Tempat Situs Belajar Secara Online atau Privat Online yang Layak digunakan Siswa

Belajar Online atau Privat Online serta  Guru Online merupakan fenomena yang mengejutkan banyak pihak termasuk guru. Perkembangan kegiatan online telah banyak sehhingga bidang pendidikan pun akan menjadi ranah yang penting untuk disimak. Jika waktu dan jarak telah dapat diatasi dengan system online maka waktu dan tempat belajar menjadi mudah. Semua siswa dari mana saja bisa belajar dengan guru yang berkualitas di seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia. Berikut beberapa site atau website yang menyediakan tempat untuk belajar secara online.

  1. Brainly

Brainly.co.id didirikan oleh pengusaha Eropa Michal Borkowski, Tomasz Kraus, dan Lukasz Haluch, yang bertujuan membantu pelajar Indonesia khususnya dan pelajar dunia dalam mengerjakan pekerjaan rumah, atau bertanya tentang pelajaran yang tidak dimengerti yang kemudian pertanyaan tersebut dijawab oleh orang lain yang bisa menjawabnya tidak terbatas hanya pada guru namun juga bisa pelajar lainnya yang memang sudah paham.

Berkat kegigihannya dalam membangun start-up pendidikan, awal bulan ini, Brainly yang berpusat di Berlin memperoleh invetasi sebesar $9 juta seri A dari General Catalyst Partners.
Dimas Mukhlas Widiantoro, sebagai country manager untuk Brainly Indonesia, menyatakan bahwa Brainly akan menjadi kelas raksasa untuk semua siswa yang mau belajar, berbagi, dan mendapatkan pengetahuan. Brainly adalah jaringan sosial bagi siswa, di mana siapa pun, di mana saja di dunia, dapat mendaftarkan diri untuk membantu orang lain dengan pekerjaan rumah.

Merantau jauh dari Polandia, Brainly menjadi salah satu tempat dimana para siswa dari sekolah dasar hingga menengah atas dapat menimba lebih banyak ilmu melalui berbagai modul pelajaran dan tugas-tugas berupa soal. Melalui platform ini siswa juga dapat membantu memberikan jawaban.

Begitu siswa menjadi member, maka akan memperoleh akses ke 19 mata pelajaran yang sebagian besar sesuai dengan kurikulum pendidikan Indonesia, seperti misalnya ada Matematika, Bahasa Indonesia, Kimia, Fisika, Ilmu Sosial, dan PPKn

  1. Squline

Situs belajar online yang pertama bernama Squline, yang pada dasarnya merupakan lembaga pendidikan online dimana Anda dapat menjajal cara baru dalam belajar bahasa asing. Melalui layanan yang ditawarkan, Anda dapat belajar bahasa Inggris tanpa batasan tempat, bisa diikuti dari rumah, kantor, atau bahkan di sebuah taman selama tersedia koneksi internet.

3.       Zenius

Zenius.net, saat ini mungkin menjadi satu dari sedikit website online yang menyediakan pembelajaran secara interaktif paling baik. Terdapat video pembelajaran interaktif seolah belajar dikelas bimbingan belajar.

Wisnu sebagai CEO Zenius, memiliki keinginan besar untuk memperbaiki Indonesia dalam pendidikan. Ia juga menyatakan bahwa salah satu masalah terbesar Indonesia adalah Pendidikan. Oleh karenanya Zenius dibuat untuk membantu siswa dalam pembelajaran yang lebih efektif serta efisien.

Tidak seperti Khan Academy, sayangnya, video pembelajaran zenius masih berbayar, alias tidak gratis, karena mungkin belum ada investor yang mau mengcover zenius sebagai media pembelajaran nasional yang harus dikembangkan demi mencerdaskan anak bangsa. Semoga saja kedepannya ada investor serta gratis selamanya.

