UA-226133185-1
0812 1566 3955 [email protected]

Pembelajaran CIRC Melatih Siswa untuk Belajar Mandiri ; Pembelajaran CIRC menjadi salah satu metode pembelajaran yang cukup efektif untuk dipilih. CIRC sendiri adalah singkatan dari Cooperative Integrated Reading and Composition. Maknanya adalah program komprehensif untuk mengajarkan siswa membaca dan menulis pada sekolah dasar di tingkat tinggi.

Metode yang satu ini bertujuan untuk membuat siswa lebih memahami isi bacaan.CIRC bertujuan agar siswa mampu mereproduksi apa yang telah mereka pahami dari bacaan tersebut.

Tujuan Pembelajaran CIRC

Saat ini, banyak metode pembelajaran yang bisa kita pilih. Namun, pastinya memilih metode yang paling tepat adalah sesuatu yang mungkin cukup sulit untuk dilakukan. Namun, kita harus berusaha memilih metode yang tepat.

Nah, salah satu metode yang baik untuk pembelajaran adalah metode CIRC. Hal itu terlihat dari tujuan adanya metode pembelajaran ini. Nah apakah tujuan dari metode pembelajaran ini?

Melalui kajianpustaka.com, Slavin (2010:202-204) mengungkapkan tujuan dari metode CIRC.

1. Membaca Lisan

Membaca lisan ini berarti memberikan kesempatan kepada siswa untuk bisa membaca keras. Dengan membaca keras ini juga mengharuskan siswa menerima umpan balik dari audien atau kelompoknya.

2. Kemampuan memahami Bacaan

Dalam kegiatan ini, siswa dan kelompoknya membaca bersama-sama sehingga mereka harus memahami arti bacaan dari tulisan yang mereka baca.

3. Menulis dan Seni Berbahasa

Pengembangan metode CIRC dalam pelajaran menulis dan seni berbahasa yakni untuk merancang, mengimplementasikan, sekaligus mengevaluasi pendekatan proses menulis di pelajaran menulis maupun seni berbahasa. Kita harus melakukan kegiatan ini secara berkelompok.

Metode yang satu ini memang cukup baik. Hal itu akan merangsang siswa untuk lebih aktif dalam belajar. Hal ini memang akan sedikit mengurangi peran dari guru.

Namun, guru harus tetap mengawasi pembelajaran, meskipun siswa diminta untuk mandiri. Guru harus menjadi pengawas dan pengarah dari kegiatan ini. Sehingga pemahaman siswa pun menjadi lebih maksimal.

Nah, kita dapat mengetahui tujuan dari metode pembelajaran CIRC. Tujuan pembelajaran ini memang sangat bagus. Semua pihak harus mendukung agar metode ini dapat memberikan manfaat maksimal.