fbpx
0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Museum Dewantara Kirti Griya Yogyakarta berarti tempat atau rumah. Nama Museum Dewantara Kirti Griya berarti tempat atau rumah yang berisi karya-karya dan rekaman perjuangan Ki Hadjar Dewantara. Selain itu, kronologi kehidupannya dari muda hingga wafat juga diabadikan di museum ini. Museum ini dapat menceritakan biografi sosok Ki Hadjar Dewantara melalui benda-benda dan foto-foto yang dipajang melalui tata cara tertentu di ruang-ruang pameran museum.

museum-dewantara-kirti-griya

museum-dewantara-kirti-griya

Di museum ini terdapat perpustakaan yang memungkinkan wisatawan untuk mendalami pemikiran Ki Hadjar Dewantara. Museum Dewantara Kirti Griya didirikan atas permintaan Ki Hadjar Dewantara, dan diresmikan pada tanggal 2 Mei 1970. Museum ini banyak mengoleksi benda peninggalan Ki Hadjar Dewantara.

Dunia pendidikan tanah air tidak terlepas dari peran RM. Suwardi Suryaningrat, cucu Paku Alam III, yang lebih dikenal dengan nama Ki hajar Dewantara. Tanggal kelahirannya kemudian diperingati bangsa Indonesia sebagai Hari Pendidikan Nasional. Rumah kediaman sang tokoh lantas diabadikan menjadi Museum Dewantara Kirti Griya, yang berarti rumah yang berisi hasil kerja keras Ki Hajar Dewantara.

Anda dapat melihat kehidupan sehari-hari beliau melalui beragam koleksi yang ditampilkan. Kamar pribadi Sang Guru, peralatan pribadinya, dan buku-buku berbahasa Belanda miliknya dapat Anda temui di sana. Kenali lebih dalam Ki Hajar Dewantara dengan berkunjung ke museum Dewantara.

Ide Ki Hadar Dewantara mendirikan museum Dewantara Kirti Griya bukan bertujuan untuk mengkulturkan diri, tetapi dimaksudkan agar melalui museum generasi muda akan dapat mempelajari, memahami dan kemudian mewujudkan nilai-nilai yang terkandung dalam tata kehidupan berbangsa dan bernegara

Sesuai dengan kemajuan alam dan jaman, maka Museum Dewantara Kirti Griya juga berusaha meningkatkan diri dalam berbagai aspek antara lain: peningkatan dibidang fisik, tata pameran, koleksi benda bersejarah dan manuskrip-manuskrip yang tinggi nilainya. Walau peningkatan dilakukan seirama perkembangan alam dan jaman, tetapi Museum Dewantara Kirti Griya berusaha untuk tetap menjaga sifat dan ciri khas yang ada padanya sebagai suatu memorial.

Untuk dapat dimanfaatkan sepanjang jaman koleksi-koleksi perlu perawatan dan pelestarian agar tidak mengalami kerusakan, kehilangan, ataupun adanya gangguan-gangguan penyebab rusaknya koleksi, pada museum ini terdapat berbagai jenis dan macam benda-benda bersejarah yang memerlukan cara perawatannya sendiri-sendiri.

Museum Dewantara Kirti Griya terletak dikomplek Pendopo Tamansiswa dalam tata letak ruangan terdapat beberapa bagian ialah ruang museum, ruang perpustakaan museum dan arsip serta dokumen-dokumen yang mengiringi perjuangan Ki Hadjar Dewantara di masa lalu. Seperti telah disampaikan diatas bahwa meseum ini adalah museum khusus memorial tentang perjalanan dan perjuangan Ki Hadjar Dewantara, diresmikan pertama kali dan di peruntukan untuk umum adalah pada Hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei 1970 oleh Nyi Hadjar Dewantara .

Sejarah Nama Ki Hajar Dewantara

Sejarah Nama Ki Hajar Dewantara tentu sangat akrab di telinga kita. Slogan Tut Wuri Handayani tidak dapat dilepaskan dari kiprah Ki Hajar Dewantara. Pendiri Taman Siswa ini sangat besar jasanya dalam merintis pendidikan sehingga mendapat penghargaan dan gelar pahlawan nasional. Tidak berlebihan jika pemerintah menetapkan tanggal lahir beliau sebagai Hari Pendidikan Nasional tokoh besar ini tidak lahir dan hidup dalam kemewahan, tetapi hidup di antara deretan buku dan ide-ide cemerlang.