4.       Udemy

Di Udemy Anda dapat belajar tentang banyak hal secara lebih mendalam. Sebab disediakan kelas-kelas khusus tergantung minat Anda. Di kelas tersebut akan ada instruktur yang siap memberikan panduan sampai mahir. Anda juga diberikan akses interaktif dan juga dokumen pendukung untuk belajar di rumah.

Udemy cocok untuk Anda yang ingin serius mendalami bidang yang Anda minati. Beberapa topik yang diajarkan, antara lain desain grafis, desain web, java, Microsoft Office, fotografi, Phyton Programming, kesehatan, marketing, keuangan, dan lain-lain.

  1. Foreign Services Institute

Foreign Services Institute adalah situs belajar online secara gratis mudah dan simple saja. Anda mau mencoba bisa langsung mendaftar saja di websitusnya.  Semua tempat belajar online tentu mempunyai kebihan dan kekurangan masing-masing namun saudara bisa memelih yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan dan akses internet yang ada di tempat belajar online anda. Performent dari Foreign Services Institute ini adalah sebagai berikut. Kelebihan:
1. Sudah mendukung bahasa Afrika dan Timur Tengah.
2. Program dirancang oleh ahli bahasa profesional sehingga dapat dipastikan aplikasi ini lebih lengkap.
3. Kamu bisa menikmati fasilitas rekam suara.
4. Kamu pun bisa menikmati semua unduhanmu secara offline. Materi dapat diunduh dengan menggunakan smartphone, tablet, laptop, dan lain-lain di manapun kamu berada.

Kekurangan:
1. Seluruh materi berbentuk PDF dan file audio sehingga tidak ada gambar, hasil, aplikasi mobile, ataupun aplikasi lainnya.
2. Pembelajaran hanya difokuskan pada pengulangan dan beberapa orang kurang dapat belajar dengan baik melalui metode ini.

Fitur khusus:
Materi pembelajaran dibuat oleh ahli bahasa profesional dengan lengkap dan gratis. Dan ini merupakan metode belajar yang serius. Kunjungi website-nya di http://fsi-languages.yojik.eu/languages/french.html,

6.       Ruang Guru

Ruangguru.com merupakan website bagi guru dan murid bertemu dalam sebuah wadah interaktif untuk melakukan kegiatan pembelajaran. Murid baik siswa sekolah menengah, hingga perguruan tinggi bisa belajar lewat website tersebut. Tak hanya itu pengajar bukan hanya kalangan dari guru formal saja namun juga siapapun yang menguasasi pelajaran tertentu bisa menjadi guru.

Bahkan pembelajarannya bisa dilakukan secara online hingga bertemu disuatu tempat yang mendukung pembelajaran atau d irumah murid sesuai dengan kesepakatan. Memang tidak gratis, tapi mungkin ruangguru menjadi salah satu bimbel online paling populer di indonesia saat ini.

  1. Duolingo

Duolingo adalah situs belajar online secara gratis mudah dan simple saja. Anda mau mencoba bisa langsung mendaftar saja di websitusnya.  Semua tempat belajar online tentu mempunyai kebihan dan kekurangan masing-masing namun saudara bisa memelih yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan dan akses internet yang ada di tempat belajar online anda. Performent dari Duolingo ini adalah sebagai berikut. Kelebihan:
1. Gratis.
2. Terdiri dari beberapa bahasa  (Jerman, Spanyol, Perancis).
3. Fitur lengkap untuk smartphone kamu, baik iOS maupun Android sehingga kamu dapat mempelajarinya  di mana pun kamu berada.
4. Kamu dapat login dengan akun Facebook atau Google Plus sebagai cara yang lebih mudah.

Kekurangan:
1. Tidak terlalu lengkap seperti situs lainnya.
2. Jika kamu mencari bahasa Cina, Jepang, Korea, Rusia, Persia, India, dan lainnya, kami harus mencari di situs lainnya.

