0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Beberapa waktu yang lalu Kantor arsip dan Perpustakaan telah menyelenggarakan Lomba Perpustakaan antar SD, SMP, dan SMA. Kegiatan ini bertajuk Festival Literasi Bulan Buku. Selain juga diselenggarakan Lomba Cerita untuk tingkat SD. Tema Lomba cerita adalah Penghargaan Pustakawan terhadap Buku. Banyak peserta dan dukungan dari masyarakat sehingga semua kegiatan berjalan lancar. Lomba yang berlangsung di Kantor Arsip dan Perpustakaan di jalan Suroto 9, Kota Baru Yogyakarta.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat :

  1. Meningkatkan kualitas kompetensi pegawai perpustakaan.
  2. Meningkatkan kemampuan manajerial pimpinan perpustakaan di berbagai tingkatan.
  3. Meningkatkan minat baca buku,
  4. Meningkatkan produktivitas layanan perpustakaan.
  5. Menggenalkan Perpustakaan sebagai sumber referensi yang baku ke pada guru, siswa dan masyarakat.

Berbagai pihak berpartisipasi dalam lomba ini. Dari sekolah dan perusahaan sponsor bisa berperan. Walaupun kegiatan ini masih skala lokal namun di masa depan diharapkan bisa bersifat yang lebih luas.

Dengan lomba ini menjadi semacam training langsung bagi pegawai perpustakaan. Pelatihan langsung di tempat kerja, learning by doing. Kalau teori yang diperoleh dari berbagai pelatihan perpustakaan tidak diterapkan maka akan hilang ilmu.

Perpustakaan dalam meningkatkan produktivitas yang diukur dari sirkulasi buku yang dibaca tidak hanya kerja di lingkungan kantor saja. Hal karena konsumen dan pelanggan perpustakaan adalah oragn yang mau membaca buku. Mendidik konsumen adalah kerja dan perjuangan dari pegawai perpustakaan.

Lomba ini sebagai langkah awal untuk meningkatkan kemampuan secara teknis dapat mengikuti  Pendidikan dan Pelatihan atau Diklat guru, bidang Media Pengajaran Berbasis Multimedia, Diklat Guru bidang Software Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Sekolah, Diklat guru dan Pegawai Disdik bidang Pemetaan dan Pendataan Pendidikan dan Sekolah berbasis Digitalmap Geografi,  Diklat guru dan Pegawai Disdik bidang Penelitian, Olah dan Analisis data Ilmiah untuk Penulisan Karya Ilmiah Pendidikan, Pendidikan dan Pelatihan atau Diklat guru dan Pegawai Disdik bidang Internet pendidikan dan Membangun Webblog dan Websites Sekolah dan Pendidikan, Diklat dan pelatihan komputer untuk  TU dan administrasi sekolah.

Jenis diklat dan pelatihan di atas hanya sebagai acuan masih banyak jenis diklat dan pelatihan yang dapat dikembangkan oleh pemerintah dan badan Perpustakaan.Privat Komputer, Kursus komputer, privat komputer kantor sekolah, privat komputer administrasi