fbpx
0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Penggunaan internet yang menjangkau berbagai lapisan membawa dampak positif sekaligus menawarkan kemudahan di segala aspek. Misalnya, kini dengan gampangnya kita bisa mencari tahu banyak hal melalui mesin pencari. Materi pembelajaran pun bisa diunggah melalui aplikasi. Sementara tugas sekolah juga bisa langsung dikirimkan ke pengajar lewat email. Cukup dengan menggunakan perangkat digital seperti laptop atau gawai plus jaringan internet, semua bisa terselesaikan. Jarak dan waktu bukanlah halangan.

Namun kalau mau menggali lebih dalam, pemanfaatan teknologi digital tak hanya sebatas itu saja lho. Sekarang kita dapat pula menambah dan meningkatkan kemampuan dengan mudah dan praktis melalui berbagai sumber yang tersedia di dunia maya. Lantas apa saja sumber-sumber yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan serta memperkaya pengetahuan, nah berikut beberapa di antaranya.

1. Kursus Online

Kalau dulu mau les tambahan atau kursus, seseorang harus mendatangi tempat diadakannya les. Duduk di kelas untuk menyimak materi yang diajarkan. Tapi kini jaman sudah berganti. Di era digital, kursus atau les bisa dilaksanakan secara daring atau online.

Belajar dengan cara ini mulai banyak dipilih karena lebih fleksibel sebab bisa diakses di mana saja. Selain itu, beberapa institusi yang mengadakan kursus online juga menyediakan sertifikat bagi pesertanya.

Menariknya lagi sekarang makin banyak berbagai pilihan les atau kursus, mulai dari mata pelajaran, bahasa asing, ketrampilan seperti menulis, dan masih banyak lagi. Tinggal sesuaikan dengan kebutuhan saja. Tapi ingat untuk mencari tempat kursus yang bonafide sehingga materi yang diajarkan bisa dipertanggung jawabkan.

2. Podcast

Sebelum maraknya internet, orang-orang masih memanfaatkan radio sebagai cara untuk memperoleh informasi. Kini penyebaran informasi melalui media audio bertransformasi menjadi Podcast. Prinsip posdcast hampir sama dengan radio, mendengarkan. Hanya saja di podcast, apa yang kita dengarkan merupakan hasil rekaman dan biasanya terbagi dalam beberapa episode.

Podcast mulai dilirik karena selain fleksibel juga bisa dimnafaatkan sebagai sarana pembelajaran yang murah. Seseorang bisa mencari berbagai informasi mulai dari parenting, bisnis, pengembangan diri, dan lain-lain. Tinggal pilih saja topik yang di sukai

Untuk mulai mendengarkan podcast, cukup dengan menggunakan smartphone saja. Selanjutnya unduh aplikasi untuk mendengarkan podcast, seperti salah satunya Anchor. Nah, tinggal cari saja tema-tema yang ingin didengarkan di kolom pencarian.

3. Perpustakaan Digital

Mungkin tak akan terbayang kalau pinjam buku tak harus ke perpustakaan. Mengembalikannya pun juga tak perlu repot datang ke sana. Kini beberapa perpustakaan sudah mulai menyediakan layanan online, salah satunya Perpustakaan Nasional.

Banyak keuntungan yang bisa di dapat dengan mengakses perpustakaan digital. Selain tak perlu datang langsung, buku yang dipinjam pun juga tak memenuhi tempat. Akses ke perpustakaan juga bisa dilakukan 24 jam, asalkan ada jaringan internet.

Untuk meminjam di perpustakaan online, unduh aplikasinya terlebih dahulu. Sedangkan untuk mencari buku atau kategori yang Anda inginkan tinggal menuju di kolom pencarian. Saat ini sudah mulai banyak pilihan perpustakaan digital dengan kategori buku yang beragam pula. Jadi tak ada lagi alasan kesulitan untuk mencari referensi. 

4. Youtube

Belajar atau menambah pengetahuan baru kini makin beragam caranya dan makin mengasyikkan. Satu lagi sumber yang bisa digunakan adalah melalui Youtube. Bagi seseorang yang memiliki karakter visual, yakni memahami sesuatu melalui melihat gambar atau video, cara ini tentu lebih efektif dan tak membosankan.

Youtube sendiri merupakan situs berbagi video yang dibuat pada 2005. Pengguna bisa mengunggah, menonton dan juga membagikan video. Awal kemunculannya, Youtube banyak digunakan oleh industri musik untuk mempromosikan video musik resmi. Seiring waktu, Youtube kemudian dimanfaatkan untuk banyak hal seperti mereview sebuah produk, berbagi pengalaman pribadi, termasuk juga membagikan konten untuk meningkatkan kemampuan diri. Tapi makin maraknya konten yang tersedia di Youtube terkadang membuat terdistraksi dan tujuan awal tak tercapai. Biar itu tak terjadi, tetap ingat untuk bijak dalam menggunakan Youtube sebagai sarana belajar dan saring konten-konten negatif.