fbpx
0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Adalah fakta bahwa supermasi hukum kita masih amat lemah –kedodoran dan fakta pula bahwa puluhan kuota rakyat ini masih mengakses internet dari warnet, Jumlah warnet di Indonesia mencapai jutaan. Maka sebagaimana pedagang kaki lima menjadi sapi perah petugas hitam, kini petugas punya mangsa baru yaitu internet/warnet.

Jelas Bangsa ini akan lebih berutung jika pengusaha warnet diperkuat permodalannya dan dikukuhkan manajemennya. Paling tidak, warnet Indonesia dapat menjadi tempat hangout  yang menjanjikan. Ketika kita semakin rajin membeli franchise bagi ‘orang luar”, harusnya  kita bisa diset up tempat hiburan yang juga bisa dijual sebagai franchise bagi “orang luar”.

Tak masalah kalaupun pengusaha warnet harus merger untuk menciptakan itu, asalkan simbiosis mutualisme tercipta dalam mereka. Sertakan juga minimalisme pengangguran yang akan terealisasi melalui ini. Sisi lainnya, dengan warnet sebagai tempat hang out yang menjanjikan, akan mendorong kreativitas anak negeri untuk berproduksi.

Beberapa contoh pemanfaatan warnet dalam kondisi sekarang ini adalah, Pertama warnet dengan set up bioskop akan memacu generasi ini membuat film independent yang hanya bisa ditonton di warnet. Dan kalau ada yang membajak, “hukum arus bawah” pasti akan sangat jeli mengontrolnya. Kedua warnet diset up studio musik akan memacu lahirnya band-band baru yang meliris albumnya dengan label yang murah namun memiliki jaringan yang kuat. Bukankah dunia rekaman sudah komputerisasi dan internet sangat powerfull itu ini. Ketiga warnet dengan set up pelayanan masyarakat bisa diarahkan untuk keseimbangan pertumbuhan rohani, fisik dan mental serta sosial masyarakat kita. Sederhananya, mahasiswa atau karangtaruna bisa hang out di sana untuk tumbuh. Bahkan pemerintah bisa bermitra dengan mereka untuk mensosialisasikan program-program pemerintah.   (Sumber, Tabloid Abadi, edisi 30 thn III, April 2008).

Kesempatan Positif dari Dunia Maya (Internet) dalam Pengembangan Pendidikan, Privat internet sekolah, privat jaringan Internet sekolah, Privat Internet Kantor, Privat Internet Marketing, Privat Buat Blog Bisnis, Belajar Blog Bisnis.