fbpx
0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Makna dan Arti dari Lambang Logo PAUD di Indonesia, Anak usia PUAD dan TK serta RA memiliki kesempatan yang luas untuk belajar. MAka sekarang mulai tumbuh tempat belajar yang menamakan diri sebagai TK dan PAUD, serta RA dan TPA Tempat Penitipan Anak , namun sebaiknya diubah jadi Tempat PENDIDIKAN atau PENAGASUHAN ANAK, jadi singkatan TPA ada nilai dan usnur pendidikan dan pengasuhan. Berikut kami berikan uraian tentang RA dan TK serta PAUD.

Arti LOGO menurut wikipedia.org dapat diartikan sebagai berikut

Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya.

Logo harus memiliki filosofi dan kerangka dasar berupa konsep dengan tujuan melahirkan sifat yang berdiri sendiri atau mandiri. Logo lebih lazim dikenal oleh penglihatan atau visual, seperti ciri khas berupa warna dan bentuk logo tersebut. (Sumber: wikipedia)

Penjelasan arti lambang dan makna logo PAUD dilihat dari sisi filosofinya

logo-paud

logo-paud

logo-ra-cerdas-palembang

logo-ra-cerdas-palembang

1. Bentuk segi lima logo paud

Segi lima menggambarkan tentang Pancasila yang berisi lima sila.  Yang mana Pancasila (5 sila) merupakan landasan sikap dan peranan keluarga dalam pendidikan, pemberian gizi dan pemeliharaan kesehatan anak serta penanaman sikap moral dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

2. Gambar orang tua menuntun anak

Filosofi gambar ini memberikan makna dwi fungsi orang tua yang bertugas untuk mengayomi anak dengan tetap memberikan kebebasan akan tetapi orang tetap menuntun dan memberikan pengarahan kepada anak. (Filosofi dari Tut Wuri Handayani)

3.  Makna gambar dua anak

Loga dua anak ini bermakna lambang kemitrasejajaran atau persamaan antara anak laki-laki dan anak perempuan dalam memperoleh asuhan tumbuh kembang yang optimal

4. Lambang bulat di perut

Bulat di perut bermakna bahwa orang tua memiliki peran penting dalam menentukan masa depan anak sejak anak usia dini yaitu sejak anak masih dalam kandungan.

5. Gambar tiga buku

Ada tiga makna yang bisa diambil filosofinya yaitu

a. Buku 1 melambangkan aspek keimanan, moral dan emosional anak.
b. Buku 2 melambangkan unsur kesehatan, gizi dan pendidikan. Yang mana ketiga unsur tersebut tidak dapat dipisahkan dalam pembentukan kualitas anak
c. Buku 3 melambangkan usia anak intelegasi, pertumbuhan dan perkembangan anak dalam masa iritis 0 hingga 1 tahun, usia 2 hingga 3 tahun dan usia 4 hingga 6 tahun.

6.  Sehat, Cerdas, Ceria

Tulisan sehat cerdas dan ceria menggambarkan tentang tujuan pendidikan anak-anak paud agar menjadi anak yang sehat, cerdas dan ceria baik itu ketika sedang belajar atau anak sudah beranjak dewasa.

Demikian penjelasan singkat tentang arti dan makna dari logo PAUD.

Lambang, logo atau Simbol secara etimologi adalah berasal dari kata symballo dari bahasa Yunani. Symballo artinya kurang lebih melempar atau meletakkan bersama-sama dalam satu ide atau konsep objek yang kelihatan, sehingga objek tersebut mewakili gagasan. Simbol ini dapat menghantarkan seseorang ke dalam gagasan atau konsep masa depan maupun masa lalu. Simbol adalah gambar, bentuk, atau benda yang mewakili suatu gagasan, benda, ataupun jumlah sesuatu. Meskipun simbol bukanlah nilai itu sendiri, namun simbol sangatlah dibutuhkan untuk kepentingan penghayatan akan nilai-nilai yang diwakilinya. Simbol dapat digunakan untuk keperluan apa saja. diantaranya; ilmu pengetahuan, kehidupan sosial, juga keagamaan dan kepercayaan.

Lambang atau logo yang selama ini dipakai untuk PAUD mempunyai arti dan maknanya yang khusus, yang dapat dilihat secara Filosofis dalam makna PAUD Pendidikan Anak Usia Dini sebagai bagian ilmu pengetahuan dan pendidikan. Arti dan Makna lambang dan logo PAUD ini adalah sebagai berikut :

Gambar Segi Lima
Lambang lima sila (pancasila) sebagai landasan dasar sikap dan peranan keluarga dalam pendidikan, pemberian gizi dan pemeliharaan kesehatan anak serta penanaman sikap moral bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Orang Tua Menuntun Anak
Lambang Dwi Fungsi Tunggal orang tua yang mengayomi anak dengan memberi kebebasan, namun tetap dalam tuntunan orang tua (Tut Wuri Handayani).

Dua Anak
Lambang kemitrasejajaran anak laki-laki dan perempuan memperoleh asuhan tumbuh kembang yang optimal.

Bulat di Perut
Lambang peran orang tua turut menentukan masa depan anak sedini mungkin Sejak dalam kandungan.

Tiga Buku

Artinya

  1. Melambangkan aspek keimanan, moral, dan emosional anak.
  2. Melambangkan unsur: Kesehatan, Gizi, Pendidikan sebagai unsur yang tidak terpisahkan dalam menentukan kualitas seorang anak.
  3. Melambangkan usia anak intelegasi, pertumbuhan dan perkembangan anak dalam periode iritis: 0-1 tahun, 2-3 tahun, dan 4-6 tahun.

Demikian Arti dan makna Lambang atau logo yang selama ini dipakai untuk PAUD,

Sumber dari

http://paudcerdasku.blogspot.co.id/2013/12/arti-logo-paud-cerdas.html

http://tk-asmorobangun-4.blogspot.co.id/2013/09/arti-dan-makna-logo-paud.html

http://sinauwerno-werno.blogspot.co.id/2012/11/makna-dan-arti-logo-paud.html

http://paud-anakbermainbelajar.blogspot.co.id/2014/01/lambang-dan-logo-paud-arti-dan-maknanya.html

http://www.al-maghribicendekia.com/2014/05/makna-dan-arti-dari-lambang-logo-paud.html

Arti Logo PAUD, Arti Lambang PAUD, Makna Lambang PAUD, Privat Calistung Jogja, Privat Baca Tulis, Privat Berhitung TK, Privat TK PAUD Jogja, Guru Privat TK Jogja, Tempat Privat TK PAUD, Guru Les Privat Jogja, Privat TK guru Datang.