0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Privat SD Jogja, SD MUHAMMADIYAH NGUPASAN 1  2  3 YOGYAKARTA, Guru privat SD Jogja, Les Privat SD Jogja, Les Privat Jogja

SD MUHAMMADIYAH NGUPASAN 1  2  3 YOGYAKARTA

SEJARAH SINGKAT SD MUHAMMADIYAH NGUPASAN

SD Muhammadiyah Ngupasan de facto didirikan  tahun 1921 bertempat di gedung ( sekarang S.Praga ) dulunya bernama Holland Indlan School (HIS )Muhammadiyah. Tahun 1927 resmi berdiri.

Dalam perkembangan animo masyarakat begitu besar sehingga tidak dapat menampung siswa, maka berusaha mencari gedung yang lebih representatif. Oleh pejabat PU pemerintah Belanda ditawari untuk menempati  gedung bekas gudang senjata yang terletak di Jalan Bayangkara No.5 Yogyakarta.

Pada tahun 1942 pemerintahan  berganti  penjajah Jepang. Sekolah-sekolah HIS termasuk yang swasta  baik Kristen, Katholik, maupun Islam dibubarkan dan yang masih tetap berdiri tidak lagi disubsidi oleh pemerintah. Namun HIS Muhammadiyah Ngupasan tetap dipertahankan, akibatnya karena animo masyarakat begitu besar, maka siswa lainnya yang berasal dari luar Kauman disalurkan ke HIS Muhammadiyah Purwodiningratan. Selanjutnya HIS Muhammadiyah Ngupasan diganti menjadi Sekolah Rakyat ( SR ) “Sempurna” karena lama belajar 7 tahun sedangkan SR lainnya  lama belajar hanya 6 tahun. Yang membedakan SR Sempurna dengan SR Umum adalah adanya pelajaran Bahasa Inggris.

Pada tahun 1977 SD Muhammadiyah Ngupasan dipecah menjadi 2 sekolah yaitu : SD Muhammadiyah Ngupasan 1 dan SD Muhammadiyah Ngupasan 2. http://sdmuhngupasan.sch.id/content/sejarah-singkat

VISI

“MENYIAPKAN KADER MUHAMMADIYAH YANG CERDAS, TAQWA, DAN UNGGUL BERLANDASKAN AL-QUR’AN DAN AS-SUNAH“.

 

  1. Indikator  :
    1. Unggul dalam bidang Keagamaan.
    2. Unggul dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
    3. Unggul dalam bidang Seni dan budaya.
    4. Unggul dalam bidang kedisiplinan, kejujuran, tanggung jawab, kerja keras, kreatifitas, inovatif, kerja sama, dan kemandirian.
    5. Unggul dalam bidang kepedulian lingkungan dan sosial, semangat kebangsaan, cinta tanah air, cinta damai, dan demokratis.
    6. Unggul dalam bidang Olah raga.

 

MISI

  1. Menanamkan aqidah dan menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama Islam.
  2. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan yang efektif sehingga setiap siswa dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki.
  3. Menanamkan kecintaan terhadap seni dan budaya bangsa.
  4. Membiasakan siswa berperilaku disiplin, jujur, tanggung jawab, kerja keras, kreatif, inovatif, kerja sama, dan mandiri.
  5. Membiasakan siswa berperilaku peduli lingkungan dan sosial, semangat kebangsaan, cinta tanah air, cinta damai, dan demokratis.
  6. Melaksanakan pembinaan atlet usia dini dalam cabang Atletik, Permainan, dan Seni Bela diri pencak silat Tapak suci.

 

Tujuan   Sekolah

  1. Membentuk generasi yang kuat akidah dan taat beribadah.
  2. Membentuk generasi yang menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
  3. Membentuk generasi yang mencintai budaya bangsa dan juga bangsa lain yang tidak bertentangan budaya sendiri.
  4. Membentuk generasi yang disiplin, jujur, tanggung jawab, kerja keras, kreatif, inovatif, kerja sama, dan mandiri.
  5. Membentuk generasi yang mempunyai kepedulian lingkungan dan sosial, semangat kebangsaan, cinta tanah air, cinta damai, dan demokratis.
  6. Membentuk generasi yang menguasai bidang Olah raga, cabang : Atletik, Permainan, dan Seni Bela diri Pencak silat Tapak suci.

