0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

TK Kurikulum TK RA PAUD tahun 2006, Pengertian kurikulum secara umum menurut H. Hasan (1992) – Menurutnya kurikulum itu bersifat fleksibilitas. Yakni sebagai suatu pemikiran kependidikan bagi diklat, sehingga dalam posisi teoritik, harus dikembangkan dalam kurikulum sebagai sesuatu yang terencana dan juga dianggap sebagai kaidah pengembang kurikulum

logo-tk-indonesia

logo-tk-indonesia

Sedangkan menurut Prof. Drs. H. Darkir – Menyatakan bahwa kurikulum merupakan alat dalam mencapai tujuan pendidikan. Jadi, kurikulum ialah program pendidikan dan bukan program pengajaran, sehingga program itu direncanakan dan dirancang sebagai bahan ajar dan juga pengalaman belajar.

Fungsi pendidikan adalah mengenalkan peraturan dan menanamkan disiplin pada anak, mengenalkan anak dengan dunia sekitar, menumbuhkan sikap dan perilaku yang baik, mengembangkan kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi, mengembangkan ketrampilan, kreativitas, dan kemampuan yang dimiliki anak, menyiapkan anak untuk memasuki pendidikan dasar.

Kompetensi Inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki mereka yang telah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu atau jenjang pendidikan tertentu, gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan (afektif, kognitif, dan psikomotor) yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran. Kompetensi Inti harus menggambarkan kualitas yang seimbang antara pencapaian hard skills dan soft skills.

Sedangkan Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti. Kompetensi Dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran.

Berikut TK Tiara Putri yang pernah memakai kurikulum TA RA 2006 KTSP.

Tiara Putri dalam menyelenggarakan pendidikan mengacu pada kurikulum Kementerian Pendidikan Nasional, yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Tahun 2006.

Sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005, maka implementasi KTSP 2006 di TK Tiara Putri mengacu pada Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan serta berpedoman pada Panduan dari Badan Standard Nasional Pendidikan.

Dari aspek penerapan kurikulum ini, TK. Tiara Putri juga memperhatikan pada aspek Penanganan Anak Usia Dini (PAUD) sesuai dengan Permendiknas No. 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini, di mana peserta didik haruslah memperoleh kesempatan untuk mengembangkan diri serta berkreasi dalam menggali berbagai potensi yang dimiliki.

Struktur Kurikulum

Struktur kurikulum TK. Tiara Putri meliputi  substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang  pendidikan pada usia anak 3-6   tahun.

Struktur kurikulum ini disusun berdasarkan standar kompetensi lintas kurikulum dan standar kompetensi TK/RA yang meliputi aspek pengembangan pembiasaan dan pengembangan kemampuan dasar, serta kurikulum muatan lokal.

Dengan adanya Kurikulum 2013 pada PAUD sebagaimana pelaksanaannya diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum PAUD 2013, maka TK. Tiara Putri ke depan juga akan menerapkan Kurikulum 2013 tersebut.

Namun demikian, proses untuk menerapkan kurikulum ini tentu memerlukan waktu, dan saat ini segenap komponen yang ada sedang dipersiapkan, terutama kesiapan dari aspek pendidik dan tenaga kependidikan yang ada di TK. Tiara Putri.

Muatan Kurikulum

Sesuai struktur kurikulum, maka muatan kurikulum yang dikembangkan di TK. Tiara Putri terdiri dari:

  1. Bidang pengembangan, terdiri dari pembiasaan dan kemampuan dasar.
  2. Muatan lokal
  3. Kegiatan pengembangan diri
  4. Pengaturan beban belajar
  5. Ketuntasan belajar
  6. Kenaikan kelas/Pindah kelompok
  7. Kelulusan (Kelompok B)
  8. Pendidikan kecakapan hidup
  9. Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global

Secara jelas formulasi kurikulum TK. Tiara Putri yang merupakan bidang pengembangan (pembiasaan dan kemampuan dasar) yaitu sebagai berikut :

