lingkungan museum ini. Museum Affandi memiliki tiga galeri utama. Begitu masuk ke Galeri I, Anda akan disambut dengan ramah oleh petugas front-office yang menyediakan tiket masuk seharga Rp. 10.000,00 untuk wisatawan domestik dan Rp. 20.000 untuk wisatawan asing. Di Galeri I dipajang sebuah mobil colt Gallant berwarna kuning kehijauan yang telah dimodifikasi oleh Affandi menyerupai bentuk ikan cucut. Karena keunikannya, mobil ini pernah ditawar perusahaan Mitsubishi Jepang.

Perjalanan kami menuju Museum Affandi adalah untuk pertama kalinya, sebenarnya saya memang jarang banget berwisata ke Museum, entah kenapa museum itu menurut saya merupakan tempat yang agak horor, maka dari itu saya tidak berani kalau harus hunting foto ke museum sendirian. Tapi nyatanya saya salah, bahwa tidak semua musium horor lohh seperti apa yang saya bayangkan dulu.

Museum Affandi buka setiap hari dari pukul 09.00 – 16.00 WIB kecuali hari libur nasional. Tiket masuk untuk wisatawan domestik Rp 20.000,- (free softdrink / icecream) dan wisatawan mancanegara Rp 50.000,- (free softdrink & souvenir)

Siang itu setelah parkir mobil, saya menuju loket pembelian tiket untuk 4 orang serta 2 kamera. Total @20.000/orang, @20.000/kamera, kami berempat total menjadi 120.000. Setelah mendapatkan tiket masuk museum, kami di arahkan oleh mas-mas pengelola museum untuk menuju galeri 1.

Alamat: MUSEUM AFFANDI Jl. Laksda Adisucipto 167 Yogyakarta 55281  Telp. 0274-562 593

Laman: http://www.affandi.org

Jam Kunjungan:
Senin-Minggu 09.00-16.00
Hari libur nasional tutup
Note: Untuk hari Minggu kami menyarankan pengunjung menghubungi museum terlebih dahulu karena terdapat kemungkinan museum tidak buka.

Tiket:
Tiket Rp 20.000 (bonus pensil dan kupon soft drink di Cafe Loteng)

Note: Dulu kamera dikenakan biaya Rp 10.000, sekarang tidak diperbolehkan memotret di dalam galeri.

 

Di sudut lain ada sepeda onthel kesayangan Affandi dan sebuah sepeda olahraga. Hampir setiap jengkal dinding Galeri I dihiasi lukisan-lukisan Affandi restropektif. Setelah puas menikmati mahakarya yang dipajang di Galeri I, Anda dapat menikmati koleksi di Galeri II. Sebelum masuk ke Galeri II, Anda bisa singgah di makam Affandi (wafat 23 mei 1990) berdampingan dengan i steri pertamanya, Maryati , yang meni nggal setahun kemudian. Masuk Galeri II, Anda dapat menyaksikan lukisan-lukisan seniman lain, termasuk lukisan karya putri Affandi, Kartika. Galeri III memiliki tiga lantai, lantai dasarnya di gunakan unt uk menyi mpan dan mer awat sejumlah lukisan Affandi. Lukisan yang dipajang di Gal eri III selalu berganti-ganti setiap saat, tergantung event yang diadakan. Lukisan yang dipamerkan ada yang dapat dibeli sebagai kenang-kenangan . selain lukisan, dipajang pula sejumlah sulaman indah karya Maryati. Di Galeri III sebelah timur terdapat sebuah menara yang digunakan untuk menyaksikan keindahan panorama sepanjang sungai Gajahwong dan ramainya lalu lalang kendaraan di Jalan Laksada Adisucipto. Puas mengelilingi museum, Anda dapat beristirahat sejenak di kafe dengan desain sangat hommy, berhias aneka tanaman bunga dan sebuah patung. Kafe ini diberi nama “Cafe Loteng”.

Anda dapat memesan aneka minuman atau camilan dan membeli beragam souvernir untuk kenang-kenangan sambil menikmati pemutaran video profil Affandi. Tepat disamping kafe, terdapat sebuah gerobak yang memiliki sejarah khusus bagi istri Affandi. Selain itu, bangunan ini dilengkapi dengan sebuah kolam renang berbentuk ikan cucut, di gunakan sebagai tempat bersantai keluarga Affandi. Di depan kolam renag terdapat studio lukis (Sanggar Lukis Gajahwong) untuk anak-anak dan orang dewasa, merupakan tempat bagi siapa saja yang ingin belajar melukis. Bagaimana, Anda tertarik menikmati sensasi yang di tawarkan Museum Affandi? Si lahkan melakukan reservasi ke Museum Affandi, Jalan Laksda Adisucipto no. 167 55281 , telepon/faksimile (0274) 562593. Kunjungan bisa Anda lakukan setiap hari pukul 09.00-16.00 WIB. Alamat website : www.affandi.org email:affandimuseum@yahoo.com

Referensi artikel dari

http://retnamudiasih.com/2016/02/09/menelusuri-jejak-sang-maestro-di-musium-affandi/

www.affandi.org email:affandimuseum@yahoo.com

Menengok Istana Sang Maestro Indonesia, Museum Affandi

http://www.museumindonesia.com/museum/28/1/Museum_Affandi_Yogyakarta_

Museum Affandi, Pendiri Affandi, Koleksi Museum Affandi, Objek Studi Wista, Tempat Studi Wisata, Objek Studi Tour

Kerjakan PR Online Mudah, Bantuan Kerjakan PR, Pahami Dalam Kerjakan PR , Privat Guru Online, Guru Online, Privat Online Indonesia, Belajar Privat Online, Privat Online Jogja. Les Privat (Belajar Mandiri) Mapel SD/MI Mapel  SD MI dan Bahasa Daeraj (Jawa).  Les Privat (Belajar Mandiri) Mapel SMP/MTs Mapel  SMP MTs dan Bahasa Daerah (Jawa). Privat Bahasa Jawa Jogja, Guru Privat Bahasa Jawa, Belajar Privat Bahasa Jawa, Tempat Privat Bahasa Jawa, Guru Belajar Privat Jawa, Tempat Les Bahasa Jawa, Lokasi Privat Bahasa Jawa, Belajar Bahasa Jawa Privat, Privat Bahasa Daerah