0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Museum Benteng Vredeburg yang terletak di sebelah selatan Malioboro. Banyak bangunan bersejarah yang berdiri di kawasan nol kilometer Yogyakarta, antara lain Gedung Agung, Kantor Pos Besar, Museum Sonobudoyo, Kraton Yogyakarta, dan Museum Benteng Vredeburg. Bangunan yang disebutkan terakhir mempunyai sejarah menarik karena pernah digunakan tentara Belanda untuk menahan serangan dari Kraton Yogyakarta dan menjadi markas militer Tentara Republik Indonesia. Dibangun pada tahun 1760 oleh pemirintah Belanda, benteng ini semula diberi nama Benteng Rustenburg (benteng peristirahatan).

19-benteng-vrederg-patung

19-benteng-vrederg-patung

19-benteng-vrederg-jogja

19-benteng-vrederg-jogja

Pada tahun 1867 bangunan benteng direnovasi setelah mengalami kerusakan akibat gempa bumi dan namanya diganti menjadi Benteng Vredeburg (benteng perdamaian). Bentuk benteng tetap seperti awal mula dibangun, yaitu bujur sangkar. Pada keempat sudutnya terdapat ruang penjagaan (seleka/bastion), yaitu Jayawisesa (di sisi barat laut), Jayapurusa (sisi timur laut), Jayaprakosaningprang (sisi barat daya), dan Jayaprajitna (sisi tenggara). Sebagai tempat pertahanan, bangunan dilengkapi dengan pintu gerbang (menghadap ke barat), tembok keliling, parit, dan jembatan angkat.

https://www.youtube.com/watch?v=em9bim0RZQQ

https://www.youtube.com/watch?v=rpvBOq1a5Fw

Setelah berjalan-jalan menikmati eksotisme Malioboro, sempatkan mampir ke Museum Benteng Vredeburg yang terletak di sebelah selatan Malioboro, tepatnya di Jalan Ahmad Yani 6 Yogyakarta. Keteduhan segera terasa karena bangunan ini dipenuhi oleh pepohonan rindang nan asri. Nikmati rentetan sejarah di Ruang Diorama, mulai Perang Diponegoro (1825-1830) hingga masuknya Jepang ke Yogyakarta (6 Maret 1942), Agresi Militer Belanda II, sertaperjalanan sejarah bangsa Indonesia sejak penandatanganan Perjajinjian Renville hingga pengakuan kedaulatan RIS tanggal 27 Desember 1949. Sajian perjuangan di Yogyakarta sejak Indonesia kembali ke negara kesatuan Republik I ndonesi a sampai masa Orde Baru akan menyudahi rangkuman perjalanan sejarah di Museum Benteng Vredeburg. Secara keseluruhan museum ini memiliki 55 diorama yang ditempatkan dalam 4 ruangan. Diorama merupakan koleksi yang dirancang untuk mengenang perj uangan bangsa I ndonesi a dengan menampilkan beberapa tokoh sejarah. Koleksi pokok sebagai masterpiece adalah bangunan Benteng Vredeburg itu sendiri karena merupakan bangunan benda cagar budaya (The Amazing Heritage Building) dengan arsitektur bangunan Belanda. Bangun tersebut dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 5 tahun 1992 tentang benda cagar budaya.

Pemahaman terhadap sejarah akan terasa lengkap dengan adanya perpustakaan berisikan koleksi buku sejarah, ruang audio visual dan ruang belajar kelompok. Fasilitas lain berupa ruang seminar, ruang pameran, dan ruang pertunj ukan, semua bi sa menj adi tempat alternatif untuk berbagai kegiatan pameran, seminar, diskusi, pertemuan dan pelatihan.

Museum Benteng Vredeburg buka setiap Selasa hingga Minggu. Hari Selasa-Kamis museum buka pukul 08.30-13.30 WIB, hari Jumat pukul 08.30-11.00 WIB, hari Sabtu pukul 08.30-12.00 WIB, dan hari Minggu pukul 08.00-13.00 WIB. Sementara hari Senin dan hari libur nasional, Museum Benteng Vredeburg tutup. Harga tiket Rp. 250,00 (siswa) dan Rp. 750,00 (umum). Silahkan akses http://webmail.budpar.go.id dan email: bentengvredeburg@budpar.go.id atau hubungi nomor telepon (0274) 586934, 510996

Sumber dari

https://id.wikipedia.org/wiki/Museum_Benteng_Vredeburg

http://www.bluepackerid.com/2015/05/berkeliling-museum-benteng-vredeburg.html

https://direktori-wisata.com/wisata-di-benteng-vredeburg-jogja/

http://museumjogja.org/id/content/38-museum-benteng-vredeburg

Museum Benteng Vredeburg, Pendiri Benteng Vredeburg, Koleksi Museum Benteng Vredeburg, Objek Studi Wista, Tempat Studi Wisata, Objek Studi Tour

Privat Guru Online, Guru Online, Privat Online Indonesia, Belajar Privat Online, Privat Online Jogja. Privat Belajar PR Online, Kerjakan PR mudah, Bantuan Kerjakan PR, Pahami Dalam Kerjakan PR, Les Privat (Belajar Mandiri) CALISTUNG untuk PAUD, TK, SD Kelas 1,  Materinya adalah Dasar-dasar Membaca, Cara Membaca, Menulis Huruf, dan Berhitung. Les Privat (Belajar Mandiri) UM PNS ujian masuk CPNS ujian pengawai negeri. Materi kemampuan dasar, pengetahuan umum.