UA-226133185-1
0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Fisika adalah salah satu pelajaran di jurusan IPA dan terhitung susah dan membosankan. Akan tetapi pelajaran ini dapat pula menjadi keahlian yang apabila kita pelajaari dengan baik. Fisika sendiri berasal dari kata “physic” yang berarti alam.

Setiap siswa yang memasuki jurusan IPA wajib memahami Fisika dengan baik, karena menjadi salah satu mata pelajaran di ujian nasional. Kenyataannya sebagian besar siswa menghindari pelajaran ini karena mereka menganggap susah.

Berikut adalah alasan mengapa fisika dianggap sebagai pelajaran yang kurang menyenangkan bagi sebagian besar orang :

  1. Lambang Rumus yang Mirip

Belajar Fisika berarti harus siap bersahabat dengan rumus-rumusnya. Rumus-rumus tersebut menjadi faktor utama belajar fisika menjadi sulit. Terkadang siswa kesusahan membedakan antara lambang satuan atau lambang besaran massa. Apalagi terdapat lambang satuan serta besaran yang mempunyai kesamaan. Tentu hal ini akan dapat menimbulkan masalah apabila siswanya tidak dapat membedakan. 

  • Butuh Analisis Tinggi

Belajar fisika bukan hanya soal berhitung, melainkan harus pula mempunyai naluri analisis yang tinggi. Contohnya ketika kita belajar Kinematika Gerak, Torsi, Katrol, Inersia, Hukum Newton. Belajar Fisika membutuhkan keseriusan, tidak dapat bermalas-malasan dalam mempelajarinya. Ketika tidak serius, maka bersiap untuk tertinggal dan akan mengalami kesusahan memahami bab-bab berikutnya.

  • Adanya Batasan Ujian Nasional

Salah satu alasan lain kenapa belajar fisika itu susah adalah adanya Ujian Nasional Fisika sebagai standar kelulusan. Adanya batasan soal membuat murid ataupun guru menjadi terbelenggu serta membatasi pelajaran apa yang sekiranya yang akan menjadi bahan saat Ujian Nasional nanti. Hal tersebut membuay keindahan dalam penerapan ilmu fisika akan tertutupi oleh rasa takut menyelesaikan soal Ujian Nasional.

  • Keberadaan Guru

Meski belajar fisika oleh orang-orang dianggap susah, hal ini dapat teratasi apabila memiliki guru yang bersahabat serta menyenangkan. Gaya belajar guru dapat memberi dampak positif terhadap rasa cinta siswanya terhadap pelajaran yang ia bawa. Oleh karena itu, menjadi seorang guru fisika tidak mudah. Bersahabat serta sabar kepada siswa merupakan sifat yang wajib dimiliki oleh para guru yang menginginkan siswanya dapat memahami pelajaran fisika dengan baik. Oleh sebab itu menjadi guru fisika haruslah bersahabat serta sabar, agar siswanya dengan mudah memahami pelajaran.

Les Privat Untuk Pelajaran Matematika

Apabila masih saja kesulitan dalam belajar fisika, alangkah baiknya jika mendatangkan guru les privat atau bimbingan belajar kepada anak. Hal ini karena pastinya di sekolah anak yang kurang menyukai matematika akan kesulitan dalam memahami pelajaran tersebut karena banyaknya siswa yang harus fokus terhadap banyak mata pelajaran sehingga guru tidak bisa fokus mengajarkan ke beberapa orang saja. Adanya  bimbingan belajar khusus menjadikan anak bisa fokus dan mendapatkan perhatian khusus untuk mempelajari fisika.