fbpx
0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Di era digital ini, hampir semua lini kehidupan telah beralih dari cara konvensional ke cara online. Transportasi umum jadi ojek atau taksi online, aktivitas belanja, pemesanan tiket, hingga pembayaran tagihan semuanya pun bisa dilakukan secara daring.

Dunia pendidikan tak terkecuali juga turut menyambut perubahan itu, salah satunya dengan kemunculan bimbingan belajar berbasis online. Bimbel ini memang menawarkan berbagai kelebihan seperti fleksibilitas waktu yang bisa diakes kapan saja dan dimana saja. Bimbel online  juga menawarkan harga yang mungkin saja lebih murah. Beberapa bahkan dilengkapi dengan video-video interaktif yang memudahkan belajar anak.

Meski begitu, tetap saja metode tersebut juga mempunyai beberapa kekurangan jika dibandingkan dengan bimbingan belajar konvensional atau offline. Nah, apa saja? Berikut beberapa kelebihan bimbel offline dibandingkan dengan bimbel online:

  1. Siswa Dapat Berinteraksi Langsung dengan Teman

Dari segi psikologis, siswa yang belajar dengan beberapa teman akan meningkatkan kemampuan sosialisasinya. Kemampuan ini berguna bagi masa depannya kelak. Mereka akan lebih luwes dan percaya diri menghadapi orang lain. Sementara mereka yang belajar secara online cenderung sendiri karena cukup dengan melihat video di smartphone. Bagi anak yang mengalami kesulitan bersosialisasi, hal ini justru harus dihindari, karena jika diteruskan akan menghambat perkembangan psikologisnya di kemudian hari. Anak menjadi penyendiri dan sulit bergaul dengan teman. 

  • Dapat Bertanya Langsung pada Tentor

Belajar bimbel offline selalu didampingi tentor, anak-anak tentu lebih nyaman karena dapat berkomunikasi secara langsung. Jika ada kesulitan di satu bab, siswa dapat bertanya langsung dan tentor akan menjelaskan materi yang belum dimengerti sampai siswa tersebut paham betul. Memang tentor harus telaten untuk menjelaskan satu per satu karena tidak semua siswa mempunyai kemampuan menyerap ilmu yang sama. Hal ini tentu berbeda dengan siswa yang belajar melalui bimbel online, mereka akan mencari tahu sendiri bab mana yang belum jelas hanya dengan video dan penjelasan dari smartphone. Tak jarang, mereka akan mengulang video dan belum tentu mengerti juga setelah melihat video.

  • Siswa Mempunyai Jadwal Belajar yang Pasti 

Bimbel Online memang cocok jika diterapkan bagi anak mempunyai motivasi belajar yang tinggi. Mereka dengan mudah membuka bab pelajaran yang diinginkan dengan sekali klik. Namun, karena belajar bimbel online ini menggunakan smartphone, seringkali anak tergoda untuk membuka aplikasi lain yang akan mengganggu proses belajar si anak. Jika anak sudah mulai bosan padahal materi belajar belum selesai, anak mudah sekali memindahkan aplikasi di ponsel mereka ke aplikasi games atau Youtube kesukaan mereka.

Nusagama-Website-Bimbel-Konsultan-Pendidikan2
Nusagama-Website-Bimbel-Konsultan-Pendidikan2

Hal ini jelas akan mengalihkan pikiran mereka. Ini yang membuat belajar melalui bimbel online menjadi kurang efektif. Karena orangtua sudah membayar uang les, namun ternyata materi pembelajaran tidak dimanfaatkan secara maksimal. Sebaliknya, bimbel offline mempunyai jadwal yang pasti, misalnya 1-2 jam setiap hari atau seminggu 3 kali tergantung paket yang diambil, ini akan melatih anak untuk displin dan bertanggung jawab menggunakan waktu mereka. Jadwal yang pasti ini akan membuat mereka memanfaatkan waktu belajar secara maksimal.

  • Lebih Konsentrasi

Belajar secara offline atau tatap muka membuat anak mempersiapkan waktu dan pikiran untuk benar-benar belajar. Sehingga mereka lebih konsentrasi karena tidak ada distraksi atau gangguan yang akan mengalihkan perhatian mereka. Hal ini berbeda dengan mereka yang belajar menggunakan smartphone. Berhubung tak ada tempat khusus layaknya bimbel konvensional, kemungkinan adanya distraksi juga lebih besar. Misalnya saja saat mengakses bimbel di rumah, kondisinya kurang kondusif dan ramai yang justru mengalihkan konsentrasi siswa.

  • Sangat Membantu bagi Orantua yang Sibuk

Bimbel online memang praktis, namun, jika orangtua sibuk dan tidak punya waktu mendampingi anak, maka akan kurang efektif proses belajar si anak, terutama anak usia SD yang masih perlu pendampingan. Bagi orangtua yang sibuk bekerja dan tidak sempat mendampingi anak belajar lebih baik menggunakan jasa bimbel offline sehingga anak dapat belajar dengan maksimal karena didampingi oleh tentor yang berpengalaman di bidangnya.