0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Untuk bisa lulus CPNS, pada saat ujian kamu harus bisa lulus dalam 3 jenis tes. Yaitu ada Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan juga ada Tes Kompetensi Pribadi (TKP). Semuanya harus dikerjakan dan harus mendapatkan skor tinggi untuk bisa maju ke tahap selanjutnya dan diangkat menjadi seorang PNS. Cukup sulit memang, namun banyak sekali peminatnya.

Karena banyaknya jenis tes yang akan dilakukan, mendekati pendaftaran CPNS tahun ini, banyak pula lembaga-lembaga bimbel CAT CPNS yang mengadakan les khusus untuk para calon peserta CPNS. Hal itu karena mereka berpikir akan sulit untuk masuk dan lulus di tes jika tidak ada persiapan yang matang. Memang, tujuan diadakannya tes, untuk menyaring peserta yang benar-benar kompeten untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil.

CPNS Nusagama Gratis Modul Bimbel CPNS
CPNS Nusagama Gratis Modul Bimbel CPNS

Terutama untuk Tes Intelegensi Umum atau TIU, tes ini bisa dibilang cukup sulit karena ada banyak soal-soal pengetahuan umum. Mulai dari Bahasa Indonesia, IPS, IPA hingga Matematika. Dan karena hal itulah bimbel privat CPNS laris khususnya dalam mengajari tes TIU tersebut. Ingin tahu rahasia mengenai tes TIU? Berikut ulasannya.

Tujuan dari Tes Integensi Umum (TIU) Diadakan

Mungkin dari kalian heran, kenapa masih harus mengerjakan pengetahuan umum seperti TIU, sementara kalian mendaftar CPNS bukan sebagai guru. Namun, itulah yang harus kamu lalui jika ingin lulus CPNS dengan mengerjakan 3 jenis tes termasuk TIU dan harus passing grade. Tesw TIU itu termasuk tes psikologi yang akan mengukur seberapa jauh tingkat intelegensi para calon PNS ini, agar bisa menyaring mana yang terbaik untuk diangkat jadi pegawai ASN.

Dan perlu kamu ketahui juga, tes ini juga bertujuan untuk mengukur kapasitas berpikir calon ASN. Dengan begitu, bisa mengukur tingkat stres yang dimilikinya dengan beban berpikir yang akan dikaitkan pada pekerjaannya nanti.

Cara Efektif yang Tepat Kerjakan Soal TKP CPNS
Cara Efektif yang Tepat Kerjakan Soal TKP CPNS

Kenapa harus diuji dari segi intelegensi para calon ASN ini? Karena engan begitu, mereka bisa tahu kemampuan berpikirnya tinggi atau tidak. Jika memiliki kemampuan berpikir yang tinggi, maka kemungkinan besar sanggup memecahkan masalah dengan strategi yang mereka miliki secara efektif dan efisien.

Jenis-Jenis Soal yang Ada di TIU

Dari penjelasan di atas, tentunya kamu penasaran kan, dengan jenis-jenis tesnya seperti apa? Berikut jenis Tes Intelegensi Umum yang dihadirkan :

  1. Tes verbal. Tes ini menguji kemampuan berbahasa para calon ASN, baik memahami teks, tata bahasa, maupun perbendaharaan kata.
  2. Tes kuantitatif. Sesuai dengan namanya, pada bagian ini memang kamu harus menghitung soal-soal matematika.
  3. Dan yang terakhir adalah tes penalaran di mana di tes ini bertujuan untuk mengetahui seseorang dalam mencerna dan menganalisis suatu informasi.

Cukup rumit, bukan? Untuk itu persiapkan diri kalian dalam belajar. Ikuti kelas bimbel CPNSdi Nusagama yang terjamin akan membantumu menguasai materi tes CPNS dengan baik. Dengan bergabung di nusagama kamu akan mendapatakan bimbel yang terbaik. Tutor bisa datang ke rumahmu jika Anda berminat untuk bimbel CAT CPNS