Fitur khusus:
Mobile apps-nya sangat memungkinkan untuk digunakan pada tablet atau smartphone untuk belajar. Pengalaman belajar diformat seperti permainan untuk membantu proses belajar yang menyenangkan. Untuk mencobanya, kamu dapat mengunjungi website-nya di https://www.duolingo.com/,

8.       Ini Budi

Saat sekolah dasar, pasti kalimat “Ini Budi, Ini Ayah Budi, Ini Ibu Budi” sudah tak asing lagi. Sehingga foundernya membuat website inibudi.org sebagai bisnis sosial yang mengedepankan pendidikan. Berbagi ilmu lewat video pembelajaran menarik dan interaktif yang selalu diperbaharui secara berkala. Dan itu semua bisa diperoleh secara gratis.

Ini Budi mengkhususkan pembelajaran lewat videonya mulai dari sekolah dasar SD hingga tingkat SMA. Tak hanya itu, terdapat pula materi umum seperti Profesi yang diisi oleh presenter kondang Najwa Shihab.

9.       Sibejoo

Sama halnya dengan inibudi, video pembelajaran dari Sibejoo.com dapat kita manfaatkan secara gratis. Sibejoo yang berarti beruntung ini sudang mengupload video pembalajaran sebanyak 1.000 lebih yang dibuat sendiri dan lebih fokus pada pelajaran IPA seperti matematika, biologi, kimia, fisika.

Setiap orang dapat mengaksesnya lewat website sibejoo dan bisa menyumbangkan dana bagi mereka yang sudah berniat baik untuk memberikan pembelajaran gratis yang interaktif dan tentunya juga bermanfaat.

  1.  Lang-8

Lang-8  adalah situs belajar online secara gratis mudah dan simple saja. Anda mau mencoba bisa langsung mendaftar saja di websitusnya.  Semua tempat belajar online tentu mempunyai kebihan dan kekurangan masing-masing namun saudara bisa memelih yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan dan akses internet yang ada di tempat belajar online anda. Performent dari Lang-8  ini adalah sebagai berikut. Kelebihan:
1. Seperti halnya LiveMocha, Lang-8 adalah media sosial yang berbasis pada orang lain yang akan membantumu untuk belajar, ketika kamu membantu mengajar orang tersebut di kelasmu.
2. Kamu dapat membuat jurnal dari beberapa hal yang telah kamu pelajari. Ini adalah cara yang menyenangkan untuk melihat seberapa jauh perkembanganmu dibandingkan saat awal bergabung.
3. Tidak seperti kebanyakan situs lain, situs ini difokuskan pada metode penulisan. Hal-hal yang kamu posting akan dikoreksi oleh orang lain dan mereka akan memberikan masukan untukmu.

Kekurangan:
1. Situs ini hanya untuk orang-orang yang sudah terbiasa menggunakan bahasa asing tersebut atau memiliki alat-alat khusus untuk pengajaran mereka. Lang-8 sendiri tidak memiliki rencana atau pemetaan pembelajaran.
2. Sign up pada situs ini sama seperti sign up pada akun media sosial, tampak sangat membosankan.
3. Sama sekali tidak ada tutorial untuk berbicara.

Fitur khusus:
Saat kamu mem-posting beberapa hal dalam bahasamu, orang dari bahasa lain akan menerjemahkan dalam bahasanya sehingga posting tersebut akan memiliki arti yang sama dalam bahasa lain. Kamu bisa belajar mengetahui struktur kalimat yang benar. Untuk lebih jelasnya silakan kunjungi http://lang-8.com/.

11.   HarukaEdu

Harukaedu.com memiliki konsep berbeda dengan yang lainnya. Mirip seperti bimbingan belajar atau lembaga kursus namun dikhususkan kepada lulusan sekolah menengah atas atau kelas perguruan tinggi yang bukan hanya menyediakan kegiatan pembelajaran mulai dari silabus hingga materi teorio serta praktek namun juga sertifikat berakreditasi.

