0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Setelah putusan MA tentang penghapusan RSBI banyak pihak di dunia pendidikan telah mengajukan gagasan pengganti RSBI. Hal ini didasari atas kebutuhan akan layanan pendidikan yang berkualitas bagi anak didik. Kebutuhan pendidikan di masyarakat kita sekarang telah semakin penting dan harus dipenuhi. Pendidikan berkualitas sudah setara dengan kebutuhan akan sandang dan papan. Karena mereka hanya dengan pendidikan yang baik dan berkualitas anak didik akan mampu menjadi manusia yang berguna.

Beberapa bentuk pengganti RSBI yang telah berkembang di masyarakat adalah:

  1. Sekolah Mandiri
  2. Sekolah Unggulan
  3. Sekolah CIBI, Cerdas Istimewa dan Bakat Istimewa.
  4. Sekolah Khusus

Dari beberapa jenis di atas mempunyai ciri dan model sendiri-sendiri. Mereka mendasarkan pada kebutuhan masyarakat dan juga kemungkinan pengembangan sesuai dengan kebutuhan daerah secara khusus. Ada juga yang mengeluarkan gagasan dari sumber undang-undang dan peraturan yag telah ada. Celah dan peluang untuk menjadikan sekolah berkualitas ini dapat dilihat dari materi peraturan pendidikan yang telah ada.

Misal ide ada CIBI bersumber dari UU NO 17 tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan pendidikan. Pada pasal 56 UU tersebut  yang menjadi dasar pembentuk RSBI. Sementara pada pasal 25 menyatakan bahwa pemerintah propinsi dapat melakukan pembinaan berkelanjutan kepada peserta didik yang memiliki CI.

Namun ini harus dimatangkan karena nanti jangan sampai nasibnya sama dengan RSBI.  Hanya berganti wajah saja, tetap saja orang tidak dapat membedakan bakat dan cerdas istimewa dengan kaya dan kurang mampu istimewa. Sekolah pengganti RSBI memang perlu namun tidak baik kecebur dalam lubang yang sama.

Pengembangan SDM Masa Depan

Pengembangan SDM Masa Depan

Peningakatan SDM Internet

Peningakatan SDM Internet

Peningakatan SDM LKG

Peningakatan SDM LKG

Privat Guru Online, Guru Online, Privat Online Indonesia, Belajar Privat Online, Privat Online Jogja. Privat Belajar PR Online, Kerjakan PR mudah, Bantuan Kerjakan PR, Pahami Dalam Kerjakan PR, Les Privat (Belajar Mandiri) Bahasa Indonesia untuk Orang Asing.  Les Privat (Belajar Mandiri) UM  PTN/PTS Favorit. Jika mau belajar lebih awal lebih siap bersaing masuk UGM, ITB, IU, UNY dan PTN favorit anda. Kursus komputer sekolah, komputer administrasi sekolah, Privat Komputer, Kursus komputer, privat komputer kantor, privat komputer administrasi