fbpx
0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Ingin mengerjakan tugas atau belajar kini tak harus melulu di rumah lho. Seiring perkembangan jaman sekarang makin banyak tempat atau ruang publik yang bisa dimanfaatkan sebagai lokasi pas untuk aktivitas itu.

Sebenarnya tak ada salahnya juga bikin tugas atau belajar di rumah. Tapi lama kelamaan rasa jenuh dan sumpek bisa menghinggapi. Bayangkan saja setiap hari berada di lingkungan yang sama dalam waktu yang lama.  Belajar di rumah pun juga kadang banyak intermezonya, misalnya ada saudara datang, di minta orang tua untuk bantu-bantu, dan lain-lain. Kalau sudah begitu, belajar atau mengerjakan tugas bisa gak selesai-selesai.

Belajar Bisa di Kafe Junio

Nah, dengan berada di lingkungan dan suasana yang baru tentu bisa membantu mengusir kebosanan.  Lingkungan yang minim gangguan pun dapat pula memacu konsentrasi. Belajar tambah fokus, tugas juga cepat selesai. Lantas di mana saja sih yang bisa dikunjungi untuk belajar dan mengerjakan tugas, berikut beberapa di antaranya.

1. Perpustakaan

Dulu orang lebih sering beranggapan kalau perpustakaan hanya sebatas tempat untuk meminjam atau mencari referensi buku. Tempatnya juga cenderung sepi dan tak banyak dikunjungi. Tapi sekarang gambaran tentang perpustakaan itu sudah banyak berubah.

Perpustakaan bisa menjadi alternatif tempat untuk belajar dan juga mengerjakan tugas. Perpustakaan juga dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap. Seperti misalnya ruangan yang lebih nyaman serta wi-fi gratis dengan koneksi yang cepat. Cukup membantu untuk mengerjakan tugas bukan?

Tak hanya itu saja, akses untuk mendapatkan materi tugas seperti buku-buku yang diperlukan juga lebih mudah. Apalagi referensi buku juga sudah disusun dengan sedemikian rupa sehingga akan gampang saat mencarinya.

Satu lagi kelebihan belajar di perpustakaan adalah suasannya yang kondusif. Biasanya perpustakaan memiliki suasana yang tenang. Nah, suasana ini tentunya akan membantu kita untuk fokus dengan materi pelajaran. Untuk menjaga tetap konsen, jangan lupa juga untuk mengaktifkan mode senyap pada gawai.

Bila perpustakaan tak memiliki kantin, ada baiknya pertimbangkan untuk membawa bekal. Jadi sewaktu lapar bisa ngemil atau makan kudapan yang sudah disiapkan. Tapi ingat juga untuk memperhatikan peraturan soal makan dan minum ini ya, seperti misalnya apakah boleh di bawa masuk dalam ruang perpustakaan atau tidak.

2.Co-Working Space

Memang awalnya co-working lebih banyak digunakan oleh profesional seperti pekerja lepas atau para start up untuk bekerja. Namun seiring makin maraknya co-working space, tempat ini pun bisa menjadi pilihan saat ingin mengerjakan tugas dan tentu saja belajar.

Memilih mengerjakan tugas di co-working ternyata juga punya keuntungan tersendiri. Pengunjung co-working yang biasanya beragam bisa jadi sarana untuk mendapatkan kenalan baru. Siapa tahu dari perkenalan itu bisa membantu kesulitan dalam mengerjakan tugas.

Fasilitas yang disediakan juga terbilang cukup lengkap seperti jaringan internet dengan koneksi yang bagus. Jika ingin menggunakan ruangan yang privat, co-working biasanya juga menyediakan fasilitas tersebut. Termasuk juga kalau ingin memanfaatkan ruang yang lebih besar untuk kerja berkelompok. Selain itu, co-working juga relatif fleksibel soal waktu. Biasanya tempat-tempat ini baru tutup malam hari.

3. Kafe

Selain di co-working pilihan selanjutnya untuk mengerjakan tugas dan belajar yaitu di kafe. Lho kok di kafe?. Memang ada pro kontra soal belajar dan ngerjain tugas di kafe. Soalnya, pengeluaran jadi berlipat saat seseorang pergi ke kafe dan justru tidak fokus karena suasana yang ramai.

Tapi terlepas dari pro kontra itu, kafe tentunya bisa juga salah satu alternatif supaya belajar dan ngerjain tugas jadi lebih efektif. Apalagi makin banyak pula kafe yang memiliki seting interior dengan perabot yang ergonomis sehingga nyaman untuk mengerjakan tugas. Mengerjakan tugas dan belajar juga tak akan terasa membosankan karena bisa sambil ngemil dan juga minum minuman favorit. Mayoritas kafe sekarang juga di desain semenarik mungkin dengan spot-spot yang instagramable. Jadi kalau tiba-tiba kehabisan ide atau suntuk saat mengerjakan tugas bolehlah sesekali melipir untuk berswafoto. Tapi ingat jangan sampai keterusan ya, bisa-bisa porsi ber-selfie nanti justru lebih banyak daripada mengerjakan tugas.