fbpx
0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

SMKN Negeri Teknik Industri SMTI Yogya SEKOLAH MENENGAH TEKNOLOGI INDUSTRI YOGYAKARTA Jurusan Kimia Industri Analis Teknik Mekatronika berada di Jl. Kusumanegara No. 3 Umbulharjo, Yogyakarta 55166 Telp. 0274-513201 website : http://www.smtijogja.sch.id/
Kompetensi Keahlian / Jurusan dan Akreditasi:
1. Kimia Industri – A
2. Kimia Analis – A
3. Teknik Mekatronika –

Visi Misi & Tupoksi

Visi :
Menjadi lembaga pendidikan kejuruan unggul yang menghasilkan lulusan kompeten, berkarakter, dan mampu bersaing di pasar global

Misi :

Menyelenggarakan pendidikan kejuruan formal berstandar internasional.

Menjalin kerjasama dengan dunia usaha / industri Nasional dan Internasional.

Menerapkan budaya professional untuk meningkatkan karakter peserta didik.

Tugas Pokok SMK-SMTI Yogyakarta :

Melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan  sesuai Kurikulum yang ditetapkan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Industri   Kementerian Perindustrian serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional

Melaksanakan upaya peningkatan mutu lulusan ,dengan jalan selalu mengevaluasi kurikulum yang dipakai dan meyempurnakannya sesuai kebutuhan pasar kerja.

Membina hubungan kerjasama dengan dunia usaha, dunia industri, orangtua siswa dan alumni serta masyarakat pada umumnya.

Melaksanakan Bimbingan dan Penyuluhan bagi  siswa.

Melaksanakan pengadaan dan pemeliharaan   alat perlengkapan   dan bahan proses    belajar- mengajar dan pelatihan praktek siswa sesuai tuntutan kurikulum yang berlaku.

Melaksanakan pengembangan Sumber Daya Manusia guru maupun karyawan dalam mendukung tercapainya tujuan institusi.

Melaksanakan Urusan Tata Usaha dan Administrasi Pendidikan.

 

SMK-SMTI Yogyakarta, Komitmen Untuk Menjamin Lulusan Berdaya Saing Global

Sudah 68 tahun SMK-SMTI Yogyakarta menjadi sekolah yang dipercaya oleh industri-industri besar. Menanggapi perkembangan dunia akademis yang begitu pesat, SMK-SMTI Yogyakarta mengembangkan kurikulum berstandar internasional. Hal ini dibuktikan dengan menggandeng VAPRO International yang berpusat di Belanda.

Menurut Kepala SMK-SMTI Yogyakarta, Dra. Tri Ernawati, M.Si, dengan strategi tersebut maka materi pembelajaran SMK-SMTI Yogyakarta memenuhi standard Eropa untuk bidang Health Safety and Environment, Control Process, Proses Industri Kimia Maintenance & Laboratory Manajemen.

Selain menggadeng VAPRO, SMK-SMTI Yogyakarta juga telah menerapkan kelas Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional. Untuk merealisasikan visi kelas RSBI, SMK-SMTI Yogyakarta mengadakan program unggulan. Staf pengajar yang dihadirkan berasal dari kalangan dosen, praktisi professional dan native speaker. Selain itu, dikembangkan pula proses belajar berbasis IT dan digital library, home stay village, kunjungan ke industri, outdoor activity, table manner dan sebagainya.

UNtuk kelompok sains, matematika dan kimia, proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan bahasa inggris, ditambah dengan ekstra wajib bahasa Jepang. Untuk menjaga proses belajar tetap optimal, jumlah siswa per kelas pun maksimal 36 orang. Setiap tahun, ada sekitar 85 – 90 persen lulusan SMK-SMTI Yogyakarta ditempatkan di sektor industri.

Sudah menjadi kewajiban sebuah lembaga pendidikan untuk mendukung pengembangan SDM yang mandiri, produktif, kreatif dan kompetitif di kancah internasional. Keseluruhan strategi ini dirancang SMK-SMTI untuk melahirkan lulusan yang memenuhi kualifikasi dan berdaya saing global

PRESTASI SMK-SMTI Yogyakarta

Memperoleh penghargaan sebagai SMK penyelenggara UN yang berintegritas tinggi dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI tahun 2015

Memperoleh penghargaan kinerja terbaik dari Kementerian Perindustrian

Meraih Citra Pelayanan Prima dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara

Memperoleh Sertifikasi ISO 9001:2008

Akreditasi A

Setiap tahun lulus 100% pada UN dan memperoleh peringkat 1 SMK se-Kota Yogyakarta (dari 32 SMK) dan peringkat 2 se-Propinsi DIY (dari 211 SMK) pada tahun 2016

Program Keahlian

SMK-SMTI Yogyakarta mempunyai 2 jurusan yakni :

Kimia Industri

Kimia Analisis

dimana kedua jurusan diatas sudah terakreditasi ‘A’ olen BAN PT

Mitra Internasional

Untuk mewujudkan kualitas lulusan yang berdaya saing global, SMK-SMTI Yogyakarta bekerja sama dengan VAPRO International yang berpusat di Belanda sehingga standar Jaminan Kualitas (Quality Assurance) adalah standar Eropa, dalam bidang :

HSE (Health Safety and Environment)

Course Curriculum

Laboratory Manajemen

DU / DI Instansi Pengguna Lulusan SMK-SMTI

 

PT. Kansai Prakarsa Coatings, Tangerang

PT. Ferron Phar Pharmaeutical, Cikarang

Perum Peruri, Cikarang

PT. Pupuk Kaltim, Bongtang, Kaltim

PT. Petrokimia, Gresik

PT. Smart Tbk, Marunda, Bekasi

PT. Konimex Pharmaceutical, Solo

PT. Novel Pharmaceutical, Demak

Qatar Vinyl Chloride, Doha-Qatar

Oriental Petrochemical Co, El Suez-Egypt

PT. Pharos Indonesia, Jakarta

PT. Essence Indonesia IFF, Jakarta

PT. Intertek Multi Testing, Jakarta

PT. Citra Resin, Cikande, Serang

PT. Paragon Techn & Innovation, Tangerang

PT. Mitsubishi Chemical, Merak

PT. Tiga Pilar Sejahtera Foods, Sragen

PT. Forisa Nusa Persada, Tangerang

PT. Propan Raya ICC, Tangerang

Yanbu National Petrochemical, Saudi Arabia

Borouge Polymer, Abu Dhabi, Middle East

Petrorabiqh, Saudi Arabia, Middle East

PT. Chandra Asri Petrochemical, Cilegon

PT. Asahimas Chemical, Cilegon

PT. Torabika Eka Semesta, Tangerang

PT. Kaltim Parna Industri, Bontang, Kaltim

Shell, Qatar, Middle East

PT. Batara Elok Semesta, Gresik

PT. Mitra Pesona, Serang

PT. Batu Bauksit Bajarau, Ketapang, Kalbar

Sanbe Farma, Jakarta

Equate Petrochemical Co, Kuwait, Middle East

PT. Pura Barutama, Kudus

PT. Kalbe Farma, Cikarang

PT. Air Mancur, Solo

PT. Salim Ivomas, Pluit

PT. Evonik Degussa, Cikarang

Asada Co, Ltd, Japan

PT. MC PET Indonesia, Merak, Banten

PT. Evonik Sumi Asih, Bekasi

PT. Prakarsa Alam Segar, Bekasi

PT. Unican Surya Agung, Serang

PT. Mandira Batam

PT. Dharma Satya Nusantara, Temanggung

PT. Ceres Indonesia

PT. Dion Farma, Yogyakarta

Abu Dhabi Gas Liquefaction, Abu Dhabi, Middle East

PT. Indo Acidatama, Solo

PT. Indo Taichen, Tangerang

LAPAN, Bogor

PT. Berlico Mulia Farma Pharmaceutical, Yogyakarta

PT. Citra Warna Abadi, Solo

Sejarah Singkat

Setelah bangsa Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945, maka akibat Clash yang pertama dengan pemerintah Kolonia Belanda, Pemerintah Pusat Republik Indonesia pindah kedudukan dari Jakarta ke Yogyakarta.

Kementrian Kemakmuran sebagai salah satu dari Kementrian yang ada, pada masa itu pindah berkedudukan di Kota Magelang. Kepal Bagian Pendidikan dari Pusat Jawatan Perindustrian dan Kerajinan dari Menteri Kemakmuran adalah Bapak Soekarnen Kertoredjo seorang yang energik dan berpandangan jauh, timbul inisiatif pada tahun 1947 untuk mendirikan Sekolah Teknologi Menengah Atas (STMA) dan berkedudukan di kota Magelang.

