UA-226133185-1
0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Penggunaan internet yang menjangkau berbagai lapisan membawa dampak positif sekaligus menawarkan kemudahan di segala aspek. Materi pembelajaran pun bisa kita unggah melalui aplikasi. Sementara tugas sekolah juga bisa langsung ke pengajar melalui email. Cukup dengan menggunakan perangkat digital seperti laptop atau gawai plus jaringan internet, semua bisa terselesaikan. Jarak dan waktu bukanlah halangan.

Sumber-sumber untuk meningkatkan kemampuan serta memperkaya pengetahuan, berikut beberapa antara lain :

1. Kursus Online

Kalau dulu mau les tambahan atau kursus, seseorang harus mendatangi tempat lembaga les. Duduk pada ruangan kelas untuk menyimak materi yang diajarkan. Tapi kini jaman sudah berganti. Di era digital, kursus atau les bisa siswa laksanakan secara daring atau online.

Menariknya lagi sekarang makin banyak berbagai pilihan les atau kursus, mulai dari mata pelajaran, bahasa asing, ketrampilan seperti menulis, dan masih banyak lagi.

2. Podcast

Sebelum maraknya internet, orang-orang masih memanfaatkan radio sebagai cara untuk memperoleh informasi. Kini penyebaran informasi melalui media audio bertransformasi menjadi Podcast. Prinsip posdcast hampir sama dengan radio, mendengarkan.

Untuk mulai mendengarkan podcast, cukup dengan menggunakan smartphone saja. Selanjutnya unduh aplikasi untuk mendengarkan podcast, seperti salah satunya Anchor.

3. Perpustakaan Digital

Mungkin tak akan terbayang kalau pinjam buku tak harus ke perpustakaan. Mengembalikannya pun juga tak perlu berkujung kembali. Kini beberapa perpustakaan sudah mulai menyediakan layanan online, salah satunya Perpustakaan Nasional.

Untuk meminjam pada perpustakaan online, unduh aplikasinya terlebih dahulu. Sedangkan untuk mencari buku atau kategori yang Anda inginkan tinggal menuju kolom pencarian.

4. Youtube

Belajar atau menambah pengetahuan baru kini makin beragam caranya dan makin mengasyikkan. Satu lagi sumber yang bisa digunakan adalah melalui Youtube. Bagi seseorang yang memiliki karakter visual, yakni memahami sesuatu melalui melihat putaran gambar dengan pengiringan musik, cara ini tentu efektif dan tidak membosankan.

Youtube sendiri merupakan situs berbagi video yang sudah ada sejak 2005. Awal kemunculannya, Youtube banyak digunakan oleh industri musik untuk mempromosikan video musik resmi. Perkembangan teknologi, Youtube kemudian menambah fungsinya untuk banyak hal seperti mereview sebuah produk, bercerita dan membagikan tips seputar kehidupan atau pekerjaan hingga kisah percintaan.