0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Bukan hanya siswa yang dihadapkan pada persoalan sulit ketika mendekati Ujian Nasional, orang tua juga dihadapkan dalam memilih tempat Les TPA SBMPTN. Setelah berjuang mengerjakan ujian nasional, siswa juga harus mempersiapkan diri untuk masuk ke perguruan tinggi. Salah satu jalur untuk masuk ke perguruan tinggi adalah SBMPTN. Banyak jenis TPA SBMPTN yang harus dikuasai agar lolos dan masuk ke perguruan tinggi yang diinginkan.

Bimbel TPA SBMPTN Tipe Soal Les TPA SBMPTN Yang Wajib Dipersiapkan 4
Bimbel TPA SBMPTN Tipe Soal Les TPA SBMPTN Yang Wajib Dipersiapkan 4
  • Pengertian TPA

TPA atau Tes Potensi Akademik adalah sebuah tes berjenis psikologi untuk mengukur tingkat intelektual seseorang. Hasil dari tes ini akan mengukur tingkat kecerdasan seseorang, kecerdasan rendah atau tinggi. Untuk tingkat Internasional TPA setara dengan tes GRE/ Graduate Record Examination. Untuk itu tes ini sangat penting saat akan masuk ke perguruan tinggi terlebih lagi perguruan tinggi ternama.

  • Tujuan Tes TPA
Bimbel TPA SBMPTN Tipe Soal Les TPA SBMPTN Yang Wajib Dipersiapkan 5
Bimbel TPA SBMPTN Tipe Soal Les TPA SBMPTN Yang Wajib Dipersiapkan 5

Tes TPA Verbal yang terdiri dari tes Analogi, Sinonim/ persamaan kata dan Antonim/ lawan kata ini berguna dalam mengukur mental kegesitan seseorang dalam berbahasa dan berkata.

Di dalam TPA soal verbal biasanya terletak di awal-awal soal sebanyak 40 soal dengan skor soal masing-masing 5 point. Disini hanya tersedia jawaban benar dan salah, jika tidak bisa menjawab benar berarti skor langsung otomatis 0.

Jenis-Jenis Soal Verbal Les TPA SBMPTN

  • Analogi

Analogi merupakan persesuaian antara 2 hal yang berlainan atau 2 benda. Soal ini biasanya memberikan 2 atau lebih benda atau gambaran dan peserta di tuntut untuk mencari pasangan atau hal yang setara dengan soal tersebut. Jika dilihat secara sekilas mungkin sederhana, namun jika sudah dikerjakan akan menguras pikiran dan konsentrasi. Terlebih lagi terdapat beberapa jawaban yang memiliki makna hampir sama.

  • Sinonim

Untuk soal jenis sinonim peserta dituntut mencari jawaban yang mempunyai arti atau makna dengan soal yang dikerjakan. Meski terlihat sekilas sederhana, peserta harus cermat dalam memilih jawaban, karena terdapat beberapa jawaban pengecoh yang memiliki makna hampir sama. Peserta harus memilih jawaban paling benar dan jangan sampai terkecoh. Banyak tersedia contoh soal les TPA SBMPTN karena banyak peserta terkecoh.

  • Antonim

Ada persamaan kata pasti ada juga lawan kata. Jenis soal les TPA SBMPTN ini paling banyak memiliki kegagalan oleh peserta. Ini biasanya disebabkan peserta kurang fokus, kurang teliti dan tidak hati-hati dalam mengerjakan. Soal antonim di SBMPTN biasanya tidak hanya menggunakan bahasa Indonesia namun juga beberapa bahasa lain seperti bahasa Arab, bahasa Inggris atau bahasa lainnya.

Pentingnya TPA pada sebuah perguruan tinggi membuat banyak tempat les TPA SBMPTN agar para murid bisa menjawab soal dengan benar dan tepat. Salah satunya di Nusagama Jogja, Anda bisa mempercayakan les anak Anda disini. Karena memiliki tega pengajar yang professional dan terpercaya. Dengan les tersebut, murid akan terbiasa menjawab soal-soal yang kemungkinan keluar di Tes SBMPTN. Dengan terbiasa di tempat les TPA SBMPTN menjawab soal tersebut membuat murid menjadi lebih mudah dalam memahami soal-soal yang akan keluar