Beliau yakin bahwa disamping Bangsa Indonesia berjuang secara fisik untuk menegakkan Kemerdekaan, haruslah pula difikirkan pembangunan Negara dalam segala lapanga, pandangan beliau telah sampai pada industrialisasi dan untuk ini maka pendidikan tenaga ahli dalam lapangan Teknologi sangat diperlukan.

Bila dilihat dari data yang ada pada waktu itu perhatian masyarakat terhadap berdirinya STMA, cukup besar dan menggembirakan. Sebagaimana tertulis dalam sejarah perjuangan Negara Republik Indonesia, pada bulan Desember 1948 Kolonialis Belanda melancarkan aksinya ke daerah Republik Indonesia sehingga kota Yogyakarta dan Magelang didudukinya. Selama pendudukan ini STMA terpaksa tidak melaksanakan kegiatan pendidikan dan pelajaran.

Setelah pertengahan tahun 1949 Pemerintah Kolonial Belanda meninggalkan seluruh Daerah Yogyakarta sebagai hasil perundingan dengan Pemerintah R.I. di Kaliurang, yang sangat terkenal dinamakan Room Royen Statesmen, maka atas desakan para siswa STMA, kurang lebih akhir tahun 1949 kegiatan STMA dapat dimulai kembali dengan menempati sebagian ruangan gedung Kementrian Kemakmuran di Balapan Yogyakarta.

Surat Keputusan Pengukuhan berdirinya STMA adalah seperti tersebut pada Surat Keputusan Menteri Perekonomian tanggal 20 Juli 1954 Nomor 10606 /M. Alangkah sayangnya sebelum mengetahui perkembangan lebih lanjut, pada tahun 1949 Bapak Soekarnen Kertoredjo meninggal dunia di kota Magelang. Seluruh keluarga STMA menganggap Bapak Soekarnen sebagai pendiri dan Bapak STMA.

Untuk selanjutnya cita-cita dari pada Bapak Soekarnen maka Bapak Soejono Hatmoseputro almarhum yang pada waktu itu sebagai pejabat Kepala Bagian Pendidikan dari Jawatan Perindustrian Kementrian Kemakmuran membimbing dan meneruskan tegaknya STMA.

Dikarenakan gedung bekas Kementrian Kemakmuran di Komplek Balapan Yogyakarta tidak lagi sesuai untuk tempat pendidikan para siswa, maka pada bulan Juni 1956 STMA dengan resmi pindah ke gedung baru yang berada di Jalan Kusumanegara No. 1 (sekarang menjadi Jalan Kusumanegara No. 3) Yogyakarta sampai dengan sekarang.

Sejak berdirinya, murid STMA berasal dari seluruh Indonesia dan mendapatkan ikatan dinas sampai tahun ajaran 1964/1965. Dalam masa perjuangan Pembebasan Irian Barat (Trikora), STMA Yogyakarta termasuk yang pertama menerima putera daerah Irian Barat (Irian Jaya). Disamping itu SMTI Yogyakarta pada awal integrasi pernah juga menerima siswa tugas belajar dari Propinsi Timor TImur.

Dengan berakhirnya ikatan dinas serta telah berdirinya STMA di daerah-daerah maka akhirnya sebagian besar murid dari Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, sebagian dari Propinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur serta sebagian kecil dari luar Jawa.

Pada masa Ikatan Dinas yang siswanya berasal dari berbagai daerah. Setelah selesai pendidikan selanjutnya kembali ke daerah masing-masing. Para alumni STMA yang telah bekerja di daerah, merasa bahwa di daerahnya diperlukan tenaga menengah untuk mengisi perkembangan pembangunan di daerahnya. Oleh sebab itu di beberapa daerah muncul sekolah sejenis STMA Yogyakarta.

Pada tanggal 24 Juni 1985 dengan Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 235/M/SK/6/1985, STMA Yogyakarta termasuk sekolah sejenis yang lain diganti namanya menjadi Sekolah Menengah Teknologi Industri (SMTI) yang berkedudukan di Yogyakarta, Ujung Pandang, Banda Aceh, Tanjung Karang, Pontianak, dan Padang.

Lulusan STMA Yogyakarta dari tahun 1951/1952 sampai sekarang penghargaan ijazah/STTB STMA/SMTI adalah sebagai berikut :

1. Dengan Surat Kementrian Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan tanggal 9 Maret 1955 No. 1267/B/V dihargai sebagai Ijazah Negeri Sekolah Menengah Atas Bagian B.

