fbpx
0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Bagi anak IPA, Kimia adalah pelajarna yang wajib dipelajari. Akan tetapi, tidak semua orang dapat memahami setiap isi dari pelajaran tersebut. Biasanya terdapat hal yang menjadikan kimia sulit dipahami karena banyak sekali bagian yang harus dihafal dan banyak hitung-hitungan. Mata pelajaran kimia untuk SMA terbagi ke dalam urutan kelas. Di kelas 1 SMA (kelas X), mereka akan mendapatkan pelajaran kimia teori. Di kelas 2 (XI) kimia teori serta kimia sistematik non logam. Sedangkan di kelas 3 (XII), mereka akan tetap mendapatkan kimia teori, kimia organik, serta kimia sistematik logam.

Sebagian siswa hanya mengenal kimia melalui teorinya saja, sehingga membuat mereka hanya menghafal tentang fakta-fakta. Kurangnya mempraktekkan ilmu kimia karena ketidaktersedian alat praktek juga semakin membuat siswa jadi munurun minatnya pada pelajaran ini. Ternyata hal ini terjadi pula di negera maju lain seperti Jepang, di negera tersebut minat terhadap kimia dilakukan dengan merombak metode dan cara mengajar, sehingga siswa kembali bersemangat belajar kimia.

Di Indonesia sendiri kondisi pelajaran kimia khusus SMA tidak berjalan dengan baik karena terkendala masalah waktu serta guru yang ahli di bidang tersebut. Jumlah waktu untuk pelajaran kimia di SMA seluruh Indonesia sangat minim. Mereka hanya mendapatkan empat jam pelajaran, itu pun juga diperparah dengan tidak pasti dapat terlaksana sesuai dengan buku pegangan.

Tips Memahami Pelajaran KIMIA

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar belajar kimia dapat dipelajari semakin mudah, di antaranya yaitu :

  1. Membaca Buku Ensiklopedi

Supaya dapat mencerna pelajaran kimia dengan lebih baik lagi, tips yang dapat dilakukan adalah dengan banyak membaca buku ensiklopedi. Hal ini dikarenakan dalam buku ensiklopedi terdapat penjelasan-penjelasan lebih ringan dan mudah untuk dicerna. Dengan begitu siswa akan dapat lebih memahaminya.

  • Pahami Istilah-istilah kimia

Pelajaran kimia menyimpan banyak sekali istilah-istilah yang rumit, contohnya di dalam tabel periodik pada unsur kimia. Agar semakin dapat memahami pelajaran kimia, ada baiknya istilah-istilah tersebut dipahami. Selain itu, hal lain yang dapat dilakukan adalah dengan membuat catatan khusus tentang istilah tersebut. Dapat dibuat dalam buku catatan atau dalam bentuk lain yang kira-kira dapat menjadikan nyaman dalam belajar.

  • Melakukan Pembelajaran Ulang Setelah Selesai Kelas

Agar bisa menyerap pelajaran sulit adalah dengan cara mengulang kembali pelajaran yang baru saja diajarkan di kelas. Ketika mengulang pelajaran tersebut, dapat dimulai di bagian yang sangat tidak dimengerti. Dengan begitu, fokus belajarnya lebih tepat serta cepat dalam mengerti bagian yang paling rumit. Ketika melakukan pengulangan tersebut, sebaiknya mengajak satu atau dua orang teman guna belajar bersama. Adanya teman akan mengurangi kejenuhan serta kebosanan dalam belajar.

Les Privat Untuk Pelajaran Kimia

Langkah-langkah di atas dapat dilakukan dengan mendatangkan les privat khusus pelajaran kimia kepada anak. Hal ini dapat memudahkan anak dalam mengulang pelajaran kimia setelah di kelas. Terlebih apabila anak mendapatkan nilai yang buruk dalam pelajaran kimia. Jika hanya mengandalkan pelajaran di kelas tidak bisa maksimal karena pikiran dan fokus guru akan terbagi dengan siswa-siswa yang lain. Dengan adanya guru khusus dapat membuat anak lebih fokus dalam belajar dan sekaligus dapat langsung bertanya ke ahlinya ketika ada soal-soal atau pembahasan yang belum dapat dipahami dengan baik.