Berbicara mengenai tempat Les TPA SBMPTN tentu akan dijumpai murid-murid akhir yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi. Terlebih lagi di jaman sekarang dimana teknologi dan peradaban sudah modern, hampir semua orang ingin berkuliah.

Tentunya untuk melakukan TPA SBMPTN bukan perkara mudah, harus mempunyai persiapan yang matang. Tidak perlu khawatir, saat ini terdapat tips efektif dalam menjawab soal terutama soal aritmetika yang paling susah.

Jenis-Jenis Tes Aritmetika

  • Aritmetika Dasar

Seperti namanya, jenis soal aritmetika dasar berisi hal-hal paling mudah dan sering ditemui dalam pelajaran. Aritmetika dasar berisi materi matematika dasar yang dipelajari murid dari jenjang SD hingga SMA.

Bukannya tidak bisa, namun banyak murid yang sudah lupa karena memang sudah lama tidak mempelajarinya. Namun sebenarnya matematika dasar dari SD akan selalu terhubung dengan matematika di atasnya hingga SMA atau lebih.

  • Aritmetika Geometri

Aritmetika geometri biasanya tidak diberikan saat les TPA SBMPTN. Karena jarang soal SBMPTN aritmetika jenis geometri yang keluar. Materi dari aritmetika geometri berisi sifat ruang, posisi relatif gambar, ukuran dan bentuk. Jika Aritmetika dasar sudah diajarkan sejak SD, untuk aritmatika geometri minimal diajarkan saat SMP. Rumus yang dimiliki dan penalaran lebih rumit sehingga jarang dipakai untuk soal tes karena waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan lama.

Tips Mengerjakan Soal TPA Aritmetika

Belajar Konsep Aritmetika

Les SBMPTN, Bimbel Yogya SBMPTN, Privat TPA SBMPTN
Les SBMPTN, Bimbel Yogya SBMPTN, Privat TPA SBMPTN

Salah satu tips dalam menghadapi soal aritmetika adalah belajar. Dengan belajar mengenai konsep aritmetika akan membuat pengenalan lebih dalam, terlebih lagi jika belajar di les private TPA SBMPTN. Disini akan belajar semua konsep aritmetika hingga benar-benar paham dan di luar kepala. Tentunya tidak bisa langsung dalam satu waktu, harus memiliki waktu yang cukup karena konsepnya tidak sedikit.

  • Menghafal Rumus

Sebenarnya bukan menghafal rumus, karena menghafal rumus bisa lupa. Namun pahami rumus yang diperlukan dalam mengerjakan soal aritmetika. Jika memahami rumus, meski lupa sedikit namun akan teringat dengan cepat. Tentunya banyak rumus yang harus dipahami dalam menyelesaikan soal aritmetika, namun tidak perlu khawatir. Karena terdapat rumus-rumus cepat rahasia yang diajarkan saat les TPA SBMPTN yang singkat dan lebih mudah.

  • Perbanyak Berlatih Soal

Salah satu kunci dalam mengerjakan perhitungan atau Matematika adalah perbanyak mengerjakan soal. Dengan mengerjakan soal akan membuat murid terbiasa menyelesaikan berbagai soal dengan banyak versi. Biasanya di les TPA SBMPTN, sehabis materi terdapat latihan soal yang lumayan banyak agar murid benar-benar paham dengan materi atau rumus tersebut. Bahkan terkadang saat mendekati hari H, murid hanya berlatih mengerjakan soal saja.

Berbicara tentang Matematika memang tidak ada habisnya, banyak yang membenci mata pelajaran yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan. Aritmetika salah satu cabang matematika juga mempunyai kerumitan yang sama. Tidak heran jika banyak ditemukan tempat les matematika untuk mengasah keterampilan berhitung. Pelajaran yang penting ini tidak hanya membuat banyak les matematika, namun juga tempat les TPA SBMPTN yang dikhususkan untuk murid yang akan mendaftar perguruan tinggi. Untuk itu, Anda bisa mendaftar di tempat les privat seperti di Nusagama Jogja, yang memiliki kualitas terbaik dan terpercaya.