 

YOGYAKARTA-Selama ini, sekolah milik Persyarikatan Muhammadiyah sering diidentikkan dengan sekolah swasta yang berbiaya mahal. Namun di beberapa daerah, masih ada sekolah-sekolah Muhammadiyah yang justru menggratiskan biaya SPP bagi para murid-muridnya. Hal ini sesuai dengan semangat KH Ahmad Dahlan mendirikan Muhammadiyah untuk mencerdaskan anak negeri  dan memberikan pendidikan bagi semua golongan, terlebih bagi kaum mustadl’afin (kaum marginal). Salah satunya, Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Ngupasan Yogyakarta, yang beralamat di Jalan Bhayangkara nomor 7 Yogyakarta.

Melalui surat bertanggal 31 Mei 2016, pihak sekolah dan tim pengembang sekolah resmi mengumumkan kepada warga persyarikatan dan masyarakat umum untuk mendaftarkan para calon siswa di SD Muhammadiyah Ngupasan Yogyakarta, tahun ajaran 2016/2017. Surat pemberitahuan itu ditandatangani oleh Kepala Sekolah Drs Sukiyah, Komite Sekolah Drs Agus Mulyono MM, perwakilan Alumni M. Afnan Hadikusumo, dan ketua Majelis Dikdasmen PDM Yogyakarta Dr Ariswan MSi DEA.

Di bawah Tim Pengembang yang terdiri dari Majelis Dikdasmen Kota Yogyakarta, Komite Sekolah dan Keluarga Alumni SD Ngupasan, SD Muhammadiyah Ngupasan 1 dan 2 Yogyakarta ditetapkan menjadi Pilot Proyek SD Unggulan Muhammadiyah Nasional. Untuk itu, tim tim pengembang akan menggratiskan biaya SPP untuk angkatan pertama tahun ajaran 2016/2017. Seluruh pembiayaan SPP akan ditanggung oleh TIM Pengembang Sekolah. (Ribas) http://www.suaramuhammadiyah.id/2016/06/01/kabar-gembira-sd-muhammadiyah-ngupasan-yogyakarta-gratiskan-biaya-spp/

SD Muhammadiyah Ngupasan didirikan sejak tahun 1921 bertempat di gedung S Praga dulunya bernama Holland Inland School (HIS) Moehammadijah. Pada tahun 1927 HIS resmi berdiri yang dikepalai Bapak H. Malikus seorang guru befuh (memenuhi syarat sebagai seorang guru) yang kemudian pada tahun 1931 Bapak H. Mawardi diperbantukan oleh Muhammadiyah untuk mengajar di situ. HIS Moehammadijah pada kala itu dikenal sebagai sekolah elite karena dalam mata pelajarannya ditambah dengan bahasa Belanda. https://www.blogger.com/profile/11413891024737803036

 

 

Berita

Ngampilan- Tak kurang dari 360 siswa sekolah SD Muhammadiyah Ngupasan dan para guru mengikuti Upacara Bendera di halaman sekolah pada Senin 14 November 2016. Upacara dimulai pukul 07.00 Wib dengan Pembina Upacara Kapolsek Ngampilan Kompol Kusila H, SH., MSN.

Dalam sambutannya Kapolsek Ngampilan memberikan semangat kepada ratusan siswa untuk terus rajin belajar demi cita-citanya.

Setelah pelaksanaan upacara, Kapolsek Ngampilan yang didampingi Kanitbinmas menyempatkan untuk bersilaturahmi dengan Kepala Sekolah dan para guru di SD Muhammadiyah Ngupasan. http://www.polresjogja.com/2016/11/upacara-di-sd-muhammadiyah-ngupasan.html

Sumber:

http://sdmuhngupasan.sch.id/content/visi-dan-misi

http://sdmuhammadiyahngupasan1.blogspot.co.id/

https://id-id.facebook.com/pages/SD-Muhammadiyah-Ngupasan-1-Yogyakarta/126411944062655

https://www.facebook.com/SD-MUH-NGUPASAN-I-II-YOGYAKARTA-148559135195594/

 

Privat SD Jogja, SD MUHAMMADIYAH NGUPASAN 1  2  3 YOGYAKARTA, Guru privat SD Jogja, Les Privat SD Jogja, Les Privat Jogja