UA-226133185-1
0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Beasiswa merupakan kebutuhan pokok seseorang untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Ada banyak jenis beasiswa pendidikan yang bisa kamu dapatkan untuk membiayai kuliah. Bahkan kamu bisa mencarinya tanpa kesulitan karena tersedia banyak lembaga yang menyelenggarakan beasiswa pendidikan.

Scholarship

Jenis Beasiswa Pendidikan Berdasarkan Sumber Dana

Berikut adalah macam-macam beasiswa berdasarkan sumber dana atau pemberi beasiswa.

Beasiswa Pemerintah

Jenis pertama adalah beasiswa pemerintah yang diberikan khusus dari pemerintahan Indonesia untuk para pelajar. Tak hanya berlaku dalam negeri kamu bisa mendapatkan beasiswa tersebut untuk melanjutkan kuliah di luar negeri. Namun, untuk mencari beasiswa tersebut kamu harus belajar bahasa Inggris yang benar.

Selain itu, kamu harus melengkapi berbagai dokumen penting sebagai persyaratan. Ada banyak beasiswa yang bisa kamu dapatkan, salah satunya adalah LPDP dari Kementerian Keuangan.

Beasiswa Swasta

Kemudian ada beasiswa swasta yang banyak beredar dari masyarakat umum. Sumber dana berasal dari pihak swasta atau korporat sebagai bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR). Contoh dari beasiswa tersebut yang paling terkenal adalah Beasiswa Djarum Plus.

Biasanya pihak tersebut memberikan beasiswa dengan jumlah yang besar. Tak heran apabila sangat berpeluang untuk melanjutkan pendidikan dengan dana yang memenuhi kebutuhanmu.

Beasiswa Internasional

Jenis beasiswa pendidikan berikutnya adalah internasional. Sebagai negara maju dan berkembang artinya adakalanya menyediakan pemberian beasiswa terbaik. Jenis beasiswa tersebut dikelola oleh lembaga khusus.

Banyak orang yang mencari beasiswa Internasional karena ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Dalam hal ini menjadi salah satu kebutuhan penting karena kuliah di luar negeri kebanyakan tersedia fasilitas yang lebih mendukung. Bahkan jurusan kuliah di luar negeri jauh lebih bervariasi daripada di Indonesia.

Beasiswa Yayasan

Kemudian ada beasiswa yayasan yang diberikan untuk calon mahasiswa. Dalam hal ini yayasan atau organisasi dengan visi dan misi sejalur menjadi sumber dana untuk membiayai kuliah. Mereka memberikan jaminan dana pendidikan hingga mahasiswa tersebut lulus.

Hal ini sangat membantu mereka yang membutuhkan bantuan biaya kuliah pendidikannya. Salah satu contoh beasiswa yayasan adalah Beasiswa ORBIT Hasri Ainun Habibie.

Beasiswa Perguruan Tinggi

Jenis beasiswa pendidikan yang terakhir berdasarkan sumber dana adalah beasiswa perguruan tinggi. Dalam hal ini sumber dana berasal dari kampus yang sudah menerima mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan. Biasanya ada yang memberikan biaya hingga akhir pendidikan dan ada yang yang sebagian.

Hal ini tidak menjadi masalah karena banyak orang yang sengaja mencari beasiswa perguruan tinggi. Beasiswa tersebut termasuk salah satu subsidi biaya kuliah hingga wisuda.

Cara mencari beasiswa tersebut juga sangat mudah. Asalkan kamu masih mempertahankan prestasi akademik beasiswa tetap lancar.

Dengan memahami jenis beasiswa pendidikan maka kamu akan mendapatkan beasiswa terbaik. Maksimalkan kesempatan untuk mengemban pendidikan tingkat atas.

Bagi kamu siswa SMA yang akan memasuki jenjang kuliah, Nusagama menyediakan privat UTBK dan SBMPTN. Tidak perlu keluar rumah karena tutor datang ke rumah atau privat online di seluruh Indonesia 🙂