Harukaedu membagi dua kategori fasilitas, yang pertama adalah kelas online gratis bagi siapa saja, kedua ada kuliah online yang bekerja sama dengan universitas berakreditasi B dan A.

12.    Quipper Video

Sukses dengan Quipper School, kini Quipper Ltd., perusahaan teknologi yang berbasis di London, Inggris, meluncurkan produk terbarunya yaitu Quipper Video di Indonesia untuk pertama kalinya di dunia. Indonesia dipilih karena dianggap sebagai negara berkembang yang sudah memiliki akses internet cukup stabil dan murah.

Quipper Video diklaim merupakan solusi e-learning berbasis video online, alternatif dari bimbingan belajar, bagi para siswa yang sedang mempersiapkan diri menghadapi UN (Ujian Nasional)dan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nasional) sehingga belajar lebih efektif dan menyenangkan. Quipper Video menyediakan video pembelajaran dan modul dari para tutor berpengalaman, soal-soal latihan hingga try out SBMPTN layaknya sebuah bimbingan belajar. Bedanya, semua layanan tersebut disajikan secara online sehingga dapat diakses dimana saja, kapan saja, dan bisa diulang-ulang

13.   Quora

Bergulir tak jauh dari konsep Brainly, ada situs belajar online lain bernama Quora yang menyasar pengguna yang lebih luas, mulai remaja hingga usia lanjut. Tidak ada batasan pendidikan atau pekerjaan. Sehingga tak heran bila topik yang ditanyakan terkesan tanpa batas dan tidak terfokus. Anda bisa bertanya tentang hukum, sosial, komputer, situs, jaringan, printer, ponsel, tempat wisata dan lain-lain. Atau memberikan jawaban atas pertanyaan pengguna lainnya.

  1.  Anki

Anki adalah situs belajar online secara gratis mudah dan simple saja. Anda mau mencoba bisa langsung mendaftar saja di websitusnya.  Semua tempat belajar online tentu mempunyai kebihan dan kekurangan masing-masing namun saudara bisa memelih yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan dan akses internet yang ada di tempat belajar online anda. Performent dari Anki ini adalah sebagai berikut. Kelebihan:
1. Dapat diunduh dan di-install pada komputer sehingga aplikasi dapat bekerja meskipun secara offline.
2. Aplikasi ini dapat dijalankan lintas platform dan kamu dapat menyinkronkan kartumu di beberapa perangkat yang sesuai.
3. Sebenarnya aplikasi ini bukan hanya untuk belajar bahasa. Kamu bisa juga mempelajari matematika, atau apapun itu. Tak terbatas.
4. Menurut hasil penelitian, aplikasi ini dapat menangani hingga 100.000 kartu flash. Ini artinya kamu dapat belajar banyak hal kecuali menghitung sampai 100.001.
5. Aplikasi ini juga mendukung gambar, audio, maupun video.

Kekurangan:
1. Penggunaan kartu flash ini sangat mengandalkan ingatan. Jika kamu merasa tidak terlalu baik dengan tipe pembelajaran seperti ini, maka kamu tidak terlalu mendapat manfaat dari aplikasi ini.
2. Jika bahasa yang ingin kamu pelajari belum ada, kamu harus membuat sendiri kartu flash-mu.

Fitur khusus:

Flash card-nya telah dioptimalkan, bersifat cross platform, dan dapat digunakan tak hanya untuk belajar bahasa. Langsung saja kunjungi http://ankisrs.net/

 

15.   Ilmu Grafis

Jika ke empat situs di atas merupakan layanan pendatang, Ilmu Grafis ini adalah salah satu situs belajar online yang asli dibuat oleh anak negeri. Melalui situs resminya ilmugrafis.com, founder membagikan ilmu desain grafis secara cuma-cuma kepada para pengunjung.

