0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta punya Visi dan Misi Unggul

Visi :

MENGHASILKAN KADER MUHAMMADIYAH YANG UNGGUL, BERAKHLAK MULIA, MANDIRI, TERAMPIL, DAN CAKAP MENGGUNAKAN TEKNOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN PARTISIPATIF.
Misi :

  1. Menyelenggarakan pembelajaran partisipasif untuk menghasilkan kader yang mandiri.
  2. Menyelenggarakan pembelajaran partisipasif untuk menghasilkan kader yang berakhlak mulia.
  3. Menyelenggarakan pembelajaran partisipasif untuk menghasilkan kader yang terampil.
  4. Menyelenggarakan pembelajaran partisipasif untuk menghasilkan kader yang cakap menggunakan tekhnologi.

SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta adalah sebuah lembaga pendidikan Muhammadiyah yang terletak didaerah istimewa Yogyakarta dan berdiri pada tanggal 12 maret 1989. SMA Muhammadiyah 6 beralamat di jalan K.H Wahid Hasyim No.16 Yogyakarta dan merupakan salah satu sekolah swasta dikota Yogyakarta yang mendapat predikat akreditasi A.

SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta ialah sekolah RPBKL (Rintisan Sekolah Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal) yaitu sekolah yang memberikan kemampuan lokal atau life skill kepada siswanya, seperti kemampuan TIK(Teknologi Informasi dan Teknologi) dan Tata Boga. Hal itu didasarkan pada SK Direktorat Pembinaan SMA No. 462.d/C4/2007 tanggal 14 Mei 2007 yang isinya : Sekolah yang memberikan program keunggulan lokal kepada siswa untuk memberikan ketrampilan khusus kepada lulusan SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta” SMA Muhammadiyah 6 terkenal sebagai sekolah ”programer” hal ini didasarkan atas kualitas pendidikan IPTEK (ilmu pengetahuan) maupun IMTAQ(iman dan taqwa) yang teraplikasi dalam pembelajaran berbasis ICT(Information and Communication Technology).

SMA Muhammadiyah 6 telah menerapkan sistem pembelajaran yang mandiri yang bertujuan untuk meningkatkan peran siswa dalam memperoleh materi pelajaran. Selain itu, pihak sekolah telah menggunakan moving class yang bertujuan untuk melatih kemandirian dan memberi wawasan kepada siswa terhadap perkembangan pendidikan dunia global yang berkembang dengan pesat. Diaplikasikannya pembelajaran berbasis ICT di SMA Muhammadiyah 6 yogyakarta memiliki tujuan sebagai berikut :

  1. Memperluas kesempatan belajar
  2. Meningkatkan efisiensi proses pembelajaran
  3. Meningkatkan kualitas pembelajaran
  4. Memfasilitasi pembentukan keterampilan
  5. Mendorong belajar sepanjang hayat dan berkelanjutan

Tingkat motivasi guru dalam mengajar kepada siswa meliputi standar isi, standar kompetensi lulusan, standar analisis untuk membedakan standar kompetensi dasar kedalam perangkat yang akan dibuat. Yaitu dengan melalui analisis pemetaan; yang ada di standar isi yang meliputi aturan -aturan pemetaan SKKD ,dan kemudian dituangkan kedalam silabus,dan guru juga langsung bisa membuat LPJ.Tetapi untuk ditingkat sekolah harus mengimplementasikan integrasi kedalam Visi dan Misi sekolah kedalam kegiatan pembelajaran . Visi dan Misi sekolah itu harus diimplementasikan guru kedalam perangkat pembelajaran.

 

SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta Gedung

SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta Gedung

SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta Penghargaan

SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta Penghargaan

SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta Siswa Baru

SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta Siswa Baru

Dalam tahap sertifikasi guru di SMA MUHAMMADIYAH 6 YOGYAKARTA 50% telah disertifikasi bahkan bisa mencapai lebih. Untuk tahap kelulusan siswa pada tahun –tahun sebelumnya rata-rata lulus semua , hingga pada tahun 2011 siswa SMA MUHAMMADIYAH 6 YOGYAKARTA 100 % telah lulus seluruhnya. Dan SMA MUHAMMADIYAH 6 YOGYAKARTA tersebut termasuk kedalam kategori peringkat tertinggi dari SMA yang ada di Yogyakarta ini. Pendidikan itu adalah perubahan, jadi untuk pengembangan peningkatan taraf ilmu pengetahuan di SMA MUHAMMADIYAH 6 YOGYAKARTA dipilih guru yang profesional dan baru dari lulusan universitas karena diharapkan masih memiliki pengetahuan dan skill yang  baru, dan hal itu berbeda dengan guru-guru sebelumnya atau yang sudah menduduki peringkat lama, maka pengetahuan yang dimiliki juga terbatas untuk mencapai tahap yang baru. Selain itu untuk taraf penerimaan guru baru di SMA MUHAMMADIYAH 6 YOGYAKARTA adalah dengan uji tes dari PDM. Dan setiap mata uji yang dikirim ke sekolah hanya 3 macam, yaitu uji mikro teaching, komitmen dengan sekolah, dan guru praktek. Untuk guru praktek misalnya guru TI dan OLAH RAGA, semua itu  harus melalui uji kompetensi. Dalam  ketiga mata uji tersebut di ujikan di sekolah kemudian  mata uji yg lain di ujikan  dari PDM. Misalnya, uji baca Al-Qur’an, solat, wundhu, dan Psikotes. Dan semua guru yang ada di SMA MUHAMMADIYAH 6 YOGYAKARTA adalah pilihan yang terbaik.

