0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Membaca adalah sebuah keterampilan mendasar bagi setiap manusia di masa modern saat ini. Hampir semua aktivitas dan pekerjaan membutuhkan membaca. Atas dasar itu penting bagi anak bisa membaca sejak dini. Salah satu alternatif solusi adalah adanya les membaca untuk anak TK yang banyak ada di masyarakat. Berikut uraian les membaca bagi anak TK bisa menjadi solusi.

Membaca Sejak Dini Berarti Unggul Sejak Dini

“Masih TK kok sudah ikut les? Bukankah itu membebani anak. Anak-anak kan harusnya bermain, jadi buat apa les membaca.” Bagaimana pendapat mengenai adanya pandangan demikian?

Pandangan bahwa tugas anak-anak adalah bermain itu benar, namun tidak berarti bermain itu tidak belajar. Justru pada masa usia dini belajar adalah melalui proses bermain itu sendiri. Sehingga selama proses belajar membaca itu menyenangkan , sambil bermain dan bercerita tidak ada masalah.

Selain itu mampu membaca sejak dini sama artinya dengan menanamkan keunggulan sejak dini. Sebab saat temannya yang lain masih belajar membaca, anak-anak yang telah mampu membaca beranjak pada tahap berikutnya yaitu memahami apa yang dibaca dan telah dapat mendapatkan informasi dari bacaan.

Mendapatkan informasi adalah hal yang sangat penting dalam proses belajar. Dengan mendapatkan mampu membaca lebih cepat, lebih cepat pula anak mampu mendapatkan informasi. Maka perkembangan kecerdasannya juga akan lebih cepat. Dengan demikian tidak salah apabila anak yang dapat membaca sejak dini berarti menanamkan keunggulan sejak dini.

Namun Mengajari anak membaca sejak dini tidaklah mudah bagi orang tua. Sebab melakukannya membutuhkan waktu, tenaga dan keterampilan tersendiri. Seringkali orang tua dihadapkan pilihan harus bekerja atau menjalankan tanggungjawab mengajari anak-anak membaca.

Les Membaca Untuk Anak TK Solusi Belajar Membaca

Sebagai solusi bagi orang tua yang bekerja namun tetap ingin memberikan terbaik bagi pendidikan anaknya, mengikutkan anak les membaca untuk anak TK bisa memberikan beberapa manfaat dan keunggulan antara lain:

1.      Hemat Waktu Dan Tenaga Orang Tua

Mengajarkan membaca membutuhkan waktu mendampingi yang lama, dengan kata lain membutuhkan tenaga dan keterampilan yang tidak sedikit. Dengan ikut les membaca akan menghemat waktu dan tenaga orang tua.

2.      Ditangani Oleh Ahlinya

Para guru les membaca bagi anak-anak TK biasanya adalah orang-orang yang sudah ahli dalam pendidikan dan pembelajaran anak. Sehingga orang tua tidak perlu pusing mempelajari bagaimana cara mengajarkan membaca pada anak TK.

3.      Bisa Dipantau Perkembangannya

Program les membaca biasanya disertai dengan program pembelajaran beserta evaluasinya. Dibandingkan dengan mengajari sendiri yang tidak tahu cara mengevaluasi perkembangan pembelajaran. Dengan ikut les pihak pemberi les telah mampu memberikan penilai dan pemantauan perkembangan kemampuan siswa.

4.      Tetap Menyenangkan

Pemberi les biasanya sudah mengetahui bagaimana karakter anak-anak dan cara mengajarinya agar tetap menyenangkan bagi anak-anak. Anak-anak tidak merasa tertekan dengan prosesnya.

Dari penjelasan diatas nampak bahwa mengikutkan les membaca untuk anak Tk bisa menjadi solusi bagi orang yang ingin mengajari anaknya membaca sejak dini namun tidak memiliki cukup waktu dan tenaga untuk melakukannya.