Ada banyak tutorial yang disajikan secara gratis dan gamblang lengkap dengan gambar. Mencakup tutorial animasi menggunakan Flash atau Swishmax. Kemudian desain 3D menggunakan 3dsMax, AutoCAD, Cinema 4D, atau edit video dengan After Effect maupun Pinnacle

 

  1.  Busuu

Busuu adalah situs belajar online secara gratis mudah dan simple saja. Anda mau mencoba bisa langsung mendaftar saja di websitusnya.  Semua tempat belajar online tentu mempunyai kebihan dan kekurangan masing-masing namun saudara bisa memelih yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan dan akses internet yang ada di tempat belajar online anda. Performent dari Busuu ini adalah sebagai berikut. Kelebihan:
1. Fitur gratis dan terdiri dari beberapa pilihan pembelajaran yakni membaca, menulis, dan berbicara.
2. Bahasa Cina dan Rusia pun sudah terdapat di dalamnya, juga beberapa bahasa lain yang biasa digunakan.
3. Kamu dapat mendaftar dengan akun Facebook dan Google Plus.
4. Aplikasi mobile sudah mendukung untuk Android dan iOS.

Kekurangan:
1. Tidak semuanya gratis. Kamu harus membayar untuk mendapatkan pedoman tata bahasa dan sertifikat resmi jika telah lulus program.
2. Bahasa yang ada masih belum lengkap. Hampir semua bahasa Timur Tengah belum tercantum di dalamnya.

Fitur khusus:
Aplikasi mobile cocok untuk semua platform. Bahasa yang digunakan lebih banyak dibanding yang lainnya. Hal ini tentunya semakin memudahkanmu untuk meraih keberhasilan berbicara dengan orang lain. Mau mencobanya? Cek website-nya di sini: https://www.busuu.com/enc/

  1.  Livemocha

Livemocha adalah situs belajar online secara gratis mudah dan simple saja. Anda mau mencoba bisa langsung mendaftar saja di websitusnya.  Semua tempat belajar online tentu mempunyai kebihan dan kekurangan masing-masing namun saudara bisa memelih yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan dan akses internet yang ada di tempat belajar online anda. Performent dari Livemocha ini adalah sebagai berikut. Kelebihan:
1. Menggunakan cara “live learning”, di mana kamu dapat melihat secara langsung instrukturmu. Hal ini menjadi keunikan tersendiri dari aplikasi ini.
2. Kamu dapat bertemu dengan orang lain yang sedang belajar bahasa yang sama denganmu sehingga kamu dapat mengajaknya untuk praktik.

3. Saat register, kamu akan terdaftar sesuai bahasa aslimu. Lalu kamu akan dimasukkan di kelas yang diikuti oleh orang-orang yang ingin belajar bahasa aslimu. Follower-mu ini akan memberikanmu poin. Jika kamu memberikan pelajaran kepada mereka maka poinmu akan meningkat. Dari tingkatan poinmu ini, kamu dapat membuka pelajaran yang lain. Menarik, kan?  Kekurangan:
1. Aplikasi ini melibatkan banyak orang. Jadi jika kamu tidak ingin terlibat dengan banyak orang tentunya aplikasi ini tidak cocok untukmu.
2. Sangat mungkin kamu kehabisan poin untuk meneruskan pelajaran selanjutnya sehingga kamu harus melakukan pengajaran dulu untuk mendapatkan poin supaya dapat melanjutkan ke pelajaran selanjutnya.
3. Orang yang tidak peduli dan tidak menganggap ini serius akan mengajar sekadar “baik” untuk mendapatkan poin. Jika kamu tidak berencana untuk berkomitmen di sini, sebaiknya kamu tidak perlu bergabung.
4. Membantu orang lain berarti membantumu juga untuk belajar. Dan hal itu membutuhkan metode pengajaran ‘klasik’ untuk memberikan pemahaman.
Cek yuk di sini: http://livemocha.com/pages/methodology/

