0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Museum Pendidikan Indonesia – Universitas Negeri Yogyakarta. Karena didedikasikan kepada pendidikan di negeri ini., Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengembangkan Museum Pendidikan Indonesia. Destinasi wisata edukatif sekaligus ikon Kota Pelajar ini terletak di sebelah utara Gedung Rektorat UNY. Museum ini diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X pada tanggal 8 Juli 2008. Bagi putra-pitri atau siswa sekolah, inilah lokasi yang tepat untuk menyampaikan bahwa kejayaan bangsa ini adalah hasil harmonisasi antara tujuan perjuangan dan semangat menuntut ilmu.

44-museum-pendidikan-indonesia-jogja-globe-kayu

44-museum-pendidikan-indonesia-jogja-globe-kayu

44-museum-pendidikan-indonesia-jogja-meja-kelas

44-museum-pendidikan-indonesia-jogja-meja-kelas

A. Visi

Menjadikan memori kolektif sebagai wahama menciptakan insan yang memiliki kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual

B. Misi

1. Melaksanakan fungsinya sebagai sumber informasi tentang perkembangan pendidikan nasional;

2. sebagai sumber ilmu pengetahuan dan teknologi pembelajaran dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa

3. Menjadi sarana rekreasi yang bersifat kultural dan edukatif.

C. Tujuan

1. Memberikan pemahaman kepada anggota masyarakat dan sivitas akademika tentang eksistensi dan peran Museum Pendidikan.

2. Memberikan informasi tentang perkembangan pendidikan nasional baik secara horisontal atau vertikal, baik jenis maupun jenjang pendidikan melalui berbagai koleksi, simbol, dan dokumen yang terkait dengan penyelenggaraan pendidikan di Indonesia dari tahun ke tahun.

3. Memberdayakan sivitas akademika UNY dan masyarakat pemerhati pendidikan untuk berkreasi dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan.

4. Memberikan penghargaan kepada para perintis, tokoh dan pejuang pendidikan nasional.

5. Menambah dan meningkatkan kualitas sarana dan prasarana wisata kampus yang bersifat edukatif-rekreatif.

 

D. Manfaat

1. Sebagai sarana untuk menumbuhkan semangat kebangsaan dan nasionalisme melalui dunia pendidikan.

2. Menciptakan laboratorium pendidikan sebagai sarana pembelajaran da penelitian bagi sivitas akademika dan anggota masyarakat.

3. Menumbuhkembangkan semangat dan komitmen bagi sivitas akademika dan anggota masyarakat untuk selalu memperhatikan dan berkreasi dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan.

http://navigasi-budaya.jogjaprov.go.id/heritage/museum/409

PENGGAGAS
MPI UNY merupakan museum pendidikan pertama di Indonesia. Penggagas berdirinya MPI UNY adalah Rektor UNY kala itu, Prof. Dr. Sugeng Mardiono Phd. MPI didirikan karena memang pada saat itu belum ada museum pendidikan. Selain itu juga supaya orang dapat dengan mudah belajar tentang pendidikan sekaligus sejarahnya. Setelah MPI didirikan, museum-museum pendidikan lainnya berdiri. Misalnya museum pendidikan Malang yang membahas sejarah kota Malang dan pendidikan yang berada di sana. UPI juga mendirikan museum pendidikan nasional Indonesia.

MPI UNY merupakan salah satu museum yang besar ruangannya. Gedung yang saat ini ditempati MPI di bangun pada tahun 1968 dan selesai tahun 1970. Kepala MPI UNY saat ini adalah Bapak Sardiman AM., M.Pd. Selain itu ada staf pengelola dari UNY dan juga edukator.

KOLEKSI
Koleksi MPI UNY didapat dari hibah, pembelian, dan penitipan. Pada saat itu karena MPI UNY adalah museum pendidikan pertama di Indonesia, sehingga menarik banyak perhatian orang untuk menghibahkan berbagai koleksi yang berhubungan dengan pendidikan. Koleksi yang berasal dari pembelian, bukanlah koleksi yang sembarangan. MPI UNY hanya membeli koleksi dari orang yang mempunyai cerita tentang koleksi tersebut dan berhubungan dengan sejarah pendidikan. Koleksi yang berasal dari pembelian misalnya kertas merang yang terbuat dari bubur merang (kertasnya lebih kaku). Koleksi yang berasal dari penitipan juga mempunyai syarat tertentu yaitu antik dan boleh dipamerkan (dilihat orang). Koleksi yang berasal dari penitipan misalnya naskah tentang sejarah Indonesia. Selain itu, MPI UNY juga banyak mendapatkan koleksi dari museum Dewantara Kirti Griya dan arsip kurikulum dari kementrian.

