0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Inti dari menulis sebenarnya sama dengan bicara hanya bedanya kalao bicara hasilnya suara sedang menulis dalam bentuk tulisan berupa huruf-huruf. Kenapa takut anda menulis sedang jika anda bicara bisa lepas saja. Ada yang membatah kalau bicarakan langsung kalau menulis kan pakai alat dan mikir. Sekarang kalau dibalik pertanyaannya kenapa anda kalau bicara mudah???

Jawabnya karena bicara hanya bicara langsung dari benak pikiran dan masalah yang dibicarakan hanya masalah keluhan, kesenangan, hobi, keadaan perkembangan anak, dan menanggapi atau komentar terhadap pernyataan misal pejabat bisa kadinas, mendikbud atau pernyataan teman sejawat guru. Apa anda takut kalau komentar anda salah tentu tidak kan. Semua lepas dan mengalir bisa mengalir tanpa beban. Anda bisa lancar dan bahkan dilandasi menurut teori ini, menurut pendapat ini pertanyaan tadi kurang tepat, yang benar begini atau kalau begitu harus ada syarat ini. Semua pembicaraan ringan dan menyenangkan bukan. Menulis ya kayak begitu saja, jangan berfikir yang tinggi dan jauh dari kemampuan dan pengetahuan ilmu anda.

Apa perlu suara pembicaraan anda disadap oleh KPK (baca; Komisi Peningkatan Kompetensi) ini istilah penulis saja. Kemudian ditransfer ke dalam tulisan atau manuskrip. Kan sama hasilnya nanti. Jadi guru tentu tidak ada alasan untuk tidak menulis apalagi takut. Tips cara mudah menulis karya ilmiah bagi guru sebagai berikut:

  1. Buatlah niat untuk menulis.
  2. Segera mulai menulis.
  3. Menulislah komentar saja dulu.
  4. Menulislah mulai dengan topik yang ringan, bisa kesenangan atau keluhan anda.
  5. Menulislah dengan topik yang sedang hangat dibicarakan (sumber sudah ada dari Korn dan TV serta radio).
  6. Baca sendiri dulu hasil tulisan anda, perbaiki yang dirasa perlu.
  7. Berikan tulisan anda kepada teman sejawat yang anda percayai dan seteman atau biasa seide dengan anda.
  8. Jika dirasa sudah kuat mendapatkan kritikan atau komentar dari teman-teman sejawat guru berikan kepada mereka untuk mendapat penilaian.
  9. Jika sudah yakin dan percaya diri mintalah komentar pada ahlinya atau dikirimkan ke media supaya dibaca oleh umum.

Tips menulis karya dan cara menulis karya guru sudah banyak namun malah membuat ketakutan, jadi ini dibuat tips dan cara menulis bagi guru yang fleksibel dan humanis.

Kalau guru sudah golongan yang tinggi dan sudah bersertifikasi anda akan kena peraturan tentang penilaian kinerja guru (PKG) yang di dalamnya ada Pengembangan Keprofisiian Berkelanjutan (PKB). Guru untuk golongan III/a ke III/b harus membuat karya inovatif. Kemudian dari golongan Ivc ke IV/d harus membuat karya tulis ilmiah. Tentu bagi guru yang tidak dapat menulis karya akan mendapat sanksi tegas dari depdiknas berupa pencabutan tunjangan profesinya.

Jika blum bisa menulisa dengan baik dan anda ingin bisa menulis karya ilmiah guru, dapat pelatihan membuat karya ilimiah guru dan karya ilmiah pendidikan. Dalam menelusuri sumber karya dapat dilakukan dari sumber internet. Privat Internet Kantor, Privat Internet Marketing, Privat Buat Blog Bisnis, Belajar Blog Bisnis.