  1.  Memrise

Memrise adalah situs belajar online secara gratis mudah dan simple saja. Anda mau mencoba bisa langsung mendaftar saja di websitusnya.  Semua tempat belajar online tentu mempunyai kebihan dan kekurangan masing-masing namun saudara bisa memelih yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan dan akses internet yang ada di tempat belajar online anda. Performent dari Memrise ini adalah sebagai berikut. Kelebihan:
1. Menggunakan “mems” yang merupakan kartu mnemonic untuk membantumu belajar perbendaharaan kata baru berdasarkan perbendaharaan kata yang sebelumnya telah kamu ketahui.
2. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini lewat akun Facebookmu.
3. Konten yang ada akan selalu berkembang dan bersifat variatif.
4. Aplikasi ini bagus untuk seseorang yang menyukai pembelajaraan visual.

Kekurangan:
1. Tidak cukup lengkap untuk learner yang membutuhkan tahapan lanjutan.
2. Ada banyak user yang menggunakan kartu mems, sehingga ada beragam kualitas dengan standar yang berbeda.

Fitur khusus:
Komunitas tumbuh secara natural sehingga metode ini akan menghasilkan banyak hal yang dapat dipelajari setiap saat. Kartu mems unik dan ditampilkan secara visual, dengan begitu para pengguna akan terpacu untuk belajar.

  1.  Internet Polyglot

Internet Polylot adalah situs belajar online secara gratis mudah dan simple saja. Anda mau mencoba bisa langsung mendaftar saja di websitusnya.  Semua tempat belajar online tentu mempunyai kebihan dan kekurangan masing-masing namun saudara bisa memelih yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan dan akses internet yang ada di tempat belajar online anda. Performent dari Internet Polylot ini adalah sebagai berikut. Kelebihan:
1. Penggunaan kartu flash untuk mengajar adalah cara terbaik untuk pembelajaran visual.
2. Aplikasi ini dapat digunakan tanpa mendaftar dulu untuk sementara waktu, tetapi memang lebih mudah jika kamu membuat akun.
3. Aplikasi mobile-nya memudahkanmu untuk belajar dengan fleksibel.
4. Terdiri dari beragam bahasa.

Kekurangan:
1. Tidak lengkap, sehingga membutuhkan alat tambahan untuk belajar.
2. Aplikasi mobile tidak pernah diperbaharui lebih dari setahun, jadi maklum saja apabila kamu mendapatkan masalah.
3. Website memiliki banyak kekurangan dibandingkan website lainnya.

Fitur khusus:
Kartu flash yang sederhana sangat bagus untuk kamu yang hanya memiliki sedikit waktu untuk belajar. Walaupun sudah agak jadul, jangan remehkan kualitas kerja dan konten dari aplikasinya. http://www.internetpolyglot.com/

Demikian Tempat Situs Belajar Secara Online atau Privat Online yang Layak digunakan Siswa.

Energi Cinta akan Belajar Les privat
Energi Cinta akan Belajar Les privat

Kerjakan PR Online Mudah, Bantuan Kerjakan PR, Pahami Dalam Kerjakan PR , Privat Guru Online, Guru Online, Privat Online Indonesia, Belajar Privat Online, Privat Online Jogja. Les Privat (Belajar Mandiri) Mata Kuliah Mahasiswa. Privat bagi mahasiswa yang sibuk, Privat Matematika Mahasiswa, Privat Statistik Matematika.  Les privat (Belajar Mandiri) Baca Al Quran, focus untuk baca Al Quran bagi Anak, Baca Al Quran bagi Remaja, dan Prvat Baca Al Quran bagi Dewasa.

Situs Belajar Online, Aplikasi Belajar Online, Media Belajar Online, Privat Media Online, Daftar Privat Online, Pendaftaran Privat Online, Privat Jogja, Guru Privat Jogja.

Les Privat Jogja
No 120, Jl. Sepakbola, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281


Tempat Les Privat Guru Jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *