fbpx
0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Museum Gunung Api Merapi dapat diamati berbagai tipe gunung api dan letusannya di dunia. Gunung Merapi sebagai salah satu gunungapi teraktif di Indonesia telah menarik dunia dengan tipe letusannya berupa awan panas, yang oleh penduduk lokal disebut wedhus gembel. Museum Gunung Api Merapi dirancang untuk menjadi pusat informasi, penelitian, dan wisata kegunungapian. Untuk itu museum gunung Merapi sangat disarankan untuk dikunjungi. Museum yang memiliki semboyan”Merapi Jendela Bumi” menyajikan fenomena pertumbuhan kubah Gunung Merapi, mitos seputar Gunung Merapi, pos pengamatan Gunung Merapi dari era Belanda hingga era modern. Di Museum Gunung Api Merapi dapat diamati berbagai tipe gunung api dan letusannya di dunia melalui panel museum. Selain itu artefak dari letusan Gunung Merapi tahun 2006 berupa bangkai sepeda motor, alat-alat rumah tangga, serta foto-foto erupsi tahun 2010. Semua disajikan dalam gambar dan foto yang menarik.

museum-gunung-api-merapi-penampakan

museum-gunung-api-merapi-penampakan

museum-gunung-api-merapi-penampakan

museum-gunung-api-merapi-penampakan

museum-gunung-api-merapi-penampakan

museum-gunung-api-merapi-penampakan

Informasi yang disampaikan di museum gunungapi diantaranya:

1. Informasi ilmiah kegunungapian, kegempaan dan gerakan tanah yang merupakan proses dinamika geologi, dicerminkan diantaranya dalam informasi model pembentukan, mekanisme terbentuknya maupun proses-proses yang menyertainya.
2. Informasi fenomena gunungapi terbentuk sebagai hasil proses-proses geologi, yang tampil dipermukaan bumi diantaranya berupa bentang alam gunungapi, struktur geologi gunungapi, produk hasil letusan gunungapi, dan produk-produk hasil proses lainnya.
3. Informasi mitigasi bencana gunungapi, gempabumi, tsunami, gerakan tanah yang ditampilkan dalam bentuk informasi sistem monitoring, penelitian dan pengamatan, sistem peringatan dini, dan upaya mitigasi bencana diantaranya menyangkut sistem penyelamatan masyarakat terhadap ancaman bahaya letusan gunungapi, kegempaan dan gerakan tanah.
4. Informasi sumberdaya gunungapi, sebagai potensi yang dapat dimanfaatkan bagi kesejahteraan masyarakat, pengembangan infra-struktur dan lainnya.
5. Informasi aspek sosial budaya diantaranya menyangkut kehidupan, budaya/tradisi, mitos dan lainnya yang berkaitan dengan lingkungan dan keberadaan suatu gunungapi.

Alamat : Jl. Kaliurang km 22, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman Telepon (0274) 869613

Buka : Selasa – Minggu

Pukul : 09.00 – 15.30 WIB

Sumber dari

http://mahakam24.blogspot.co.id/2014/03/museum-gunung-api-merapi-sleman.html

Museum Gunung Merapi, Tempat Belajar Tentang Gunung Teraktif di Dunia

https://id.wikipedia.org/wiki/Museum_Gunung_Merapi

https://www.yogyes.com/id/yogyakarta-tourism-object/other/museum-gunung-api-merapi/

https://gudeg.net/direktori/1212/museum-gunung-api-merapi-yogyakarta.html

http://www.slemankab.go.id/572/museum-gunung-api-merapi.slm

http://museumjogja.org/id/content/30-museum-gunung-api-merapi

Museum Api Merapi, Pendiri Museum Api Merapi, Koleksi Museum Api Merapi, Objek Studi Wista, Tempat Studi Wisata, Objek Studi TourKerjakan PR Online Mudah, Bantuan Kerjakan PR, Pahami Dalam Kerjakan PR , Privat Guru Online, Guru Online, Privat Online Indonesia, Belajar Privat Online, Privat Online Jogja. Les  Privat (Belajar Mandiri) Mapel SMA/MA/SMK Mapel  SMA MA SMK dan Bahasa Daeraj (Jawa) Les Privat (Belajar Mandiri) Bahasa Asing (Inggris, German, Mandarin). Privat Karyawan English Conversation, Mahasiswa Inggris persiapan kerja.