0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Kita sering menjumpai tanaman berbagai jenis, dan pastinya identik sekali dengan warna hijau. Bahkan, fungsi tanaman beragam dari untuk konsumsi hingga hiasan. Tahukah kamu tentang tumbuhan ini dihasilkan oleh proses fotosintesis.

Fotosintesis sendiri yaitu proses saat tumbuhan yang mampu mengubah sinar matahari jadi suatu energi. Proses inilah nantinya akan membentuk pigmentasi warna pada tumbuhan jadi hijau. Tumbuhan hijau juga memiliki makna seperti untuk menjaga ekosistem penyeimbang udara nya.

Bagaimana Proses Fotosintesis?

Tahukah kamu tentang tumbuhan saat proses fotosintesis memiliki ‘pembantu’ bernama klorofil. Peran klorofil dinilai sentral sekali dalam fotosintesis, karena dia yang ikut beproses dengan menangkap sinar matahari lalu berubah jadi ikatan energi kimia dengan molekul karbohidrat.

Proses ini selalu terjadi pada waktu pagi dan siang hari, juga mengingat klorofil bisa fokus ketika membuat glukosa. Apalagi peran cahaya matahari sebagai pengubah molekul air menjadi hidrogen serta oksigen. Tumbuhan hanya bisa sekedar fotosintesis saja? Intip dulu fakta satu ini.

Jika Di dalam Kamar, Si Hijau Berperan

Kenapa bisa ya? Bukankah di dalam kamar ada kipas angin atau pendingin udara punya peran ketika panas? Sangat keliru jika masih berpikir begini terus. Tapi tahukah kamu tumbuhan punya peran penting ketika di dalam kamar dan ada tanaman yang cocok sebagai penghasil oksigen juga.

Salah satunya adalah Snake Plant, peran si hijau satu ini sangat penting ketika karbondioksida yang ada di kamar kita bisa diserap menjadi oksigen sebagai pengatur hawa ruangan jadi sejuk serta menciptakan suasana kamar jadi ramah lingkungan.

Tumbuhan Tidak Selamanya Hijau

Ada beberapa jenis tumbuhan yang tidak memiliki warna hijau, yang paling sering kita ketahui adalah Bunga Lavender. Tahukah kamu tumbuhan yang berwarna ungu ini dihasilkan dari Antosianin dengan perannya sebagai pemberi pigmen warna ungu tersebut.

Jenis lain ada juga dari kelompok Serealia yang mana tumbuhan ini punya peran dalam menghasilkan karbohidrat dari biji-bijian nya. Lagi-lagi peran Antosianin disini sebagai pemberi pigmen warna tumbuhan Serealia menjadi kuning, emas, coklat, dan lainnya.

Tahukah Kamu Tentang Tumbuhan Juga Obat?

Tahukah kamu tentang tumbuhan jadi obat? Misal ke apotek pastinya sering kita lihat jenis-jenis obat yang mencantumkan tumbuhan sebagai bahan baku obat tersebut. Memang tidak bisa dibantah karena obat ada juga yang berasal dari sari tumbuhan yang memiliki khasiat tertentu.

Contohnya dari sebuah jurnal berjudul “Rambut Jagung Sebagai Alternatif Tabir Surya” yang dirilis Universitas Lampung, ternyata Rambut Jagung memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan karena tumbuhan ini dapat memantulkan sinar matahari juga minimalisir resiko kanker seseorang.

Dari penjelasan ini, mau lebih pintar dalam memahami Sains Tahukah Kamu Tentang Tumbuhan? Ayo gabung segera ke Nusagama.com. Di bimbel ini punya keunggulan seperti ‘Waktu Efektif’ cukup tutor datang ke rumah siswa, maka bisa hemat waktu dan efektif dalam mengikuti latihan.