fbpx
0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Pengertian Pendidikan Dasar SMP Sekolah Menengah Pertama (disingkat SMP) adalah jenjang pendidikan dasar pada pendidikan formal di Indonesia setelah lulus dari Sekolah Dasar (SD atau sederajat). Sekolah menengah pertama ditempuh dalam kurun waktu 3 tahun (kelas 7 sampai kelas 9). Dulunya sekolah menengah pertama ini pernah disebut sebagai Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), hingga pada tahun ajaran 2003-2004 SLTP diganti dengan sebutan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Beberapa kategori serupa / setahap dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP atau sederajat) diantaranya:

  1. Madrasah Tsanawiyah (MTs)
  2. Kelompok Belajar / Program Paket B

Sekolah menengah yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun swasta. Sejak pelaksanaan otonomi daerah pada tahun 2001, pengelolaan sekolah menengah pertama di Indonesia yang sebelumnya berada di bawah Departemen Pendidikan, kini menjadi tanggung jawab daerah pemerintah kabupaten / kota. Sedangkan Departemen Pendidikan hanya bertindak sebagai regulator dalam bidang standar nasional pendidikan. Secara struktural, sekolah menengah pertama adalah unit teknis pelayanan pendidikan kabupaten / kota.

Di Indonesia mulai diberlakukan program wajib belajar 9 tahun yaitu antara usia 7-15 tahun, ini artinya setiap warga negara Indonesia wajib mendapatkan pendidikan mulai dari Sekolah Dasar (SD atau sederajat) sampai Sekolah Menengah Pertama (SMP atau sederajat).

Para siswa yang telah berhasil atau dinyatakan “Lulus” pada tingkat ini bisa melanjutka ketahap pendidikan diatasnya, yaitu diantaranya sebagai berikut:

  1. Sekolah Menengah Atas / Kejuruan
  2. Madrasah Aliyah / Kejuruan
  3. Kelompok Belajar / Program Paket C

Demikian catatan tentang sekolah menengah pertama ini saya tulis, dan saya rangkum dari beberapa sumber seperti wikipedia dan lain-lain. Semoga bermanfaat kawan 🙂

Pada masa penjajahan Belanda, sekolah menengah tingkat atas disebut sebagai meer uitgebreid lager onderwijs (MULO). Setelah Indonesia merdeka, MULO berubah menjadi sekolah menengah pertama (SMP) pada tanggal 13 Maret 1946.

Pada tahun ajaran 1994/1995 hingga 2003/2004, sebutan SMP berubah menjadi Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP)

Setelah tahun ajaran 2003/2004, SLTP berubah lagi menjadi SMP.

https://id.wikipedia.org/wiki/Sekolah_menengah_pertama

Madrasah tsanawiyah (disingkat MTs) adalah jenjang dasar pada pendidikan formal di Indonesia, setara dengan sekolah menengah pertama, yang pengelolaannya dilakukan oleh Departemen Agama. Pendidikan madrasah tsanawiyah ditempuh dalam waktu 3 tahun, mulai dari kelas 7 sampai kelas 9.

Murid kelas 9 diwajibkan mengikuti Ujian Nasional (dahulu Ebtanas) yang memengaruhi kelulusan siswa. Lulusan MTs dapat melanjutkan pendidikan ke madrasah aliyah atau sekolah menengah atas/sekolah menengah kejuruan.

Kurikulum madrasah tsanawiyah sama dengan kurikulum sekolah menengah pertama, hanya saja pada MTs terdapat porsi lebih banyak mengenai pendidikan agama Islam. Selain mengajarkan mata pelajaran sebagaimana sekolah dasar, juga ditambah dengan pelajaran-pelajaran seperti:

  1. bahasa indonesia
  2. ipa
  3. matematika

https://id.wikipedia.org/wiki/Madrasah_tsanawiyah

Kurikulum

  1. Agama
  2. BTQ (Khusus Untuk Kelas 7)
  3. Kewarganegaraan
  4. Jasmani dan Kesehatan
  5. Teknologi Informatika dan Komunikasi
  6. Bahasa Indonesia
  7. Bahasa Inggris
  8. Bahasa Daerah
  9. Bahasa Asing
  10. Matematika
  11. Ilmu Pengetahuan Alam
    1. Fisika
    2. Biologi
    3. Kimia
  12. Ilmu Pengetahuan Sosial
    1. Geografi
    2. Ekonomi
    3. Sejarah
  13. Seni Budaya dan Keterampilan

Kurikulum 2013

  1. Pendidikan Agama
  2. Pendidikan Kewarganegaraan
  3. Bahasa Indonesia
  4. Matematika
  5. Ilmu Pengetahuan Alam
  6. Ilmu Pengetahuan Sosial
  7. Bahasa Inggris
  8. Seni Budaya dan Keterampilan
  9. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
  10. Prakarya

 

Bimbel SMP MTs Jenius Jogja

Bimbel SMP MTs Jenius Jogja

Sumber dari

https://id.wikipedia.org/wiki/Madrasah_tsanawiyah

https://id.wikipedia.org/wiki/Sekolah_menengah_pertama

Tujuan Pendidikan Tingkat Satuan Pendidikan

http://www.catatansimade.tk/2015/03/pengertian-sekolah-menengah-pertama.html

http://www.mygodisone.com/2016/02/pengertian-pendidikan-sekolah-menengah.html

Pengertian SMP, Pengertian MTs, Pengertian SMP MTS, Privat SMP, Privat MTs, Les Privat SMP Jogja, Guru Privat SMP Jogja, Tempat Privat SMP Jogja, Privat Kelompok Jogja. Kerjakan PR Online Mudah, Bantuan Kerjakan PR, Pahami Dalam Kerjakan PR , Privat Guru Online, Guru Online, Privat Online Indonesia, Belajar Privat Online, Privat Online Jogja. Les Privat (Belajar Mandiri) Mapel SD/MI Mapel  SD MI dan Bahasa Daeraj (Jawa).  Les Privat (Belajar Mandiri) Mapel SMP/MTs Mapel  SMP MTs dan Bahasa Daerah (Jawa). Privat Bahasa Jawa Jogja, Guru Privat Bahasa Jawa, Belajar Privat Bahasa Jawa, Tempat Privat Bahasa Jawa, Guru Belajar Privat Jawa, Tempat Les Bahasa Jawa, Lokasi Privat Bahasa Jawa, Belajar Bahasa Jawa Privat, Privat Bahasa Daerah