  1. Pembentukan perilaku melalui pembiasaan, meliputi aspek moral dan nilai-nilai agama, sosial, emosional, dan kemandirian.
  2. Kompetensi yang ingin dicapai adalah anak mampu mengucapkan bacaan do’a/lagu-lagu keagamaan, meniru gerakan ibadah dan mengikuti aturan, serta dapat mengendalikan emosi.
  3. Kemampuan berbahasa, kompetensi yang ingin diraih adalah anak mampu mendengarkan, mampu berkomunikasi secara lisan, memilki perbendaharaan kata dan mengenal simbol-simbol yang melambangkannya.
  4. Kemampuan kognitif, kompetensinya adalah anak mampu mengenal berbagai konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari, seperti; mengenal bilangan, mengenal bentuk geometri, memecahkan masalah sederhana (bermain puzzle), mengenal ukuran, mengenal konsep waktu.
  5. Kemampuan fisik dan motorik, kompetensinya adalah anak mampu melakukan aktivitas fisik secara terkoordinasi dalam rangka kelenturan, keseimbangan, dan kelincahan.
  6. Kemampuan seni, kompetensinya adalah anak mampu mengekspresikan diri dengan menggunakan berbagai media/bahan dalam berkarya seni melalui kegiatan eksplorasi, seperti; dapat menggambar sederhana, dapat mewarnai sederhana, dapat menciptakan sesuatu dengan berbagai media, dapat mengekspresikan diri dalam bentuk gerak sederhana, dapat menyanyi dan memainkan alat musik sederhana, serta dapat menampilkan sajak/syair sederhana.

Kurikulum Muatan Lokal (Mulok)

Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi peserta didik terutama berkaitan dengan ciri khas daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada. Substansi muatan lokal ditentukan sendiri oleh TK. Tiara Putri.

Muatan lokal yang telah, sedang, dan akan dilaksanakan di TK. Tiara Putri adalah sebagai berikut :

Pelajaran Bahasa Sunda
Bahasa Sunda adalah bahasa daerah dan bahasa ibu masyarakat di Jawa Barat. Karena perkembangan tehnologi dan peradapan di masyarakat lambat laun keberadaan bahasa ini semakin dilupakan oleh masyarakat.

Sebagai upaya agar kekayaan bahasa ini tidak pudar dan tetap dipelihara oleh masyarakat, maka TK. Tiara Putri berupaya untuk menjaga dan memelihara agar tetap eksis dan menumbuhkan jiwa cinta anak terhadap bahasa daerah.

Implementasi penggunaan bahasa Sunda di TK Tiara Putri dilaksanakan pada setiap hari Rabu, dengan cara semua kelas dalam menyampaikan materi/ kegiatan  menggunakan bahasa Sunda sebagai bahasa pengantar. Pemilihan hari Rabu juga sesuai dengan ditetapkannya hari Rabu sebagai hari “Rebo Nyunda” oleh Pemerintah Kota Bandung.

Pelajaran Bahasa Inggris
Sebagai upaya untuk mengenalkan keanekaragaman bahasa kepada anak di luar bahasa ibu, maka TK. Tiara Putri memberikan kegiatan tambahan berupa bahasa Inggris. Ragam dan bentuk penyampaiannya melekat pada semua bidang pengembangan yang ada di TK Tiara Putri.

Tujuan pemberian kegiatan bahasa Inggris ini adalah untuk mengenalkan aneka ragam bahasa sedini mungkin dan anak dapat menguasai kosa kata (vocabulary), yang dapat dijadikan bekal untuk memasuki jenjang pendidikan selanjutnya.

Kegiatan Pengembangan Diri

Kegiatan pengembangan diri, bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekpresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah.

Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler.

Berdasarkan kondisi obyektif TK. Tiara Putri, perkembangan dan kebutuhan lingkungan pada umumnya, maka kegiatan pengembangan diri yang dipilih di TK. Tiara Putri adalah sebagai berikut:

Kegiatan Keagamaan

Tujuan :

  1. Menanamkan dan mengembangkan akidah dan akhlak anak didik.
  2. Mengenalkan baca tulis huruf hijaiyah.
  3. Menambah / memberikan hafalan do’a dan surat pendek.

Bentuk kegiatan

  1. Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ / TKQ)
  2. Pengenalan huruf hijaiyah
  3. Pesantren Kilat
  4. Latihan infaq
  5. Peringatan Hari Besar Agama
  6. Hafalan Surat-surat Pendek
  7. Hafalan doa-doa amaliyah harian
  8. Latihan menyantuni anak yatim
  9. Bakti sosial

Kegiatan Kesenian
Tujuan :

  1. Mengenalkan berbagai macam kebudayaan/multi kultural.
  2. Melatih anak mencintai hasil karya sendiri.
  3. Menumbuhkan jiwa kompetitif dan kreativitas yang tinggi.
  4. Memupuk bakat dan talenta anak.
  5. Bentukkegiatan
  6. Seni Tari
  7. Marching Band

Pengenalan Komputer
Tujuan :

  1. Mengenalkan anak dengan teknologi komputer.
  2. Membimbing anak agar dapat menggunakan fasilitas dasar komputer dengan baik.
  3. Menanamkan pemahaman kepada anak untuk menggunakan teknologi informasi dan komunikasi secara positif.
  4. Mendukung penyampaian materi pembelajaran secara visual

Menumbuhkan kreativitas anak.
Bentuk kegiatan:

  1. Pengenalan fungsi-fungsi dasar perangkat komputer
  2. Praktek dasar mengoperasikan komputer
  3. Praktek permainan edukasi (education games) sesuai tema pembelajaran
  4. Praktek dasar mengetik huruf, angka dan simbol-simbol lainnya.

