0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Tips Agar Jadi Juara Olimpiade Sains Kuark yang Perlu Diketahui! Olimpiade menjadi ajang perlombaan yang dinantikan banyak siswa, baik itu Sains, Matematika, hingga seni. Olimpiade ini digunakan sebagai pengukur kecerdasan yang diikuti oleh banyak siswa dari berbagai kota bahkan negara. Acara tersebut tidak hanya bisa diikuti oleh siswa di bangku SMP ataupun SMA tapi SD juga bisa berpartisipasi.

Ada pula ajang khusus dengan peserta lomba berasal dari siswa SD, salah satunya adalah Olimpiade Sains Kuark atau sering disingkat menjadi OSK. Perlombaan ini cukup bergengsi dan terbesar yang diselenggarakan untuk siswa ataupun siswi di bangku Sekolah Dasar. Sejak tahun 2007 acara nasional tersebut diselenggarakan secara serempak dan terbagi menjadi 3 tingkatan. Tingkatkan peserta lomba tersebut meliputi, tingkat 1 untuk kelas 1 dan 2, tingkat 2 untuk kelas 3 dan 4, serta tingkat 3 untuk kelas 5 dan 5.

Apa Saja Tips untuk Menjadi Juara Olimpiade Sains Kuark?

Tiap orang tua, pastinya mempunyai keinginan agar anaknya jadi yang terbaik. Ikut serta dalam ajang tersebut dan jadi juara, mungkin salah satunya. Namun, hal tersebut bukan hal mudah karena ada banyak hal perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Apabila ingin tahu lebih lengkapnya, berikut ini adalah tips agar siswa jadi juara di ajang olimpiade tersebut, di antaranya:

  1. Menguasai Materi agar Juara Olimpiade Sains Kuark

Hal pertama dapat dilakukan adalah dengan menguasai materi untuk OSK. Hal tersebut tentu menjadi bagian terpenting karena jika tidak menguasainya tentu akan mengalami kesulitan ketika mengerjakan. Namun, ini juga bisa menjadi tantangan tersendiri karena cara belajarnya harus seru agar anak tidak bosan dan juga merasa terbebani.

2. Memperbanyak Latihan Soal Seputar OSK

Hal selanjutnya dapat dicoba agar jadi juara di OSK adalah dengan memperbanyak latihan soal. Mengerjakan banyak soal  secara tidak langsung membuat anak lebih terbiasa dan juga dapat melatih kemampuannya dalam berpikir. Latihannya bukan soal biasa, melainkan soal HOTS yang dapat  melatih nalar tingkat tinggi anak. Secara tidak langsung, pikiran kritis pun akan terbangun yang juga bisa membantu ketika mengerjakan soal OSK sesungguhnya.

3. Ikut Serta Bimbel atau Les Privat

Tips terakhir dapat dilakukan adalah dengan ikut serta dalam program bimbel. Ada keuntungan bisa dirasakan jika bergabung program tersebut, yaitu siswa dapat lebih fokus dalam belajar. Nusagama menjadi salah satu alternatif pilihan sebagai sarana persiapan olimpiade tersebut.

Para orang tua juga tidak perlu khawatir jika anak mereka harus ikut dalam program bimbel karena tutor dari Nusagama yang berkualitas. Pembelajaran dari para tutornya pun menyenangkan dan memberikan banyak latihan soal yang dapat melatih kemampuan berpikir anak. Demikian tips yang dapat disampaikan agar kamu bisa menjadi seorang juara olimpiade sains kuark. Semoga informasi di atas dapat membantu dalam persiapan menghadapi olimpiade  dengan baik.