UA-226133185-1
0812 1566 3955 [email protected]

Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Memahami Materi ; Pengaruh media pembelajaran terhadap minat siswa sangat terasa. Semakin menarik media belajar, maka semakin tinggi juga minat belajar para siswa.

Media belajar pun sangat beragam, apalagi dengan kemajuan teknologi saat ini. Efeknya, materi pelajaran jadi lebih digemari para siswa karena tidak monoton.

Bagaimana Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Minat Siswa?

Menurut Gerlach dan Elly di dalam bukunya, “Teaching and Media”, terdapat beberapa golongan media:

  • Benda sesungguhnya.
  • Presentasi verbal.
  • Presentasi grafis.
  • Potret diam (still picture).
  • Film (motion picture).
  • Rekaman suara (audio recorder).
  • Program atau “pengajaran berprogram”.
  • Simulasi.

Media-media tersebut bisa membantu proses belajar siswa. Semua media bisa mempengaruhi konsentrasi siswa selama mempelajari materi.

Jadi, tidak heran jika media belajar menjadi salah satu cara atau alat bantu di dalam proses belajar mengajar. Media ini akan merangsang pola pembelajaran agar mampu menunjang keberhasilan dari proses belajar, sehingga jauh lebih efektif.

Pada umumnya, media belajar visual jauh lebih efektif untuk siswa. Pengaruh media pembelajaran terhadap minat siswa bisa meningkat cukup pesat.

Misalnya, media belajar yang paling umum digunakan adalah peta atau globe. Ini merupakan media yang cocok di dalam mata pelajaran tertentu.

Manfaat Media Belajar

Ada banyak sekali manfaat dari penggunaan media belajar. Manfaat pertama adalah membawa kesegaran dan juga variasi bagi pengalaman belajar siswa.

Daripada hanya menggunakan metode biasa, media belajar memang jauh lebih menonjol. Siswa bisa jadi lebih tertarik untuk mengamatinya.

Manfaat lainnya adalah mampu memberikan pengalaman yang nyata terhadap siswa. Jadi, media belajar akan membantu siswa dalam memvisualisasikan imajinasi mereka terhadap suatu materi.

Selain itu, media belajar juga cenderung akan meningkatkan rasa penasaran pada para siswa. Mereka jadi ingin tahu mengenai apa yang ada di dalam media tersebut. Hal ini akan meningkatkan motivasi belajar pada siswa.

Dilihat dari manfaatnya, pengaruh media pembelajaran terhadap minat siswa sangatlah nyata. Penggunaan media ini akan jauh lebih efektif untuk siswa. Mereka jadi dapat memahami materi dengan mudah dan bahkan mengingatnya dalam waktu yang cukup lama.