fbpx
0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Museum pusat TNI AD “Dharma Wiratama” tidak sekedar menghantarkan imajinasi pengunjung ke dalam suasana perjuangan masa lalu, tetapi sekaligus menumbuhkan semangat patriotisme melalui koleksi-koleksi milik TNI AD. Tank jenis Stuart MK I dan MK III buatan Amerika bercat hijau khas TNI AD menjadi simbol kegagahan para pejuang. Dua meriam gunung kaliber 75 milimeter berlapis baja dengan sepasang roda baja di sisi kanan-kiri masih terawat dengan baik dan tampak kokoh.

26-museum-pusat-tni-ad-joja

26-museum-pusat-tni-ad-joja

26-museum-pusat-tni-ad-joja

26-museum-pusat-tni-ad-joja

Senjata jenis hotchkiss kaliber 7.63 milimeter berwarna hitam legam, buatan tahun 1941 dengan kecepatan 785 meter per detik, PSU (penangkis serangan udara), sten gun, granat gombyok dan meriam kecepek dari Palembang, merupakan koleksi yang layak dikagumi. Diorama dapur umum dengan dinding gedhek (anyaman bambu) dan tiang bambu, beratap anyaman daun kelapa, lengkap dengan tungku batu, genthong, lesung, penumbuk, tenggok, dan rak bambu; menghadirkan kembali suasana pada zaman perjuangan. Kelengkapan kesehatan juga menjadi bagian koleksi museum, seperti alat suntik, stetoskop, alat bedah, dan alat amputasi milik dr. Ihsan dn dr. Moestopo. Tak kalah menariknya adalah koleksi alat bantu penyandang cacat berupa kaki dan tangan palsu (prothesa).

Lain lagi dengan benda yang satu ini, mungil dan unik, sekilas tak menarik untuk diamati, tetapi besar jasanya dalam perjuangan bangsa Indonesia, khususnya saat peristiwa Serangan Oemoem 1 Maret 1949. Koleksi tersebut terbuat dari logam, berbentuk seperti mangkuk berisi tebal dengan dua sumbu, lampu minyak ini menjadi saksi peristiwa Serangan Umum sekaligus penyelamat Letnan Kolonel Soeharto. Koleksi unik lainnya berupa sedan Holden keluaran pabrik tahun 1962. Sedan Holden warna hijau tua, setir dan tempat duduk berbalut kulit merupakan pemberian Presiden Soekarno untuk Mayor Jenderal TNI Soeharto yang mengemban tugas sebagai Panglima Mandala operasi Trikora dalam mengusir Belanda di Irian Jaya (Papua).

Koleksi museum berjumlah 1.780 buah, meliputi senjata, alat komunikasi dan kesehatan, seragam dan tanda jasa (bintang dan satyalencana), serta atribut-atribut kebesaran TNI AD (Pataka, Dhuaja , Sempana, Tunggul, dan Pathola). Satu lagi ruang yang tak boleh terlewatkan saat berkunjung di Museum Pusat TNI Angkatan Darat “Dharma Wiratama” adalah ruang bawah tanah. Berada di taman belakang, sebelah kanan museum, ruangan ini tidak dapat dipisahkan dari museum. Rasa penasaran dan tegang di ruang bawah tanah ini menjadi sensasi tersendiri saat memasuki dan menyelusurinya. Koleksi buku TNI Angkatan Darat di perpustakaan museum juga akan menambah penget ahuan pengunj ung tentang sejarah bangsa Indonesia.

Koleksi museum berhubungan erat dengan perjuangan bangsa Indonesia. Koleksi museum dipamerkan dalam 21 ruang dan halaman depan museum.

1. Halaman Depan

Di halaman depan terdapat dua Tank Stuart buatan Amerika dengan kaliber 37mm. Di sebelah barat terdapat Meriam Bofors (Meriam Gunung) buatan Swedia tahun 1901 dengan kaliber 7,5 cm. Untuk di depan pintu masuk ruang pengenalan terdapat dua meriam masing-masing berkaliber 37mm buatan Amerika dan kaliber 75mm buatan Jepang. Museum ini terdapat pula bunker/ruang bawah tanah yang berada di belakang aula.

2. Ruang Pengantar

Terletak di bagian tengah depan gedung utama sebagai ruang pengantar para pengunjung untuk memahami nilai dan arti perjuangan serta pengabdian para pahlawan dan pejuang dalam merebut, mengisi, dan mempertahankan kesejarahan Museum Pusat TNI AD “Dharma Wiratama”. Koleksi yang dipamerkan kronologis sejarah perlawanan terhadap penjajah. Selain itu terdapat pula prasasti peresmian dan foto para mantan Kasad.

3. Ruang Jenderal Sudirman

Ruang ini difungsikan sebagai ruang kerja Jenderal Sudirman sewaktu menjabat Panglima Besar. Koleksi Yang dipamerkan meja kerja, telepon, rute gerilya, kursi tamu dari rotan, dan foto setengah badan.

4. Ruang Letjen. Urip Sumoharjo

Fungsi di ruang ini sebagai ruang kerja. Koleksi yang dipamerkan kursi tamu, telepon, meja kerja, dan foto setengah badan.

5. Ruang Palagan

Di Ruang ini dipamerkan koleksi senjata aktif, alat perlengkapan, pakaian pejuang, seragam tentara PETA dan Tentara Keamanan Rakyat serta lukisan. Terdapat pula kronologi 8 palagan besar di Indonesia yaitu:

a. Palagan Medan (Pertempuran Medan Area)

b. Palagan Palembang (Pertempuran 5 hari 5 malam)

c. Palagan Bandung (Bandung Lautan Api)

d. Palagan Semarang (Pertempuran Lima Hari)

e. Palagan Ambarawa

f. Palagan Surabaya (Pertempuran Surabaya)

g. Palagan Bali (Puputan Margarana)

h. Palagan Makassar
6. Senjata Modal Perjuangan

Berbagai jenis senjata dipamerkan di ruang ini. Baik berupa senjata api atau senjata tajam.

