Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Propinsi DIY memberikan Penghargaan Website Sekolah Bermutu

Penilaian website sekolah dilakukan secara online, pihak sekolah tidak mengetahui prosesnya. Metode diambil supaya penilaian berjalan adil dan jujur tanpa ada tekanan dan pemberian gratifikasi sehingga dapat mempengaruhi penilaian. Dengan sistem online supaya dapat mendorong kegiatan dan partisipasi website sekolah tersebut. Mengetahui perubahan dan aktivitas penggunaan website sekolah itu oleh pengunjung.

Pengembangan website sekolah dirancang menggunakan Yogya e-Learning Gateway (YEG). Program ini telah diresmikan oleh wakil gubernur DIY Sri Paku Alam IX  beberapa waktu yan lalu. Program YEG untuk membantu pengembangan pendidikan e-learning bagi semua kalangan.

Setiap sekolah atau lembaga pendidikan dapat mengembangkan sendiri website sekolahnya. Pemerintah propinsi selaku pemegang program menjadi pendorong pengembangan pendidikan online atau e-learning.  Hal-hal yang berkaitan dengan e-learning dapat dikembangkan menjadi sebuah jaringan media pendidikan. Baik itu lingkungan sekolah atau pun untuk kalangan umum. Namun kemampuan internet yang luas memungkinkan semua usaha itu.

Program YEG dapat diiegrasikan dengan fasilitas yang lebih luas dan fleksibel untuk intranet, internet,  dan extranet.  Intranet yang bernaung di sebuah sekolah saja, dapat dikembangkan dan diakses oleh pengguna internet secara umum menjadi jaringan extranet. Dengan begitu semua data server di sebuah sekolah atau lembaga pendidikan dapat dishare atau dibagi kepada umum.

Dicontohkan website SDM Condongcatur Sleman Jogja, dengan mengembangkan YEG melalui extranet  member dan pengunjung umun dapat mengetahui profil sekolah dan guru. Trafik dari aktivitas website sekolah sudah besar, sampai saat ini member tercatat sekitar 880 siswa dan jumlah pengunjung berkisar antara 5 sampai 6 ribu pengunjung setiap harinya.

Penghargaan terhadap keberadaan website sekolah merupakan wujud apresiasi kepada sekolah yang telah berusaha mengembangkan website sekolahnya. Usaha ini tentu tidak berhenti sampai di sini saja karena perkembangan teknologi ICT terus berkembang dengan cepat. Sekolah dan lembaga pendidikan harus terus mengembangkannya demi kemajuan dan efektivitas pelayanan pendidikan kepada masyarakat.

Pada tahun ini 2013, terpilih website sekolah yang memenuhi standar penilaian dari diknas DIY adalah website sekolah dari SDM Condongcatur Sleman Jogja sebagai wesite sekolah terinovatif tahun 2012. Privat Internet Kantor, Privat Internet Marketing, Privat Buat Blog Bisnis, Belajar Blog Bisnis

NUSAGAMA COLLEGE

Recent Posts

Apa itu Pembelajaran Berdiferensiasi? Berikut 5 Prinsip Kunci yang Wajib Anda Tahu

Pembelajaran berdiferensiasi memungkinkan guru untuk mengakomodasi kebutuhan individual setiap siswa, sehingga menciptakan lingkungan pembelajaran yang…

3 hari ago

Teori Belajar Behavioristik, Mengedepankan Perubahan Perilaku Siswa

Teori Belajar Behavioristik, Mengedepankan Perubahan Perilaku ; Teori belajar behavioristik yaitu suatu teori belajar yang…

3 minggu ago

Kompetensi Pedagogi Guru Dasar Peningkatan Mutu Pendidikan

Kompetensi Pedagogi Guru Dasar Peningkatan Mutu Pendidikan ; Kompetensi pedagogi guru merupakan hal yang harus…

1 bulan ago

Pengaruh Kenakalan Remaja Terhadap Prestasi Belajar Siswa

Pengaruh Kenakalan Remaja Terhadap Prestasi Belajar Siswa ; Pengaruh kenakalan remaja terhadap prestasi belajar atau…

2 bulan ago

Peran Orangtua dalam Bidang Non Akademik Anak, Bantu Wujudkan Cita-Cita

Peran orangtua dalam bidang non akademik anak tentunya sangatlah penting. Kita harus mengasah dan terus…

2 bulan ago

Motivasi Intrinsik Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa

Ada banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa. Salah satunya adalah motivasi intrinsik atau motivasi…

2 bulan ago