Mengikuti Les TPA SBMPTN untuk mempersiapkan ujian memang bagus, namun hal tersebut bukanlah suatu kewajiban yang perlu dilakukan. Orang tua dapat mengajari putra-putri di rumah.

Les Bimbel SBMPTN, Privat Les TPS Skolastik

Les Bimbel SBMPTN, Privat Les TPS Skolastik

Salah satu jenis soal yang diujikan di tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) adalah TPA atau Tes Potensi Akademik. Tes TPA mengukur tingkat intelegensi seseorang menggunakan serangkaian jenis soal. Simak tips mengerjakan soal tes TPA SBMPTN berikut ini.

Tips Mengerjakan Ujian Tanpa Les TPA SBMPTN

  1. Kenali Model Soal

Tes TPA memilki beberapa model soal yang diujikan yaitu verbal, numerical, figural, dan logika preposisi. Seperti halnya di tempat les TPA SBMPTN, peserta didik diberi review materi soal tes. Tipe verbal berhubungan dengan kata, sedangkan numerical seringkali berhubungan dengan operasi aritmetika atau barisan angka. Soal figural adalah soal berupa pola barisan gambar, sedangkan logika preposisi adalah soal berupa premis dan Anda diminta mencari kesimpulan.

  1. Pastikan Kondisi Tenang Saat Ujian
Les Bimbel SBMPTN, Privat Les TPS Skolastik

Les Bimbel SBMPTN, Privat Les TPS Skolastik

Kondisi seseorang menentukan hasil yang didapat saat tes berlangsung. Tes potensi akademik umumnya mengukur logika berpikir seseorang, oleh karena itu putra-putri Anda diminta untuk fokus dan berkonsentrasi tinggi saat ujian berlangsung. Pastikan kondisi putra-putri Anda dalam keadaan sehat dan tenang saat ujian. Bila putra-putri Anda gugup saat ujian, mintalah untuk menghirup dan menghembuskan udara sedalam-dalamnya.

  1. Strategi Alokasi Waktu

Tes potensi akademik terkenal dengan jumlah soal yang banyak disertai waktu pengerjaan yang sedikit. Dalam kondisi ini, Anda perlu melatih putra-putri Anda untuk membiasakan diri berlatih soal dengan menggunakan alarm. Anda harus tegas dalam mengatur waktu pengerjaan latihan soal ujian Anda, agar putra-putri disiplin dalam pengerjaan ujian yang sebenarnya. Strategi ini dinilai efektif memberikan waktu untuk memeriksa jawaban dan mengerjakan jenis soal tes SBMPTN lainnya.

  1. Mematuhi Aturan Waktu
Les Bimbel SBMPTN, Privat Les TPS Skolastik

Les Bimbel SBMPTN, Privat Les TPS Skolastik

Anda harus memastikan putra-putri Anda mematuhi aturan waktu yang dibuat dalam berlatih mengerjakan soal tes potensi akademik seperti halnya yang dilakukan di tempat les TPA SBMPTN. Semakin cepat dan benar mengerjakan soal, maka putra-putri Anda dapat mempunyai waktu yang cukup untuk mengerjakan soal yang lain. Putra-putri Anda mempunyai waktu lebih untuk mengoreksi jawaban atau mengerjakan soal yang terlewat.

  1. Practice Makes Perfect
Les Bimbel SBMPTN, Privat Les TPS Skolastik

Les Bimbel SBMPTN, Privat Les TPS Skolastik

Cobalah untuk memasang alarm dan usahakan untuk berlatih menggunakan waktu ujian sebenarnya. Anda sebagai orang tua juga harus paham sistem penilaian tes TPA berupa penambahan poin 4 untuk jawaban benar, pengurangan poin 1 untuk jawaban yang salah, dan tidak ada penambahan nilai alias 0 untuk soal yang tidak terjawab. Oleh karena itu, kerjakan soal dengan betul sebanyak-banyaknya dalam waktu singkat.

Tidak ada salahnya untuk mendisiplinkan putra-putri Anda dalam mempersiapkan tes TPA SBMPTN yang akan datang. Anda dapat mengajari putra-putri Anda di rumah, namun Anda memerlukan waktu ekstra untuk membimbing putra-putri, agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Bila Anda merasa memiliki waktu yang terbatas untuk mempersiapkan putra-putri Anda, maka tidak ada salahnya jika mencoba menggunakan fasilitas di tempat les TPA SBMPTN. Untuk itu, Anda bisa mencoba mendaftar di tempat les terpercaya, seperti Nusagama Jogja agar anak mendapatkan pembelajaran yang baik.