fbpx
0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta Unggul dalam prestasi dan berwawasan lingkungan. Berada di Alamat : Jl. Kapten Pierre Tendean No. 19 Yogyakarta 55252, Indonesia
Phone : Kampus I No. Telp/Fax (0274) 375158 Website : http://smpmugayogya.sch.id
Email : smpmuh3yk@smpmugayogya.sch.id / smpmugayogya@yahoo.com

VISI SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

 Terwujudnya siswa beriman, Unggul dalam prestasi dan berwawasan lingkungan ”

Indikator visinya adalah :

1. Unggul dalam prestasi akademis, dengan rata-rata UN diatas 8,5.

2. Unggul dalam prestasi non akademis, menjadi juara dalam lomba-lomba tingkat kota dan provinsi.

3. Unggul dalam prestasi budaya dan seni.

4. Unggul dalam prestasi religi.

MISI SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Untuk mencapai visi tersebut perlu adanya tindakan strategis sebagai berikut :

1. Menumbuhkan penghayatan dan pengamalan terhadap ajaran islam melalui pembelajaran Iqro, Tadarus, Alquran
dan Sholat DHuhur berjamaah di sekolah.

2. Menumbuhkan semangat disiplin dalam segala aspek

3. Mendorong siswa untuk mengenali potensi diri dan meningkatkan ketrampilan berbahasa Inggris, Karya Tulis Ilmiah,
PTD dan Komputer

4. Mendorong siswa untuk mengenali potensi diri dan meningkatkan kreativitas dalam seni dan olahraga.

5. Meningkatkan pembelajaran efektif, tuntas minimal tercapai kelulusan 100%

6. Meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan dengan gerakan penghijauan

7. Menerapkan perilaku hidup sehat dan ramah lingkungan

8. Membangun karakter siswa peduli lingkungan dan berbudaya bersih

 

smp-muh-3-yogya-alamat

smp-muh-3-yogya-alamat

smp-muh-3-yogya-logo

smp-muh-3-yogya-logo

smp-muh-3-yogya-siswa

smp-muh-3-yogya-siswa

SEJARAH SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta semula didirikan oleh Pengurus Muhammadiyah ranting Notoprajan (H.Moh. Djazim, Sijaj, MA, Khamdani, H.jalal Mas’oed, S.Saring, Mahmud Abdul Ghani, H.Marsudi, RS) pada tanggal 14 Juli 1951 dengan nama SMP Muhammadiyah 3 Wirobrajan dengan kepala sekolah H. Darwis Syafi’I yang memiliki 60 murid putra dan putrid. Status sekolah swasta penuh yang menempati tanah seluas 1183 m2.

Sebelum SMP Muhammadiyah  Wirobrajan berdiri, telah berdiri terlebih dahulu tiga sekolah SMP Muhammadiyah di Kotamadya Yogyakarta yakni SMP Muhammadiyah Putra di Purwodiningratan yang oleh pengurus Muhammadiyah bagian pengajaran nama sekolah diubah SMP Muhammadiyah I Putra, SMP Muhammadiyah II Putri, dan SMP Muhammadiyah III siang di Purwodiningratan.Pada saat sekolah Muhammadiyah diberi nama sesuai dengan nomor urut berdirinya, maka SMP Muhammadiyah Wirobrajan diberi nama SMP Muhammadiyah IV Wirobrajan..

Pada tanggal 1 Agustus 1959 ada usaha merintis pengembangan sekolah dengan menambah ruang kelas baru dan ruang Tata Usaha sehingga dapat meningkatkan prestasi siswa sehingga status sekolah berubah menjadi sekolah swasta berbantu.

SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta, sejak berdiri sampai dengan sekarang telah mengalami pergantian kepala sekolah sebanyak 12 kali. Kepala sekolah pertama adalah Bapak H. Darwis Syafi’I yang digantikan oleh Bapak Suroso, dilanjutkan oleh Bapak Zainudin Basyar, kemudian dilanjutkan oleh BapakSarwono, dilanjutkan Bapak Moh. Bakir sampai dengan tahun 1964. Tahun pergantian kepala sekolah diantara beliau dan lamanya menjabat tidak terdata dengan jelas.

