fbpx
0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Bahasa Jawa dan bahasa daerah lainnya tetap akan dimasukkan dalam muatan lokal. Hal ini penting karena bahasa daerah adalah bahasa yang mempunyai peranan penting dalam pembentukan karakter siswa. Alasannya adalah:

  1. Bahasa yang dikenal pertama kali oleh anak,
  2. Bahasa pengantar antara orang tua dan anak di rumah,
  3. Bahasa yang mempunyai muatan nilai luhur dan budaya daerah.
  4. Bahasa sebagai kekayaan budaya nasional.

Komunikasi di rumah tentu lebih banyak menggunakan bahasa daerah daripada bahasa Indonesia. Kalau anak tidak bahasa daerah dengan benar maka akan terjadi miskomunikasi antara anak dan orang tua.

Di samping itu masih banyak daerah di pedalaman yang orang tuanya belum bisa menggunakan bahasa Indonesia. Banyak dari mereka tidak dapat pendidikan seperti anaknya.

Tentu pemerintah belum tentu bisa menyeelnggarakan kursus bahasa bahasa Indonesia bagi semua orang di daerah pedalaman. Apalagi diklat dan kursus yang bersifat pengetahuan dan keterampilan. Seperti pelatihan internet dan komputer bagi orang tua siswa dan anak didik.  Namun banyak juga yang berminat mengikuti  Pendidikan dan Pelatihan atau Diklat guru, bidang Media Pengajaran Berbasis Multimedia, Diklat Guru bidang Software Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Sekolah, Diklat guru dan Pegawai Disdik bidang Pemetaan dan Pendataan Pendidikan dan Sekolah berbasis Digitalmap Geografi,  Diklat guru dan Pegawai Disdik bidang Penelitian, Olah dan Analisis data Ilmiah untuk Penulisan Karya Ilmiah Pendidikan, Pendidikan dan Pelatihan atau Diklat guru dan Pegawai Disdik bidang Internet pendidikan dan Membangun Webblog dan Websites Sekolah dan Pendidikan, Diklat dan pelatihan komputer untuk  TU dan administrasi sekolah.

 

Namun di daerah perkotaan sudah banyak berkesempatan dan bisa  mengikuti  Pendidikan dan Pelatihan atau Diklat guru, bidang Media Pengajaran Berbasis Multimedia, Diklat Guru bidang Software Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Sekolah, Diklat guru dan Pegawai Disdik bidang Pemetaan dan Pendataan Pendidikan dan Sekolah berbasis Digitalmap Geografi,  Diklat guru dan Pegawai Disdik bidang Penelitian, Olah dan Analisis data Ilmiah untuk Penulisan Karya Ilmiah Pendidikan, Pendidikan dan Pelatihan atau Diklat guru dan Pegawai Disdik bidang Internet pendidikan dan Membangun Webblog dan Websites Sekolah dan Pendidikan, Diklat dan pelatihan komputer untuk  TU dan administrasi sekolah. Kurikulum Baru 2013 dan Bahasa Daerah sebagai pembentuk Karakter Anak Didik dalam Privat Baca Al Quran, Les Privat Baca Quran, Privat Ngaji Quran, Guru Privat Ngaji, Tempat Privat Ngaji