Dalam rangka menunjang pembelajaran, maka di TK. Tiara Putri juga diadakan kegiatan pengenalan lingkungan berupa kunjungan dan kegiatan wisata (outbound), termasuk juga kegiatan bersama keluarga besar TK Tiara Putri (guru, anak dan orang tua).

Materi

Sesuai muatan kurikulum yang digunakan, maka materi pembelajaran di TK Tiara Putri mencakup antara lain :

  1. Agama Islam: Aqidah, Akhlaq, Ibadah dan Iqro
  2. Kemampuan Berbahasa: Bahasa Indonesia, Bercerita Drama, Berbicara, Bahasa Inggris dan Pengembangan Kosa Kata
  3. Berhitung Permulaan: Memperkenalkan dasar-dasar berhitung permulaan (matematika) dan membiasakan anak berpikir logis, yang tidak terbatas pada konsep bilangan saja.
  4. Pendidikan Sains & Lingkungan Hidup: Menumbuhkan perhatian, pengembangan pikiran serta melakukan pengamatan terhadap alam semesta dan lingkungan hidup.
  5. Kemampuan Sosial: Bekerjasama, memupuk keberanian mengemukakan pendapat.
  6. Pengembangan Kreativitas: Komputer, menggambar, melukis, menari dan menyanyi, bermain musik, drama, sajak dan puisi.
  7. Pengenalan Perpustakaan: Belajar menyenangi buku dan menghargainya, menginterpretasikan buku secara kreatif, serta mengembangkan imajinasi secara positif.*

Misi TK Tiara Putri

Misi Lembaga

Selanjutnya misi TK. Tiara Putri adalah adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan cakupan layanan pendidikan dengan tetap memperhatikan kondisi lingkungan belajar yang aman dan nyaman.
  2. Meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan secara berkesinambungan.
  3. Meningkatkan efektivitas kegiatan belajar mengajar melalui inovasi dan kreativitas dalam aktivitas pembelajaran.
  4. Memantapkan kinerja lembaga dalam penyelenggaraan pendidikan jenjang Taman Kanak-kanak.
  5. Berperan aktif dalam mensukseskan program-program pembangunan dan pengembangan pendidikan di Kota Bandung dan Provinsi Jawa Barat dalam rangka mendukung pencapaian tujuan Pendidikan Nasional.

 

 

Sumber dari

http://www.seputarpengetahuan.com/2015/06/25-pengertian-kurikulum-menurut-para-ahli-dan-komponennya.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Kurikulum

http://kbbi.web.id/kurikulum

http://lesmananugraha.blogspot.co.id/2014/09/pengertian-kurikulum-dan-komponen.html

http://www.tktiaraputri.com/kurikulum/

http://kurikulumpaud.blogspot.com/2014/02/kurikulum-tk-islam.html

http://www.tktiaraputri.com/misi-tk-tiara-putri/

Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD), dan Indikator

http://smpn1sindangagung.blogspot.co.id/2013/03/pengertian-kompetensi-inti-dan.html

http://kurikulumpaud.blogspot.com/2013/06/tema-dan-sub-tema-paud.html

http://www.tktiaraputri.com/tentang-kami/

Kurikulum TK, Kurikulum RA, Kurikulum TA 2013, Kurikulum RA 2013, Privat Baca Al Quran, Les Privat Baca Quran, Privat Ngaji Quran, Guru Privat Ngaji, Tempat Privat Ngaji

Privat Guru Online, Guru Online, Privat Online Indonesia, Belajar Privat Online, Privat Online Jogja. Privat Belajar PR Online, Kerjakan PR mudah, Bantuan Kerjakan PR, Pahami Dalam Kerjakan PR, Les Privat (Belajar Mandiri) CALISTUNG untuk PAUD, TK, SD Kelas 1,  Materinya adalah Dasar-dasar Membaca, Cara Membaca, Menulis Huruf, dan Berhitung. Les Privat (Belajar Mandiri) UM PNS ujian masuk CPNS ujian pengawai negeri. Materi kemampuan dasar, pengetahuan umum.