Video Outdoor Tourism

https://www.youtube.com/watch?v=Xh85OKpydI8

https://www.youtube.com/watch?v=0imiRnxmK6k

Kemudian untuk memberikaan  subsidi terhadap siswa yang kurang mampu di SMA MUHAMMADIYAH 6 YOGYAKARTA dari pihak sekolah tidak menarik biaya sekolah dari orang tua siswa, karena rata-rata siswa terdiri dari 1/3 KMS ( Kartu Menuju Sejahtera) Se Yogyakarta. Untuk menunjang hal tersebut dari pihak sekolah memberikan berupa beasiswa-beasiswa yang terdiri dari BKM, dan APBM, BPD. Untuk fasilitas yang ada yaitu diantaranya perpustakaan, dan  lap IT. Karena sekolah SMA Muhammadiyah 6 berbasis IT, jadi semua guru harus bisa melaksanakan pembelajaran yang berbasis IT mulai dari perangkat administrasi dan media online.

SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta dari dulu sederhana dan prihatin dengan keadaan sekolah dan jumlah siswanya yang hanya terdiri sebanyak 90 siswa. Kemudian untuk menunjang SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta yaitu dengan adanya bantuan dari APBMP guna untuk membangun gedung dan fasilitas sekolah untuk lebih maju.

Adapun kegiatan ekstrakurikuler yaang ada di SMA MUHAMMADIYAH 6 YOGYAKARTA terdiri dari dua macam kegiatan,yaitu meliputi kegiatan wajib dan memilih. Untuk kegiatan yang wajib terdiri dari HW dan Drum Band. Kemudian yang sifat memilih terdiri dari Olah raga yang meliputi Olah raga Voly,tenis meja, badminton.Kemudian untuk bidang yang akademis meliputi  english club confersation , skill robotika, dan desain grafis.

Untuk program unggulan yang dipilih dari pihak SMA MUHAMMADIYAH 6 YOGYAKARTA adalah IPS dan IPA. Kedua mata pelajaran tersebut dipilih dengan tujuan untuk meluluskan siswanya 100% dalam bidang tersebut,dengan harapan lulusan siswa tersebut bisa lebih mudah masuk ke perguruan tinggi Negeri. Dan untuk menindaklanjuti siswa yang belum berprestasi dari pihak sekolah melakukan suatu peninjauan terhadap siswa yaitu dengan cara memberikan pelajaran tambahan berupa les dan memperbanyak latihan-latihan soal.

Dalam sistem perencanaan PAI di SMA MUHAMMADIYAH 6 YOGYAKARTA mengacu pada kurikulum yang sudah dibakukan oleh majelis DIDASMEN PWM termasuk dalam program ISMUBA yang ada. Selain itu rencana strategis agar lebih maju dan berkembang sekolahan tersebut sudah memiliki program jangka panjang. yaitu terbentuknya keder Muhammadiyah. Strategi itu meliputi 3 staff.yaitu adanya waka kurikulum,waka kesiswaan,waka koordidator,yg semuanya memiliki program masing-masing.Untuk pembelajaran yang  digunakan harus berbasis aveksi,(amaliah,sikap,) dan siswa diharapkan  saat terjun ke masyarakat mampu mengapresiasikan diri kedalam peran uswatun hasanah.

Metode yang digunakan untuk mempromosikan sekolah dengan cara sosilisasi ke SMP-SMP yang dilakukan oleh beberapa guru dan siswa (OSIS).Selain itu,sekolah juga menggunakan media internet, seperti Webside agar sekolah dikenal diseluruh lapisan masyarakat dan umum.

Sumber dari

http://eprints.uny.ac.id/7188/

http://smamuh6yk.blogspot.co.id/p/profil.html

https://id.foursquare.com/v/sma-muhammadiyah-6-yogyakarta/4c6dcf855d089c74962a03c3

SMA Muhammadiyah 6 Jogja, Profil SMA Muhammadiyah 6 Jogja, Sejarah SMA Muhammadiyah 6 Jogja, Privat Jogja, Guru Privat Jogja, Belajar privat Jogja.Privat Guru Online, Guru Online, Privat Online Indonesia, Belajar Privat Online, Privat Online Jogja Pelatihan Kewirausaan Bagi Ibu Rumah Tangga dan Remaja. Privat Bisnis Remaja, Peluang Bisnis Remaja, Bisnis bagi Ibu rumah Tangga, Bisnis Ibu Rumah tangga, Bisnis Profit Ibu Rumah. Pelatihan Parenting bagi Ibu Bapak dan Pengasuh anak. Diklat Parenting, Pola Asuh Parenting, Pendidikan Anak Usia Main, Belajar Parenting, Privat Parenting, Privat Ibu Asuh.