GALERI
MPI UNY mempunyai tiga galeri. Galeri pertama merupakan galeri sejarah pendidikan. Terdapat foto-foto menteri pendidikan mulai dari menteri pendidikaan yang pertama sampai dengan yang terakhir, foto sekolah dari jaman sebelum kemerdekaan, diorama kelas, diorama rumah adat, dan media pembelajaran serta alat tulis seperti globe yang terbuat dari kayu, daun rontal, sabak dan grip, alat tulis dari bulu angsa, tinta, kertas merang, pensil, pena, alat hitung. Galeri dua terdapat dari tokoh pendidikan seperti Ki Hajar Dewantara dan RA Kartini, serta contoh-contoh ijazah. Galeri tiga terdapat media pembelajaran IPA (Fisika dan Biologi), mesin ketik, mesin sheet Roneo, alat pemutar Film, dan fosil kerang.

Ketiga galeri yang berada di lantai 1. Di lantai dua terdapat ruang cinema dengan 116 kursi. Ruang cinema digunakan untuk menonton film yang bertema pendidikan. Selain itu terdapat ruang apresiasi karya atau pameran yang bisa digunakan untuk memamerkan karya seperti lukisan tetapi tidak permanen. Kegiatan yang dilakukan rutin oleh MPI UNY untuk menarik penunjung misalnya festival pendidikan, festival dalang cilik, dan festival pendidikan.

Museum Pendidikan Indonesia mengelola berbagai macam koleksi, mulai dari buku sekolah, arsip kependidikan, media pembelajaran, dan masih banyak lagi. Saat ini, MPI UNY telah memiliki 5 ruang utama, yaitu Ruag Gallery 1 untuk koleksi foto dan peralatan sekolah, Ruang Gallery 2 untuk para tokoh pendidikan, Ruang Gallery 3 untuk koleksi media pembelajaran, Ruang Apresiasi Karya, dan Ruang Cinema MPI. Tak tanggung-tanggung, Ruang Cinema MPI memiliki kapasitas 116 tempat duduk dengan kualitas sound dolby surround. Selain itu, MPI UNY masih mengembangkan beberapa ruang lain untuk koleksi dan melengkapi fasilitas bagi pengunjung di MPI UNY. Event yang diselenggarakan MPI UNY seperti Festival Pendidikan, Festival Dalang Cilik dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang ingin mengunjungi MPI UNY silahkan hubungi kami di nomor telepon : (0274) 586168 psw 561 Fax (0274) 561259, email : mpi@uny.ac.id/ website : http://mpi.uny.ac.id Alamat: Kampus Pusat Universitas Negeri Yogyakarta. Jln. Colombo No.1, Karangmalang, Sleman, D.I. Yogyakarta, kode pos:55281. Jam kunjung; Senin-Kamis pukul 07.30 – 15.00 WIB, jumat pukul 07.30 – 13.30 WIB. Sabtu – Ahad silahkan konfirmasi. Tiket masuk Rp. 2.500/orang (sudah termasuk guide dan nonton film di Cinema untuk rombongan)

Sumber dari

http://mpi.uny.ac.id/

http://navigasi-budaya.jogjaprov.go.id/heritage/museum/409

Belajar Sejarah Pendidikan di Museum Pendidikan Indonesia UNY

http://tembi.net/jaringan-museum/koleksi-ruang-kelas-kuno-di-museum-pendidikan-indonesia-uny

http://museumpendidikannasional.upi.edu/

https://gudeg.net/direktori/3874/museum-pendidikan-indonesia-.html

http://museumjogja.org/id/content/25-museum-pendidikan-indonesia-universitas-negeri-yogyakarta

Museum Pendidikan Indonesia, Pendiri Pendidikan Indonesia, Koleksi Museum Pendidikan Indonesia, Objek Studi Wista, Tempat Studi Wisata, Objek Studi Tour

Privat Guru Online, Guru Online, Privat Online Indonesia, Belajar Privat Online, Privat Online Jogja. Privat Belajar PR Online, Kerjakan PR mudah, Bantuan Kerjakan PR, Pahami Dalam Kerjakan PR, Les Privat (Belajar Mandiri) CALISTUNG untuk PAUD, TK, SD Kelas 1,  Materinya adalah Dasar-dasar Membaca, Cara Membaca, Menulis Huruf, dan Berhitung. Les Privat (Belajar Mandiri) UM PNS ujian masuk CPNS ujian pengawai negeri. Materi kemampuan dasar, pengetahuan umum.