0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Menurut sejumlah penelitian, membacakan buku untuk anak merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan IQ-nya. Maka berilah anak les baca untuk menanamkan minat baca kepadanya. Cara alternatif selain membacakan si kecil buku adalah dengan mendaftarkannya untuk mengikut les privat membaca.

Les Baca

Multi ethnic group of pre school students in classroom

Les Baca

Les Baca

Terbukti, anak-anak yang lebih sering melakukan aktivitas membaca, bisa mendapatkan nilai lebih tinggi di semua bidang pelajaran, serta memiliki pengetahuan yang lebih besar daripada mereka yang tidak suka membaca. Lalu, bagaimana cara orang tua untuk menanamkan minat baca kepada anak sejak dini?

Membacakan Buku Anak dan Mengikutkan Les Baca

  • Membacakan Buku Sejak Anak Berusia Dini

Tidak hanya saat menjelang tidur saja, namun Anda perlu lebih sering membacakan buku untuk si kecil. Untuk anak yang berusia satu atau dua tahun, Anda bisa membacakan buku cerita bergambar yang lebih menarik baginya.

Menurut penelitian, membacakan buku untuk anak sambil mendiskusikan tentang isinya, dapat membantu meningkatkan IQ serta menumbuhkan kecintaan membaca dalam diri anak. Anda bisa membacakan buku untuk anak di waktu-waktu senggang, agar suasananya terasa lebih nyaman.

  • Mengajak Anak untuk Mengikuti Les Baca

Pada saat anak berusia dua tahun ke atas, kemungkinan dia akan lebih suka membaca dengan cara yang berbeda. Dia akan lebih tertarik untuk mengeksplorasi bacaan sendiri daripada menyimak buku yang Anda bacakan. Pada usia ini, Anda bisa mulai mengajak ke perpustakaan, atau mendaftarkan anak untuk mengikuti les membaca.

Dalam kegiatan les membaca, anak akan diberikan buku-buku yang bagus dan dapat menstimulasi otaknya. Selain itu, buku yang digunakan sebagai bahan metode pengajaran tentu sudah dipilih, agar sesuai dengan minat anak-anak.

Membantu Membuat Jadwal Membaca untuk Anak

  • Menentukan Jam Rutin Membaca Setiap Hari

Di samping les baca, coba Anda tentukan jadwal membaca harian yang bisa menjadi rutinitas anak. Contohnya, saat dia pulang sekolah, atau setelah makan siang saat akhir pekan, atau bisa juga saat malam sebelum tidur. Ini dapat membantu anak menjadi lebih termotivasi untuk membaca, karena sudah ada jadwal untuknya.

  • Membimbing Anak untuk Meningkatkan Kemampuan Baca

Anda bisa mulai mengasah kemampuan membaca anak dengan memberikannya buku yang lebih sulit untuk dibaca. Misalnya, mulai beri dia buku cerita sederhana yang memuat lebih banyak paragraf daripada gambar. Dengan begitu, anak akan belajar untuk memahami isi cerita melalui tulisan yang dia baca.

Tidak perlu khawatir, karena pada dasarnya aktivitas ini cukup sederhana. Yang penting, Anda mengerti sekiranya buku apa yang disukai oleh si kecil. Atau, Anda juga bisa mengikutkan si kecil pada tempat les membaca. Keberadaan pendidik yang ahli dan berpengalaman akan sangat membantu proses belajar membaca anak.

Menumbuhkan minat baca anak sangat penting dan menjadi pondasi untuk jenjang pendidikan selanjutnya. Selain mengembangkan minat baca anak sendiri di rumah, ada baiknya jika si kecil diikutkan les baca di Nusagama Jogja kursus/private, agar kemampuan membacanya semakin berkembang.