0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Museum “Rumah Budaya Tembi” bermula dari kepindahan Lembaga Studi Jawa. Cikal bakal Museum “Rumah Budaya Tembi” bermula dari kepindahan Lembaga Studi Jawa (LSJ) ke dusun Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul pada tanggal 6 September 1995. Selanjutnya, di bawah naungan Yayasan Studi Jawa, museum terbentuk dan diresmikan pada tanggal 21 Oktober 1999 bersamaan dengan peluncuran buku Eksiklopedi Kebudayaan Jawa. Berada di Jalan Parangtritis kilometer 8,4 dengan lahan seluas kurang lebih 5.500 meter pesergi, museum ini menyimpan berbagai koleksi etnografi dan media rekam visual terkait dengan kebudayaan Jawa. Berbagai jenis senjata tradisional berupa keris, tombak, dan pedang dapat ditemui di museum ini. Sebanyak 364 bilah keris bisa menjadi pelipur kerinduan atas benda eksotis tersebut. Koleksi tombak sejumlah 167 buah dan pedang 68 buah. Koleksi lainnya berupa wayang kulit (kurang lebih sejumlah 216 buah).

30-museum-rumah-budaya-tembi-bermula-dari-kepindahan-lembaga-studi-jawa

30-museum-rumah-budaya-tembi-bermula-dari-kepindahan-lembaga-studi-jawa

30-museum-rumah-budaya-tembi-bermula-dari-kepindahan-lembaga-studi-jawa2

30-museum-rumah-budaya-tembi-bermula-dari-kepindahan-lembaga-studi-jawa2

https://www.youtube.com/watch?v=xc5Sfgqaed4

Museum Rumah budaya Tembi mempunyai beberapa koleksi yang variatif, berupa peralatan tradisional Jawa antara lain peralatan dapur seperti tungku, dandang (alat untuk memasak), senjata berupa keris dan tombak, peralatan bertani berupa bajak, kolam renang, peralatan seni gamelan dan bartik, dan juga foto foto jaman dahulu, poster kuno bahkan ada sepeda motor kuno serta perpustakaan dengan jumlah naskah yang mencapai 5.000 buah. Tempat ini juga menyediakan ruang pameran, ruang pertemuan, tempat penginapan, restaurant, kolam renang dan pendopo beserta seperangkat alat gamelan.

Koleksi Museum Tembi berjumlah sekitar 3000 ribu seperti keris, tombak, dan pedang. Wayang kulit, buku-buku sastra Jawa kuno: Babad Tanah Jawi, Babad Sundayana, Babad Mangir, dan Babad Pati. Berbagai macam motif batik dan mainan anak tradisional.

Untuk koleksi dipamerkan di bagi menjadi dua tempat ruang museum dan balai rupa satu. Sedangkam untuk buku dan koleksi audio yang berupa kaset di simpan di perpustakaan. Berikut beberapa koleksi Museum Tembi :

1.  Senthong Senthong (bilik atau kamar), merupakan tata ruang dalam rumah adat Jawa. Senthong di bagi menjadi tiga yaitu senthong tengah, senthong kiwo (kiri) dan senthong tengen (kanan). Senthong tengah yang sering disebut ruang Dewi Sri (Dewi Kesuburan) yang berfungsi sebagai tempat berdoa kepada Tuhan. Senthong Kiwo biasanya berfungsi untuk menyimpan hasil panen. Senthong tengen berfungsi sebagai tempat tidur.

2.  Senjata Senjata yang dipamerkan di museum ini berupa keris, pedang dan tombak dengan berbagai jenis baik dari pamor, dapur, tangguh, warangka.

3.  Reklame Berbagai bentuk reklame yang dipamerkan di ruang balai rupa satu.

Tidak hanya itu saja, buku-buku kuno bertuliskan huruf Jawa mengenai sejarah, misalnya Babad Tanah Jawi, Babad Sundayana, Babad Mangir, dan Babad Pati menjadi petunjuk betapa tinggi rasa seni nenek moyang dalam berolah sastra dan seni tulis. Bila berkunjung bersama buah hati, dolanan tradisional anak-anak menjadi suguhan menarik dan bermanfaat. Berbagai foto dan lukisan, serta jam dinding merupakan sisi lain yang membuktikan betapa indahnya budaya Jawa. Topeng pertunjukan, gamelan, buku, dan majalah tentang Jawa, serta berbagai macam motif batik (Sidomukti, Sidoluhur, dan lainnya), semakin melengkapi rasa bangga atas keberadaan benda-benda budaya Jawa. Koleksi seluruhnya berjumlah 1.200 buah diharapkan mampu menimbulkan rasa handarbeni pengunjung terhadap budaya Jawa.

Museum buka pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00-16.00; hari Sabtu dan Minggu pukul 08.00-14.00 WIB. Berada di tengah sawah, dilengkapi dengan pendopo untuk pentas seni atau kegiatan umum lainnya, seperangkat gamelan slendro pelog, galeri pameran, dan penginapan untuk umum, perjalanan menikmati kebudayaan Jawa semakin terasa nyaman. Segera saja berkunjung ke Museum Rumah Budaya Tembi dengan menghubungi telepon (0274) 368000, 368004, faksimile (0274) 360001 atau akses melalui www.tembi.org

Sumber dari

http://www.penebar.com/2012/02/museum-rumah-budaya-jawa-tembi.html

http://tembi.net/

https://id.wikipedia.org/wiki/Museum_Tembi

https://id.wikipedia.org/wiki/Museum_Rumah_Budaya_Tembi

Museum Rumah Budaya Tembi, Pendiri Rumah Budaya Tembi, Koleksi Museum Rumah Budaya Tembi, Objek Studi Wista, Tempat Studi Wisata, Objek Studi Tour Kerjakan PR Online Mudah, Bantuan Kerjakan PR, Pahami Dalam Kerjakan PR , Privat Guru Online, Guru Online, Privat Online Indonesia, Belajar Privat Online, Privat Online Jogja. Les Privat (Belajar Mandiri) Bahasa Indonesia untuk Orang Asing.   Privat bagi mahasiswa yang sibuk, Privat Matematika Mahasiswa, Privat Statistik Matematika.  Les privat (Belajar Mandiri) Baca Al Quran, focus untuk baca Al Quran bagi Anak, Baca Al Quran bagi Remaja, dan Prvat Baca Al Quran bagi Dewasa