fbpx
0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Kayu Wanagama di wilayah kabupaten Gunungkidul Ingin tahu keindahan kayu-kayu langka, baik berupa fosil atau pohon hidup yang berumur tua? Berkunjunglah ke Museum Kayu Wanagama di wilayah kabupaten Gunungkidul. Selain berhawa sejuk, tempat ini menjadi jawaban atas keingintahuan Anda tentang berbagai macam jenis kayu.

33-museum-kayu-wanagama-patung-sapi

33-museum-kayu-wanagama-patung-sapi

33-museum-kayu-wanagama

33-museum-kayu-wanagama

https://www.youtube.com/watch?v=6179OFl0xUg

https://www.youtube.com/watch?v=uMUuDveloHk

Sumber Vedeo dari http://www.wapwon.co/search/museum-kayu-wanagama.html

Dikelola oleh Fakultas Kehutanan UGM, berada di tengah-tengah panorama indah desa Bunder, kabupaten Gunungkidul, Museum Kayu Wanagama menyimpan berbagai koleksi kayu (baik berupa fosil kayu) dan pohon hidup. Berjarak 35 kilometer dari pusat kota Yogyakarta, perjalanan menuju hutan Wanagama akan melintasi perbukitan Pathuk, Gunungkidul, dengan panorama alam yang mengasyikkan.

Museum berbentuk rumah panggung, dinding dan lantai dari bahan kayu jati, berada 50 meter menjorok ke dalam hutan Wanagama, berteras memanjang di sisi depan dan samping kiri, dan bertopang pada kaki-kaki beton. Rumah panggung ini awalnya merupakan bekas kantor Ajun Semarang Timur yang dibuat pada tahun 1806 di Kedungjati. Baru pada tahun 1994 bangunan tersebut dipindah ke Wanagama. Museum ini terasa natural, jauh dari hiruk pikuk kota . Museum Kayu Wanagama menyi mpan ratusan koleksi kerajinan kayu simbol keunikan lokal dan budaya berbagai wilayah Indonesia.

Menaiki tangga pintu masuk museum, fosil kayu ulin dari Riau dan fosil kayu jati dari Imogiri (berumur jutaan tahun), meghiasi sisi kanan dan kiri jalan menuju pintu utama museum. Fosil membatu seperti batu karang, beratnya mencapai ratusan kilogram. Potongan-potongan pohon kenanga, medang, kenari, pohon ketapang, dan pohon lainnya, tertata rapi di teras museum.

Beraneka ragam pahatan berbahan dasar kayu menjadi koleksi khas museum. Patung Gupala (terbuat dari kayu Sengon berumur kurang lebih 50 tahun) hadir sebagai simbol keberadaan museum Wanagama, sepasang patung Roro Blonyo dan Jaka Blonyo (dari kayu sawo berasal dari Gunungkidul dan Boyolali) merupakan koleksi pahatan yang indah. Disusul patung Toraja dari kayu uru ( Sul awesi Sel atan) , entongan kayu j at i berbentuk patung orang (dari Bojonegoro), dan aneka topeng kayu berbagai bentuk dan motif, merupakan koleksi yang sayang jika dilewatkan. Selain itu, ada pula bermacam peralatan rumah tangga: lesung jati (tempat menumbuk padi), lengeh jati (kursi malas dari tunggak kayu), gebyok kayu jati berukir khas Jepara, tempat tidur khas Madura, dan aneka set meja kursi.

Alamat: Jl. Jogja – Wonosari Km 30 Banaran Playen Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta

Telepon: (0274) 545639, Informasi selengkapnya hubungi nomor telepon (0274) 545639

Sumber dari

http://visitingjogja.com/web/detail/item/wisata/museum-kayu-wanagama.html

Melongok ke Dalam Museum Kayu Wanagama Gunung Kidul Yogyakarta

http://www.anishidayah.com/2016/04/museum-kayu-wanagama-jogja-kondisinya.html

http://visitingjogja.com/web/detail/item/wisata/museum-kayu-wanagama.html

Museum Kayu Wanagama Kayu Wanagama , Pendiri Kayu Wanagama , Koleksi Museum Kayu Wanagama , Objek Studi Wista, Tempat Studi Wisata, Objek Studi Tour

Kerjakan PR Online Mudah, Bantuan Kerjakan PR, Pahami Dalam Kerjakan PR , Privat Guru Online, Guru Online, Privat Online Indonesia, Belajar Privat Online, Privat Online Jogja. Les Privat (Belajar Mandiri) Mapel SD/MI Mapel  SD MI dan Bahasa Daeraj (Jawa).  Les Privat (Belajar Mandiri) Mapel SMP/MTs Mapel  SMP MTs dan Bahasa Daerah (Jawa). Privat Bahasa Jawa Jogja, Guru Privat Bahasa Jawa, Belajar Privat Bahasa Jawa, Tempat Privat Bahasa Jawa, Guru Belajar Privat Jawa, Tempat Les Bahasa Jawa, Lokasi Privat Bahasa Jawa, Belajar Bahasa Jawa Privat, Privat Bahasa Daerah