fbpx
0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Bahasa Inggris adalah salah satu mata pelajaran wajib baik di jurusan IPA maupun jurusan IPS. Selain itu, bahasa inggris sangat penting juga untuk dipelajari karena menjadi satu bahasa yang paling sering dipakai di dunia. Bahasa Inggris menjadi bahasa default dalam hidup. Seperti ketika membeli laptop baru atau handphone baru tentu hampir seluruhnya menggunakan bahasa inggris.

Walaupun sudah dipelajari sejak sekolah dasar, namun tetap saja banyak siswa yang menganggap bahwa Bahasa Inggris menjadi momok untuk mereka dan selalu kesulitan dalam mempelajarinya. Berikut adalah alasan-alasan kenapa siswa selalu kesulitan dalam mempelajari bahasa internasional ini.

  1. Salah dalam Metode Belajar

Bertahun-tahun belajar namun masih belum bisa juga mengerti Bahasa Inggris ? Mungkin ada cara belajar kita yang masih salah. Biasanya kita diajarkan bahasa inggris dari Reading à Writing à Speaking kemudian baru listening. Itu adalah tahapan belajar yang salah, karena nantinya kita hanya akan membaca teks bahasa inggris. Walaupun tahu apa yang dibaca. Namun nantinya akan kesulitan ketika kasus-kasus visual seperti speaking dan juga listening. Adapun tahapan yang benar harusnya dimulai dari listening à Speaking à Reading dan berakhir di writing. Contoh yang paling mudah dilihat adalah balita. Tentu mereka akan belajar berbicara dulu baru diajarkan yang lainnya.

  • Tidak ada kemauan tinggi dalam belajar

Ketika sudah menginjak SMA, kemauan belajar akan semakin rendah. Sekeras apapun diajarkan Bahasa Inggris tidak akan bisa masuk apabila tidak ada kemauan dalam belajar yang tinggi.

  • Kurangnya Waktu Belajar

Sebagian siswa hanya belajar ketika di sekolah saja. Padahal bahasa inggris membutuhkan waktu yang intens dan tidak bisa hanya dipelajari di kelas saja. Bahasa Inggris memerlukan banyak waktu untuk belajar.

  • Fokus Belajar Sendiri

Saat mempelajari bahasa tidak bisa dilakukan dengan sendiri. Bahasa memerlukan orang lain sebagai media untuk mengasah kemampuan bahasa inggris secara visual (listening dan speaking). Tidak masalah jika mengambil jarak, namun jangan terus-menerus menyendiri.

  • Terlalu Textbook

Jika hanya belajar melalui teks tulisan maka sampai kapanpun tidak akan bisa berbicara bahasa inggris. Perlu adanya latihan pengucapan atau speaking langsung, karena tanpa adanya visualisasi dari apa yang dipelajari maka hanya akan tersimpan sementara di otak saja.

  • Selalu Menghafal

Kesalahan berikutnya dalam mempelajari bahasa inggris adalah terlalu banyak menghafal bukan memahami, sehingga pasti akan lebih banyak yang lupa. Jika ingin belajar bahasa inggris maka sebaiknya dipahami. Metode hafakan hanya akan membuat kita bisa sebentar, sementara jika ingin lebih lama baiknya dipahami. Mengubah cara belajar bahasa inggris ke arah yang benar wajib dilakukan apabila ingin belajar dengan optimal dan tidak sia-sia dalam menghabiskan waktu untuk mempelajarinya.

Les Privat Untuk Pelajaran Bahasa Inggris

Apabila masih saja kesulitan dalam belajar bahasa inggris, alangkah baiknya jika mendatangkan guru les privat atau bimbingan belajar kepada anak. Hal ini karena pastinya di sekolah anak yang kurang menyukai matematika akan kesulitan dalam memahami pelajaran tersebut karena banyaknya siswa yang harus diajar sehingga guru tidak bisa fokus mengajarkan ke beberapa orang saja. Adanya  bimbingan belajar khusus menjadikan anak bisa fokus dan mendapatkan perhatian khusus untuk mempelajari bahasa inggris, sehingga kesulitan-kesulitan yang dihadapi bisa langsung terselesaikan. Selain itu adanya bimbingan belajar untuk anak juga memudahkan mereka jika untuk lebih intensif lagi belajar speaking, listening, writing, maupun reading.