0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Kembang dan anak adalah hal yang senada dalam kehidupan, terutama dalam masyarakat timur termasuk Indonesia. Anak akan memberikan warna dan bau ke masyarakat sekitar kita. Kalau saudara atau teman yang lama sudah tidak ketemu, maka yang ditanyakan salah satunya adalah anak kita sudah berapa, sekolah dimana? Ini adalah hal yang penting karena anak akan meneruskan buah kehidupan kita. Seperti apa hasilnya tentu akan mencerminkan diri kita sendiri.

Fenomena lainnya adalah anak yang berprestasi yang ditanyakan pasti dia anaknya siapa? Orang tuanya siapa?

Mengapa anak bisa berprestasi tentu banyak faktor yang menjadi pendukungnya. Namun ada hal-hal penting yang sangat mendukung anak bisa berprestasi dengan baik, adalah:

  1. Faktor dari bimbingan orang tua,
  2. Faktor dari lingkungan tempat tinggal,
  3. Faktor dari Sekolah dan Guru
  4. Faktor dari teman pergaulan sehari-hari.

 

Dalam bahasa sehari-hari kata orang tua dan guru sebenarnya hampir sama. Percakapan kita biasa menggunakan kedua kata itu hampir sama. Orang tua kita adalah guru yang pertama kita kenal. Ini betul karena sejak lahir anak akan diasuh oleh orang tuanya, kemudian setelah agak besar umur balita diasuh oleh nenek atau pengasuhnya. Inilah lingkungan kedua yang ia kenal. Lingkungan utama ini dikenalkan sebagai guru kedua. Setelah menginjak besar anak akan masuk kependidikan awal seperti PUAD, TK, SD dan selanjutnya sampai PT. Di lingkungan ketiga ini anak mengenal pendidikan formal yang mengenal istilah guru.

Maka untuk  orang tua siswa dan guru dapat mengikuti  Pendidikan dan Pelatihan atau Diklat guru, bidang Media Pengajaran Berbasis Multimedia, Diklat Guru bidang Software Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Sekolah, Diklat guru dan Pegawai Disdik bidang Pemetaan dan Pendataan Pendidikan dan Sekolah berbasis Digitalmap Geografi,  Diklat guru dan Pegawai Disdik bidang Penelitian, Olah dan Analisis data Ilmiah untuk Penulisan Karya Ilmiah Pendidikan, Pendidikan dan Pelatihan atau Diklat guru dan Pegawai Disdik bidang Internet pendidikan dan Membangun Webblog dan Websites Sekolah dan Pendidikan, Diklat dan pelatihan komputer untuk  TU dan administrasi sekolah.

 

Namun dalam kata sehari-hari guru juga mempunyai tugas mendidik, memotivasi, bukan hanya mengajar saja ilmu pengetahuan. Maka tugas guru di juga bertanggungjawab terhadap perkembangan afektif anak. Di sinilah guru berperan sebagai orang tua, dan dikenal dengan guru adalah orag tua kedua.

Kadang anak itu juga sangat fanatik kepada gurunya. Coba anak kalau diajari orang tuanya, akan berkata, “Kata bu / pak guru seperti ini”. Ini menunjukan bahwa kemampuan guru dalam memotivasi anak sangat penting untuk memacu peningkatan prestasi anak. Di samping itu guru juga mempunyai kompetensi kepribadian yang kuat untuk menjadi teladan bagi kelangsungan perkembangan sikap dan mental anak didik.

Kalau di lihat dari banyaknya waktu dan intensitas pergaulan anak adalah lebih banyak diasuh oleh lingkungan orang tua atau rumah. Anak di sekolah rata-rata hanya 6-7 jam sehari, maka di luar sekolah masih ada sekitar 17 jam sehari. Selama ini semua beban jadi tanggungan sekolah. Kurang tepat karena data lebih banyak di luar.

Semua lingkungan sama-sama mempunyai andil yang besar dalam meningkatkan prestasi dan membangun kepribadian dan mental anak didik.  Untuk orang tua siswa dan guru mengikuti  Pendidikan dan Pelatihan atau Diklat guru, bidang Media Pengajaran Berbasis Multimedia, Diklat Guru bidang Software Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Sekolah, Diklat guru dan Pegawai Disdik bidang Pemetaan dan Pendataan Pendidikan dan Sekolah berbasis Digitalmap Geografi,  Diklat guru dan Pegawai Disdik bidang Penelitian, Olah dan Analisis data Ilmiah untuk Penulisan Karya Ilmiah Pendidikan, Pendidikan dan Pelatihan atau Diklat guru dan Pegawai Disdik bidang Internet pendidikan dan Membangun Webblog dan Websites Sekolah dan Pendidikan, Diklat dan pelatihan komputer untuk  TU dan administrasi sekolah. Privat Calistung Jogja, Privat Baca Tulis, Privat Berhitung TK, Privat TK PAUD Jogja, Guru Privat TK Jogja, Tempat Privat TK PAUD, Guru Les Privat Jogja, Privat TK guru Datang