2. Dengan Surat Kementrian Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan tanggal 27 April 1955 No. 2155/B/V dihargai sebagai Ijazah Negeri Sekolah lanjutan Vak Tingkat Atas.

3. Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 03/C/I/Kep/79 tanggal 13 Januari 1979 dinilai/dihargai setingkat dengan Ijazah/STTB SLTA Negeri Kejuruan.

4. Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tanggal 9 Oktober 1987 Nomor 177/C/Kep/87, Ijazah/STTB SMTI dihargai sama dengan STTB Sekolah Menengah Kejuruan (SMKT) Negeri.

Sekolah Menengah Teknologi Industri (SMTI ) Yogyakarta saat ini  berusia lebih dari 64 (enam puluh empat) tahun. Usia yang dapat dibilang dewasa. Selama itu pula telah terjadi estafet kepemimpinan. Adapun beberapa pimpinan yang telah menduduki jabatan sebagai Kepala SMTI Yogyakarta adalah  sebagai berikut :

Soekarnen Kertoredjo Tahun 1947 – 1949, beliau sekaligus pendiri STMA

Abuyono, tahun 1950 – 1952

Amir Husen Siregar, tahun 1952 – 1953

M. Soewarto, tahun 1953 -1954

Ir. M. Busthanim, tahun 1955 – 1974

Ir .M. Soekmono, tahun 1972 – 1977

Abdullah Syatari, SH., tahun 1977 – 1983

Hadi Soenarno, BSc., tahun 1983 – 1986

Ir. Pietoyo Soekarbowo, tahun 1986 – 1987

Wahidoen Abdoel Aziz, BSc., tahun 1987 – 1994

B. Subanto,BA., tahun 1994 – 1999

Dra. Hj. Surajiyah, MM., tahun 1999 – 2009

Dra. Tri Ernawati, M.Si., tahun 2009 – sekarang

PENGELOLAAN PROGRAM OPEN HOUSE DI SEKOLAH MENENGAH TEKNOLOGI INDUSTRI (SMTI) YOGYAKARTA TAHUN 2014

Nanik, Apriyanti (2015) PENGELOLAAN PROGRAM OPEN HOUSE DI SEKOLAH MENENGAH TEKNOLOGI INDUSTRI (SMTI) YOGYAKARTA TAHUN 2014. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

http://eprints.uny.ac.id/13959/

EVALUASI PELAKSANAAN PRAKTIK INDUSTRI DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Muzawwir, Muzawwir (2016) EVALUASI PELAKSANAAN PRAKTIK INDUSTRI DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

http://eprints.uny.ac.id/40556/

Sumber dari

http://www.carialamat.com/smk-teknologi-industri-yogyakarta-yogyakarta-51608.html

http://www.kesekolah.com/direktori/sekolah/sekolah-menengah-teknologi-industri-yogyakarta-di.html#sthash.kDhbZ56r.dpbs

http://www.smtijogja.sch.id/html/index.php?id=profil&kode=12&profil=Sejarah%20Singkat

https://id-id.facebook.com/pages/SMTI-SMK-N-Teknologi-Industri-Yogyakarta/134242143287111

https://id.foursquare.com/v/smti–sekolah-menengah-teknologi-industri-yogyakarta–/4c2ac2e3b5fbb713e56d49df

SMTI Yogya, SMTI negeri Jogja, SMK Industri Jogja, Jurusan SMK Industri Jogja, Privat SMA, Privat MA SMK, Privat SMA Jogja, Guru Privat SMA, Tempat Privat SMA, Les Privat Jogja SMA, Privat MIPA SMA, Privat IPA SMA

Kerjakan PR Online Mudah, Bantuan Kerjakan PR, Pahami Dalam Kerjakan PR , Privat Guru Online, Guru Online, Privat Online Indonesia, Belajar Privat Online, Privat Online Jogja. Les Privat (Belajar Mandiri) Mapel SD/MI Mapel  SD MI dan Bahasa Daeraj (Jawa).  Les Privat (Belajar Mandiri) Mapel SMP/MTs Mapel  SMP MTs dan Bahasa Daerah (Jawa). Privat Bahasa Jawa Jogja, Guru Privat Bahasa Jawa, Belajar Privat Bahasa Jawa, Tempat Privat Bahasa Jawa, Guru Belajar Privat Jawa, Tempat Les Bahasa Jawa, Lokasi Privat Bahasa Jawa, Belajar Bahasa Jawa Privat, Privat Bahasa Daerah