7. Ruang Dapur Umum

Koleksi menggambarkan dapur tradisional rumah rakyat yang terbuat dari bambu dan beratap rumbia yang berperan dalam perjuangan.

8. Ruang Alat Hubung dan Alat Kesehatan

Koleksi alat hubung berupa radio pemancar dan radio penerima. Sedagkan alat kesehatan berupa alat operasi untuk merawat prajurit yang terluka dan sakit saat terjadi pertempuran.

9. Ruang Perang Kemerdekaan

Ruang Perang Kemerdekaan terbagi menjadi tiga ruang. Di Ruang ini digambarkan dharma bakti Angkatan Darat dalam mempertahankan negara kesatuan Indonesia.

10. Ruang Panji-panji

Berikut koleksi panji-panji yang dipamerkan :

a. Panji-panji Kesatuan TNI AD

b. Pataka Kotama/Balakpus

c. Dhuaja Resimen, Brigadir, Korem, Grup

d. Sempana Kodiklatad dan Rindam

e. Tunggul Batalyon

f. Pathola Depo Pendidikan

11. Ruang Gamad

Di Ruang ini dipamerkan berbagai bentuk dan jenis seragam Angkatan Darat meliputi PDH, PDU, PDL beserta atributnya dari tahun 1950 sampai dengan 1980.

12. Ruang Tanda Jasa

Di ruang ini dipamerkan Tanda Jasa /Penghargaan berupa Bintang Jasa dan Satya Lencana sebagai pengakuan dan penghargaan atas jasa para prajurit yang telah berjuang, mengabdi kepada bangsa dan negara sehingga dapat memberikan dukungan moril dan kebanggaan kepada yang bersangkutan, keluarga dan generasi penerus.

13. Ruang Peristiwa

Di ruang ini digambarkan peristiwa pemberontakan PKI, DI/TII Kartosuwiryo di Jawa Barat, DI/TII Sulawesi Selatan, gerakan separatis dan Operasi Militer yang digelar TNI dalam rangka memulihkan keamanan, mempertahankan keutuhan wilayah dan menjaga kedaulatan NKRI

14. Ruang Alat Peralatan

Di ruang ini dipamarkan benda-benda bersejarah yang dipergunakan pada gelar operasi satuan Angkatan Darat dalam menanggulangi gangguan keamanan dari pihak-pihak yang merongrong NKRI yang berupa senjata, alat optik, alat perhubungan, dan mesin elekrtonik

15. Ruang Piagam Keutuhan AD dan Kontingen Belanda

Di ruang ini digambarkan situasi tahun 1950, peristiwa rakyat demonstrasi sebagai usaha menyatukan konflik internal Angkatan Darat yang dirintis oleh Kol. Bambang Sugeng dan berhasil dilaksanakan upacara di Istana Gedung Agung yang dipimpin Presiden Sukarno dengsn ditandai tangani Piagam Keutuhan.

16. Ruang Pahlawan Revolusi

Koleksi yang dipamerkan berupa perlengkepan militer dan foto pahlawan revolusi.

17. Ruang penumpasan G 30 S / PKI

Baik berupa senjata, alat transportasi, buku, senjata api menjadi bukti sejarah tentang G30S / PKI.

Museum Pusat TNI AD “Dharma Wiratama” terletak di Jalan Jenderal Sudirman No. 75 Yogyakarta, telepon/faksimile (0274) 561417. Museum terbuka untuk umum, baik perorangan maupun rombongan, dengan waktu kunjungan hari Senin-Jumat pukul 08.00 -14.00 WIB hari Sabtu, Minggu, dan hari besar nasional, museum tutup, kecuali telah melakukan konfirmasi dengan pengelola sebelumnya

Sumber dari

http://www.tasteofjogja.org/contentdetil.php?kat=artk&id=MTA=&fle=Y29udGVudC5waHA=&lback=a2F0PWFydGsmYXJ0a2thdD0xMCZsYmFjaz0=

http://navigasi-budaya.jogjaprov.go.id/heritage/museum/386

https://id.wikipedia.org/wiki/Museum_Pusat_TNI_AD_%22Dharma_Wiratama%22

http://kekunaan.blogspot.co.id/2012/05/museum-pusat-tni-ad-dharma-wiratama.html

http://museumjogja.org/id/content/44-museum-pusat-tni-ad-dharma-wiratama

Museum pusat TNI AD Dharma Wiratama, Pendiri pusat TNI AD Dharma Wiratama, Koleksi Museum pusat TNI AD Dharma Wiratama, Objek Studi Wista, Tempat Studi Wisata, Objek Studi Tour

Kerjakan PR Online Mudah, Bantuan Kerjakan PR, Pahami Dalam Kerjakan PR , Privat Guru Online, Guru Online, Privat Online Indonesia, Belajar Privat Online, Privat Online Jogja. Les Privat (Belajar Mandiri) Mapel SD/MI Mapel  SD MI dan Bahasa Daeraj (Jawa).  Les Privat (Belajar Mandiri) Mapel SMP/MTs Mapel  SMP MTs dan Bahasa Daerah (Jawa). Privat Bahasa Jawa Jogja, Guru Privat Bahasa Jawa, Belajar Privat Bahasa Jawa, Tempat Privat Bahasa Jawa, Guru Belajar Privat Jawa, Tempat Les Bahasa Jawa, Lokasi Privat Bahasa Jawa, Belajar Bahasa Jawa Privat, Privat Bahasa Daerah