Tahun 1964 sampai dengan tahun 1972 kepala sekolah dijabat oleh Bapak Muh. Sumardiyono. Sekolah dibenahi terus dengan meningkatkan sarana pendidikan. Pada tahun 1971 diadakan penertiban sekolah Muhammadiyah oleh pengurus Muhammadiyah bagian pengajaran, sehubungan SMP Muhammadiyah III siang di Purwodiningratan sudah tidak ada kegiatan maka SMP Muhammadiyah IV Wirobrajan berubah nama menjadi SMP Muhammadiyah III Yogyakarta.

Pada tahun 1972 – 1974 kepala sekolah dijabat oleh Bapak Drs. Marzuki. Pada tahun ini diadakan penambahan  ruang kelas baru, mushola, dan pembenahan administrasi sekolah untuk mengantarkan SMP Muhammadiyah III Yogyakarta ke status yang lebih baik. Akhir tahun 1974 Bapak Drs. Marzuki pensiun dan digantikan oleh  Bapak Muktar Hamroni, B.A (1974 – 1982). Pada masa ini status sekolah ditingkatkan menjadi sekolah swasta bersubsidi. Karena tidak ada penambahan tanah, maka penamabahan ruang kelas baru dengan cara membuat bagunan bertingkat menjadi 8 ruang kelas untuk belajar.

Tahun 1981 – 1982 kepla sekolah dijabat oleh Bapak Drs. Sutadi sebagai pelaksana harian sehubungan Bapak Mukhtar Hamroni, BA sakit dan tidak dapat menjalankan tugas. Pada tanggal  2 januari 1982. Bapak Suratman,BA yang semula guru SMP Muhammadiyah II Putri Yogyakarta dilantik oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Majelis Dikdasmen Propinsi Yogyakarta menggantikan Bapak Mukhtar Hamroni, BA yang meninggal dunia karena sakit.

Usaha pengembangan sekolah yang dirintis oleh Bapak Mukhtar hamroni, BA dan bapak Drs. Sutadi dilanjutkan oleh Bapak Suratman, BA. Tahap pertama adalah penyelesaian lantai II (atas) sehingga menjadi 11 ruang. Tahap berikutnya  adalah perbaikan 5 ruang kelas lama yang kondisinya sangat memprihatinkan. Pembenahan administrasi dan pembinaan guru, karyawan dan disiplin siswa ditingkatkan sehingga dari tahun ke tahun prestasi siswa meningkat. Kepercayaan masyarakat dan animo masuk SMP Muhammadiyah III Yogyakarta meningkat pula.Status sekolah sejak tahun 1985 berubah menjadi sekolah disamakan yang merupakan wujud kepercayaan dari pemerintah.

Bersama dengan Pimpinan Muhammadiyah Majelis Dikdasmen berserta BP3/IKWAM SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta dikembangkan terus sampai dengan akhir tahun 1991. Di atas tanah 1183 m2 sudah dapat didirikan bangunan bertingkat dengan dana yang berasal dari bantuan presiden dan masyarakat serta dari orang tua/wali murid. Pada tanggal 31 Maret 1991 tanah yang berada di Jalan Piere Tendean 19 diperluas dengan membeli tanah di sebelah timur sekolah seluas 350m2 yang kemudian dibangun menjadi bangunan bertingkat 2 sebanyak 6 ruang. Pada tanggal 14 Juli 1994 SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta mendapat limpahan gedung SD Muhammadiyah Suryowijayan yang terletak di Condonegaran seluas 1085m2 dengan 5 ruang kelas yang merupakan wakaf dari Ibu Supiyah. Gedung tersebut selanjutnya digunakan untk kegiatan ekstrakurikuler. Pada tahun berikutnya, SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta membeli tanah yang berdekatan dengan tanah wakaf seluas 1083m2 sehingga tanah yang berada di Condronegaran menjadi 2165m2. Sehubungan animo masyarakat untuk masuk ke SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta sangant besar dan dalam rangka mendukung program pemerintah wajib belajar 9 tahun, maka SMP Muhammadiyah 3 berusaha meningkatkan daya tampung. Sehubungan tanah yang sudah ada tidak memungkinkan untuk didirikan bangunan atau diperluas, maka pada tanggal 17 November 1995 SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta membeli tanah seluas 1580m2 yang terletak di Gg. Ontoseno Wirobrajan.

Pada tahun 1997 gedung SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta di Condronegaran diminta kembali oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah yang akan digunakan untuk Pendidikan Ulama Tarjih, maka seluruh kegiatan ekstrakurikuler dipindah ke jalan Piere Tendean (UnitI). Sedangkan tanah di Gg. Ontoseno (Unit II) direncanakan akan dibagun ruang kelas khusus untuk kelas III.

