0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Berita baru yang telah beredar lama. Apapun yang ditetapkan pemerintah tentang pembebasan biaya pendaftaran SMPTN disambut gembira, walaupun ini telah menjadi harapan lama. Penetapan oleh pemerintah tentang biaya SMPTN menjadi harapan bagi semua alumni SLTA dan orang tua calon mahasiswa.

Maksud dari pembebasan biaya SMPTN adalah untuk mengoptimalkan dalam menjaring sebanyak mungkin calon mahasiswa. Pemerintah melalui Mendikbud M. Nuh memberikan kesempatan kepada semua lapisan masyarakat untuk masuk perguruan tinggi. Peningkatan kualitas sumber daya manusia dilakukan secara kontinue salah satunya dengan memberikan pembebasan biaya pendaftaran SMPTN.

Pertanyaan timbul lagi, bagaimana jika sudah diterima di PTN tapi tidak bisa membayar besaran biaya pendidikan yang tinggi??? Pada tahun kemarin (2012) saja banyak calon mahasiswa telah diterima di PTN namun karena tidak ada biaya untuk melakukan daftar ulang mereka jadi urung masuk kuliah. Padahal mereka sudah rindu masuk kuliah. Kadang kita juga berpikir ini sia-sia pembebasan biaya pendaftaran SMPTN namun ketika sudah diterima tidak bisa banyar uang daftar ulang. Biaya persiapan dan untuk proses ujian SMPTN jadi mubadir saja.

Perlu adanya terobasan dari pemerintah untuk memberikan jaminan kepada calon mahasiswa kurang mampu untuk dapat beasiswa jika benar-benar diterima di PTN. Sehingga calon mahasiswa ketika melakukan proses SMPTN biasa semangat lagi. Sekarang sudah ada beasiswa dari PTN lewat bibit unggul, program penjaringan bakat, penjaringan prestasi. Dan ada juga program bidikmisi yang diberikan setelah masuk. Bagaimana jika ada calon mahasiswa yang sudah diterima namun tidak ada biaya diberikan kesempatan beasiswa.

Semoga ada, anda calon mahasiswa terus siapkan ikut SMPTN.