fbpx
0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Semua orangtua, pasti ingin memberikan yang terbaik bagi buah hati mereka. Selain memberikan bekal akademik melalui pendidikan formal di sekolah, penting juga bagi orangtua untuk memberikan ketrampilan sebagai bekal dalam menghadapi tantangan hidup di masa depan. Beberapa ketrampilan berikut justru penting tidak hanya untuk bertahan hidup, juga menambah kepercayaan diri si anak. Berikut ini 5 les ketrampilan yang berguna untuk si kecil:

  1. Berenang

Berenang termasuk lifeskill yang wajib dikuasai anak, kemampuan berenang sangat penting untuk keselamatan diri ketika ada bencana yang terjadi di air. Selain untuk menyelamatkan diri sendiri, kemampuan berenang berguna untuk menyelamatkan nyawa orang lain ketika dibutuhkan.

Anak Sudah Les Privat Tapi Tidak Berkembang Mungkin Karena Alasan Ini2
Anak Sudah Les Privat Tapi Tidak Berkembang Mungkin Karena Alasan Ini

Saat ini mencari les renang sangat mudah, Anda bisa mencari jasa pelatih renang terpercaya melalui sosial media, atau meminta rekomendasi dari teman yang pernah menggunakan jasa pelatih tersebut.

Cara lain adalah mencari tahu dari petugas jaga di kolam renang atau hotel yang biasa digunakan untuk latihan renang. Belajar berenang dapat dimulai pada umur anak sekitar 4-5 tahun. Alasannya pada umur tersebut, anak dapat mengerti apa yang disampaikan oleh instruktur seperti kedalaman air, teknik berenang, dan risiko kecelakaan saat berenang.    

  • Les Musik

Bermain musik adalah kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak. Bermain musik selain mengasah kecerdasan otak dan motorik, juga dapat mempengaruhi emosi anak. Ketika bermain musik, anak dikenalkan dengan nada yang membentuk harmoni. Begitu pula anak mengenal tempo dan irama, ini semua dapat melatih perasaan anak menjadi lebih lembut.

Bermain musik terbukti melatih kesabaran dan ketekunan anak. Untuk dapat bermain satu lagu dengan sempurna, anak perlu berlatih puluhan bahkan ratusan kali. Ini tidaklah mudah, karena anak-anak cenderung cepat bosan. Namun, orangtua perlu mencermati bakat yang diminati anak. Seperti, ada yang memilih perkusi daripada piano, atau ada yang lebih suka berlatih vocal. Jika anak sama sekali tidak menunjukkan ketertarikan akan seni musik, alangkah lebih baik untuk orangtua menyadari dan mengajak diskusi anak tentang kegiatan apa yang lebih mereka sukai.   

  • Menggambar

Hampir sama dengan seni musik, aktivitas menggambar bagi anak-anak penting untuk proses tumbuh kembang mereka. Menggambar bermanfaat untuk melatih kecerdasan motorik dan menambah kreativitas anak. Menggambar merupakan salah satu media terbaik untuk menyalurkan emosi terutama bagi anak pemalu yang kurang dapat menyampaikan sesuatu secara lisan. Biasanya, anak-anak akan bercerita tentang apa yang sedang mereka gambar, berikut dengan warna-warna yang mereka pilih sesuai dengan imajinasi mereka. Aktivitas ini dapat mengurangi emosi negatif karena melalui menggambar anak-anak rileks, tenang, dan bahagia. Kegiatan ini juga melatif fokus dan konsentrasi anak. Dengan latihan konsentrasi dari kecil, di masa depan anak-anak terbiasa dengan tugas-tugas yang lebih berat dan memerlukan konsentrasi lebih. 

Persiapan Agar Sukses di Dunia Akademik Dengan Les Privat, Bisakah
Persiapan Agar Sukses di Dunia Akademik Dengan Les Privat, Bisakah
  • Bela diri

Ilmu bela diri perlu untuk pembekalan anak menyiapkan masa depan mereka. Baik anak laki-laki atau perempuan sebenarnya sama-sama perlu ilmu ini. Selain untuk menjaga diri dari hal-hal tak terduga, kemampuan bela diri juga dapat digunakan untuk membantu orang lain ketika ada tindak kejahatan. Ada bermacam-macam bela diri untuk anak-anak seperti taekwondo, karate, atau bisa juga wushu.

Beberapa manfaat bela diri bagi anak antara lain, melatih keberanian dan kepercayaan diri anak, meningkatkan komitmen dan kedisiplinan. Bela diri juga sebagai sarana untuk melepaskan perasaan negatif. Selain itu, manfaat lain adalah untuk menjaga tubuh anak agar sehat dan bugar. Karena biasanya latihan bela diri ini dilakukan bersama teman-teman yang lain, les bela diri in juga dapat digunakan untuk melatih sosialisasi anak.  

  • Les Robotik

Perkembangan dunia teknologi saat ini sungguh cepat. Di era mendatang, para ahli memprediksi teknologi robot menggantikan beberapa pekerjaan manusia. Saat ini,  beberapa sekolah sudah ada yang memberika kegiatan ekstrakulikuler Les Privat Robotik untuk anak didiknya, dari jenjang TK hingga SMA. Mengenalkan belajar robotik sejak usia TK tidak ada salahnya, apalagi si anak memiliki minat pada bidang ini. Beberapa manfaat les robotik bagi anak adalah merangsang berpikir sistematis untuk menyelesaikan masalah, mengembangkan motorik halus, meningkatkan imajinasi dalam merancang sebuah robot, dan melatih kerjasama dalam kelompok.