Semenjak kepala sekolah SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta dijabat oleh Bapak H Suratman, BA perkembangan fisisk sekolah dan mutu pendidikan berkembang pesat. Rencana pembangunan unit II telah disusun dan dianggarkan oleh Bapak Suratman, BA dan BP3/IKWAM, namun pada tanggal 12 Agustus 1999 Bapak H. Suratman, BA meninggal dunia karena sakit.

Usaha membangun unit II yang dirintis oleh Bapak H. Suratman, BA dilanjutkan oleh Ibu Hj. Suwarti selaku pelaksana harian kepala sekolah. Peletakan batu pertama pembanguna unit II dilaksanakan pada bulan September 1999 dan pembangunan dinyatakan selesai pada bulan Juni 2000. pada tanggal 2 maret 2000, Bapak Drs. Suprapto yang semula guru SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta dilantik oleh Kandepdiknas dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Dikdasmen Propinsi DIY menjadi kepala sekolah di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Pada tahun pelajaran 2000 – 2001 peneriman siswa baru yang semula hanya 5 kelas ditingkatkan menjadi 7 kelas sehingga jumlah keseluruhannya menjadi 17 kelas dengan penempatan kelas I dan II di unit I, kelas III di unit II.

 

Sambutan Kepsek

Pendidikan adalah produk kreatifitas yang sangat luar biasa, aktifitas pendidikan pada hakikatnya adalah sebuah usaha untuk membangun sebuah peradaban yang memerlukan kerja keras dan kesabaran tingkat tinggi. Dari hasil proses pendidikan inilah diharapkan lahir generasi-generasi unggulan sebagai khalifah Allah

Sekolah harus dapat menyajikan proses pembelajaran yang menyenangkan dan sesuai dengan karakter siswanya. Paradigma mengajar dan belajar antara guru dengan siswa harus disamakan supaya proses pembelajaran menjadi lebih bermakna dan menyenangkan. Dalam memahami suatu konsep materi siswa diusahakan dapat mempelajarinya dari akar dan sumbernya, kemudian siswa mengembangkan pemahaman tersebut sesuai dengan imajinasi dan daya nalarnya. Siswa dilatih untuk bersikap kritis, analitis dan berpikir sistematis sehingga setiap gagasan yang dikemukakannya berdasarkan pada dalil dan konsep ilmu yang benar

Sebagaimana kita ketahui bersama, pendidikan tidak hanya merupakan tugas sekolah, tetapi juga merupakan usaha bersama yang berkesinambungan dan terpadu antara siswa, orang tua siswa, dan guru. Oleh sebab itu, kerja sama yang sudah terjalin dengan baik selama ini harus dipertahankan dan terus ditingkatkan

Kemitraan

Berbagai Mitra SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

ICT Eqep Dikpora

Lembaga Bimbingan Belajar GO

Student Book

Geschool.net

Lintas Data Prima ISP

Program Unggulan

1. Menjadi Sekolah Juara LSS Tingkat Nasional
2. Mengembangkan Sikap dan Kompetensi Keagamaan
3. Mengembangkan Potensi Siswa Berbasis Multiple Intelligance
4. Mengembangkan Budaya daerah
5. Mengembangkan Kemampuan bahasa dan Teknologi Informasi
6. Meningkatkan Daya serap Ke Perguruan Tinggi Favorit

Sambutan Komite

Pembentukan komite sekolah ditujukan untuk mewadahi, meyalurkan aspirasi dan prakarsa masyarakat dalam melahirkan kebijakan operasional dan program pendidikan di satuan pendidikan, meningkatkan tanggung jawab dan peran serta aktif dari seluruh lapisan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan, serta menciptakan suasana dan kondisi transparan, akuntabel, dan demokratis dalam penyelenggaraan serta pelayanan pendidikan yang berkualitas di satuan pendidikan. Kenyataan yang sering dan umum terjadi di lapangan adalah komite sekolah yang terbentuk menemui berbagai kendala dan permasalahan antara lain kehadiran komite sekolah seolah dianggap formalitas semata, dianggap memiliki peran sebagaimana BP3 di masa lampau, tidak/belum mampu menjalankan fungsinya dengan baik. Kondisi ini muncul sebagai dampak dari kelemahan internal dari komite sekolah itu sendiri, dan dari faktor ekternal masyarakat belum mengetahui peran dan fungsi komite sekolah secara baik.