Museum merupakan bekas tempat tinggal Ki Hajar Dewantara, diresmikan pada tanggal 2 Mei 1970. Berda diatas lahan seluas 2.720 meter persegi dengan bangunan seluas 300 meter pesergi di Jalan Tamansiswa 25, Yogyakarta. Museum Dewantara Kirti Griya menjadi bukti kesederhanaan kehidupan Ki Hajar Dewantara. Begitu memasuki area museum, pengunjung akan menjumpai tatanan meja dan kursi tamu di beranda. Pada bagian bangunan sebelah kanan terdapat kamar berukuran kecil dan sederhana, merupakan kamar pribadi Ki Hajar Dewantara. Berbagai perlengkapan seperti ranjang, almari, mesin ketik, sikat peci, gunting, sisir, serta sabun mandi terdapat di kamar ini. Koleksi paling menarik adalah pakaian beliau sewaktu berada di penjara Pekalongan.

Di bagian dalam museum terapat sederet buku berbahasa Belanda yang merupakan sumber inspirasi Ki Hajar Dewantara dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Buku-buku tersebut dapat dibaca sepuasnya. Di sudut lain terdapat sebuah piano merk Gebrs Jung buatan Jerman.

Museum ini menawarkan suasana nyaman dengan berbagai fasilitas, di antaranya perpustakaan, pendopo, mushola, dan tempat parkir gratis yang cukup memadai. Untuk masuk ke museum, pelajar dikenakan biaya Rp 1.000,00 mahasiswa dan umum Rp 2.000 , 0 0 sedangkan wisatawan mancanegara Rp 5.000,00.

Museum buka pada hari Senin hingga Sabtu. Pada hari Senin-Kamis buka pukul 08.00-13.00 WIB; hari Jumat pukul 08.00-11.00 WIB; dan hari Sabtu pukul 08.00-13.00 WIB. Ingin informasi lebih lengkap, hubungi Museum Dewantara Kirti Griya, Jalan Taman siswa 31 Yogyakarta, telepon (0274) 377459, (0274) 389208. Selamat bertamu di rumah Bapak Pendidikan Indonesia

Koleksi keseluruhan sekitar 3.000 buah yang meliputi, perabot rumah tangga, naskah, foto, koran, buku, majalah dan surat-surat, serta koleksi termuda berupa syair tahun 2003 karya Koh Hwat seorang keturunan Tionghoa.

Fasilitas:

  1. Pendopo
  2. Perpustakaan
  3. Tempat parkir
  4. Toilet
  5. Mushola

Jam Buka Museum:

  • Selasa – Kamis & Sabtu: 08.00 – 13.00 WIB
  • Jumat: 08.00 – 11.00 WIB
  • Minggu: Tutup

Cara Menuju Lokasi:

  • Dari pertigaan Tamansiswa Jl. Kusumanegara menuju ke arah selatan sekitar 200 meter
  • Museum Dewantara Kirti Griya jadi satu dengan kompleks Gedung Tamansiswa di sisi jalan sebelah timur (kiri jalan) dari pertigaan tersebut

Kontak Alamat: Jl. Tamansiswa No. 31 Yogyakarta  Telp.: (0274) 389208, 377120

Sumber dari

https://id.wikipedia.org/wiki/Museum_Dewantara_Kirti_Griya

http://lewatmana.com/lokasi/4036/museum-dewantara-kirti-griya/

http://museumjogja.org/id/content/32-museum-dewantara-kirti-griya

http://anitahidayah15.blogspot.co.id/2015/04/laporan-kunjungan-museum-dewantara.html

http://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/2014/07/24/menguak-sejarah-museum-dewantara-kirti-griya/

Museum Dewantara Kirti Griya, Pendiri Dewantara Kirti Griya, Koleksi Museum Dewantara Kirti Griya Objek Studi Wista, Tempat Studi Wisata, Objek Studi Tour Privat Guru Online, Guru Online, Privat Online Indonesia, Belajar Privat Online, Privat Online Jogja. Privat Belajar PR Online, Kerjakan PR mudah, Bantuan Kerjakan PR, Pahami Dalam Kerjakan PR, Les Privat (Belajar Mandiri) CALISTUNG untuk PAUD, TK, SD Kelas 1,  Materinya adalah Dasar-dasar Membaca, Cara Membaca, Menulis Huruf, dan Berhitung. Les Privat (Belajar Mandiri) UM PNS ujian masuk CPNS ujian pengawai negeri. Materi kemampuan dasar, pengetahuan umum.