UA-226133185-1
0812 1566 3955 nusagama@gmail.com
Seleksi bersama BUMN 2022

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah merupakan salah satu pelaku kegiatan ekonomi yang cukup penting di Indonesia. BUMN merupakan badan usaha yang sebagian besar atau keseluruhan modalnya merupakan milik negara. Badan usaha ini berdiri dengan tujuan untuk menyejahterakan masyarakat.

Sebagai kegiatan ekonomi, BUMN merupakan salah satu tempat yang banyak menjadi incaran para pencari kerja. Bukan tanpa alasan, hal ini karena jenjang karir dan benefit yang bisa pekerja dapatkan jika bekerja di BUMN memang cukup menjanjikan.

Minat yang besar ini membuat persaingan untuk masuk ke BUMN cukup ketat. Tahun 2022 ini BUMN mengadakan seleksi bersama untuk merekrut 2700 pekerja. Pendaftaran sendiri sudah tutup sejak 25 April 2022 lalu.

Tanggal 9 sampai 11 Mei 2022 adalah jadwal pengumuman seleksi administrasi. Bagi peserta yang lolos seleksi administrasi akan mengikuti seleksi tahap selanjutnya yaitu Tes Kemampuan Dasar dan Core Value BUMN pada tanggal 17 Mei 2022 sampai 27 Mei 2022. Hasil TKD dan Core Value BUMN ini akan diumumkan pada tanggal 8 Juni sampai 25 Juni 2022.

Selanjutnya peserta yang lolos akan mengikuti Tes Kemampuan Bidang pada tanggal 12 Juni sampai 25 Juni 2022. Peserta seleksi baru bisa mengetahui hasil akhirnya pada tanggal 4 Juli 2022.

Selanjutnya peserta yang lolos seleksi akan mengikuti bela negara pada tanggal 11 Juli 2022 dan inagurasi pada tanggal 18 Juli 2022. Jadwal ini bisa saja berubah sewaktu-waktu.

Tips lolos seleksi BUMN

Selain jadwal pelaksanaan, tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisa lolos dalam rekrutmen pegawai BUMN kali ini. Pertama, persiapkan diri sebaik mungkin untuk melalui setiap tahapan seleksi. Peserta rekrutmen perlu memahami kompetensi apa saja yang diujikan dalam setiap tahapnya.

Misalnya seleksi TKD. Seleksi ini akan mengukur kemampuan dasar pelamar seperti kemampuan verbal, berpikir logis, numerik, dan analisis. Sementara itu TKB akan menguji kompetensi yang sesuai dengan posisi pelamar.

Jika sudah lolos seleksi administrasi peserta bisa mulai mempersiapkan untuk tes selanjutnya yaitu TKD. Peserta bisa mulai melakukan latihan soal TKD agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Kemudian peserta juga perlu memahami latar belakang setiap perusahaan tujuan. Hal ini cukup penting agar pelamar bisa benar-benar memahami latar belakang perusahaan serta deskripsi pekerjaan dari posisi tujuan. Bukan tidak mungkin rekruter akan menanyakan hal dasar ini saat proses interview.

Ketiga, peserta juga perlu memperhatikan kondisi kesehatan saat melalui proses seleksi. Selain penting untuk menjaga performa saat seleksi, kondisi kesehatan juga menjadi salah satu pertimbangan bagi perusahaan BUMN untuk merekrut karyawan. Pihak perusahaan akan mengecek kesehatan tubuh peserta dalam Medical Check up.

Lolos seleksi akhir bukan berarti perjuangan peserta sudah selesai, peserta harus mengikuti On Job Training selama 3 bulan sampai 1 tahun sebelum akhirnya menjadi karyawan tetap di BUMN.

Jika Kamu saat ini sedang mengikuti tahapan seleksi BUMN, Nusagama College menyediakan jasa les privat untuk persiapan Tes Kemampuan Dasar BUMN. Nusagama College telah terpercaya selama bertahun-tahun dalam memberikan layanan pendidikan dan pelatihan.