Hasil Telusur Video dari Youtobe

UN 2016 SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta – YouTube

https://www.youtube.com/watch?v=5IzLVOqP1i8

11 Mei 2016 – Diunggah oleh SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Dokumentasi UN 2016 SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta 09-12 Mei 2016.

Farewall Party SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta Dengan Satri Si …

https://www.youtube.com/watch?v=5JtOQ_Hy5Pg

12 Sep 2015 – Diunggah oleh PuspadantaTV

PuspadantaTV Jl Imogiri Timur Km 10 Kerto Rt 4 Rw 7 Kerto Pleret Bantul Yogyakarta Indonesia Telp …

Partisipasi SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta Dalam Pendidikan …

https://www.youtube.com/watch?v=QYcF_Coh7gU

18 Sep 2015 – Diunggah oleh PuspadantaTV

PuspadantaTV Jl Imogiri Timur Km 10 Kerto Rt 4 Rw 7 Kerto Pleret Bantul Yogyakarta Indonesia Telp …

Video Fortasi 2016 SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta – YouTube

▶ 13:17

https://www.youtube.com/watch?v=oaeJOkjadkk

25 Jul 2016 – Diunggah oleh Hanif Indhie

Hai, Jadi journey kali ini adalah Fortasi atau bahasa terkenalnya MOS. Enjoy.. I’m Done! Thank you …

Students Exchange SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta Dengan Satri …

https://www.youtube.com/watch?v=wJVK7wSoJ40

12 Sep 2015 – Diunggah oleh PuspadantaTV

PuspadantaTV Jl Imogiri Timur Km 10 Kerto Rt 4 Rw 7 Kerto Pleret Bantul Yogyakarta Indonesia Telp …

Students Exchange SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta Dengan Satri …

https://www.youtube.com/watch?v=7mfvk838bY4

12 Sep 2015 – Diunggah oleh PuspadantaTV

PuspadantaTV Jl Imogiri Timur Km 10 Kerto Rt 4 Rw 7 Kerto Pleret Bantul Yogyakarta Indonesia Telp …

SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta – YouTube

https://www.youtube.com/channel/UCb8urTgWTCv4slhscip72sQ

Semua kegiatan dari SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta.

No Name – Hysteria ( Muse Cover ) @smp muhammadiyah 3 yogyakarta

https://www.youtube.com/watch?v=tUaEqyVh0vE

26 Des 2013 – Diunggah oleh Yofan Yudistira

kamera kro suara ne rodok elek sorry yo, soale kamera ne elek.. haha.

Achievement Motivation Training SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta …

https://www.youtube.com/watch?v=SRXXLx_bTeg

26 Feb 2015 – Diunggah oleh PuspadantaTV

PuspadantaTV Puspadanta News EdutainmentTV Jl Imogiri Timur Km 10 Kerto Rt 4 Rw 7 Kerto Pleret …

FerzaDhekaPratama ~ 7C SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta …

https://www.youtube.com/watch?v=Q-hweUym-MA

24 Apr 2016 – Diunggah oleh Ferza Dheka

FerzaDhekaPratama ~ 7C SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta – Segitiga 180°. Ferza Dheka …

Sumber dari

http://smpmugayogya.sch.id/

https://www.facebook.com/smpmugayk/

Sejarah SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

SMPN Muh 3 Jogja, SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta, Profil SMP Muh 3 Jogja, PPDB SMP 3uh 8 Jogja, Privat SMP, Privat MTs, Les Privat SMP Jogja, Guru Privat SMP Jogja, Tempat Privat SMP Jogja, Privat Kelompok Jogja

Kerjakan PR Online Mudah, Bantuan Kerjakan PR, Pahami Dalam Kerjakan PR , Privat Guru Online, Guru Online, Privat Online Indonesia, Belajar Privat Online, Privat Online Jogja. Les Privat (Belajar Mandiri) Bahasa Indonesia untuk Orang Asing.   Privat bagi mahasiswa yang sibuk, Privat Matematika Mahasiswa, Privat Statistik Matematika.  Les privat (Belajar Mandiri) Baca Al Quran, focus untuk baca Al Quran bagi Anak, Baca Al Quran bagi Remaja, dan Prvat Baca Al Quran bagi Dewasa.