0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Makna dan Arti dari Lambang Logo Pendidikan Tinggi dan Kemenristekdikti Indonesia, Salah satu lembaga kementrian yang berubah pada masa Kabinet Kerja Presiden Jokowidodo adalah berpindahnya Direktorat Pendidikan Tinggi (DIKTI) dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ke Kementrian Riset dan Teknologi (Perpres No 13 Tahun 2015). Perubahan tersebut tentunya juga merubah struktur organisasi termasuk logo kementrian.

arti-logo-makna-lambang-ristekdikti

arti-logo-makna-lambang-ristekdikti

logo-kemenristek-1975-2015-lama

logo-kemenristek-1975-2015-lama

logo-kemenristekdikti-baru

logo-kemenristekdikti-baru

Akhirnya pada 14 April 2015, logo Ristekdikti ditetapkan melalui KEPUTUSAN MENTERI RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 195 /M/Kp/IV/2015.

Penjelasan tentang penetapan logo ristekdikti, dan makna logo ristekdikti kemnterian ristekdikti.

  1. SK-Penetapan-Logo-Kemristek-Ditkti

Keterangan tentang tata cara penggunakan Logo Ristekdikti yang baru, aturan pemakaian logo lambang  Kemenristekdikti dan Perguruan Tinggi yang baru

  1. Logo Kemenristekdikti

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Indonesia, Mohamad Nasir mengatakan, untuk pertamakalinya peluncuran logo baru Kemenristekdikti hari ini bersamaan dengan upacara memperingati hari pendidikan (hardiknas).

Logo Kemenristekdikti telah diresmikan dengan Surat Keputusan Menristekdikti No: 195/M/Kp/IV/2015 tanggal 14 April 2015. Makna logo ini melambangkan teknologi dan sumber daya manusia (SDM) yang sinergis dan selalu berkaitan erat dalam menyambut masa depan yang lebih baik.

Dia berharap dengan adanya logo baru ini dapat memberikan wawasan baru, pola pikir baru untuk memajukan perguruan tinggi riset dan inovasi di negeri ini. Pada hari ini, Kemenristekdikti juga untuk pertamakalinya memberikan penghargaan kepada 10 inovator. Adapun 10 inovator tersebut inovasi Sistem Kontrol Berbasis Brain Computer Interface dengan Sinyal Biofeedback yang diteliti oleh Dr Arjon Turnip dari Unit Pelaksana Teknis Balai Pengembangan Instrumentasi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Inovator dari perguruan tinggi seperti Dr Muhammad Nur Yuniarto dari Laboratorium Sistem dan Otomasi Industri Jurusan Teknik FTI Mesin Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang berinovasi dengan Engine Controller Unit (ECU) IQUETECHE untuk mesin injeksi. Ada juga penciptaan alat deteksi dini longsor yang dikembangkan Dr Gede Bayu Suparta yang berasal dari Universitas Gajah Mada (UGM).

Logo ristek (riset dan teknologi) ditetapkan berdasarkan Keputusan Menristek 430/M/Kp/VII/1992. Logo ini dihasilkan melalui suatu lomba. Logo yang ditentukan peluncurannya oleh Presiden pada 20 Mei 1992 ini kemudian diumumkan pada Penutupan Rakornas X Ristek tanggal 23 Mei 1993. Dengan ditetapkannya logo ristek ini maka kegiatan riset dan teknologi bangsa kita telah memiliki identitas khas yang mudah dikenal dan diingat masyarakat.

Logo Ristek

  • Logo ristek terdiri atas dua bagian: simbol dan logo tipe. Simbol adalah gambar logo ristek yang merupakan unsur paling esensial untuk keutuhan identitas. Logo tipe, berupa unsur grafis yang mendukung simbol dan dirancang dengan jenis dan karakter aksara tertentu.
  • Arti logo:

Berangkat dari bulatan titik pada logo adalah simbolisasi dari unsur yang paling fundamental pada langkah awal suatu pekerjaan riset. Titik yang kemudian berkembang menjadi sebuah stuktur yang dinamis dan secara ilusi tak terbatas adalah gagasan dimensi alam semesta yang tak terhingga dan masih penuh misteri, yang dilambangkan teknologi tinggi.

Warna biru tosca, secara universal mencerminkan dunia angkasa luar.

Warna abu-abu coklat adalah tanah sebagai tempat kita berpijak untuk kehidupan.

Panduan Penggunaan Logo

Tata cara penggunaan logo ristek telah diatur dalam buku pedoman yang diterbitkan Menteri Ristek. Dalam buku pedoman ini dijelaskan, antara lain ketentuan cara penggunaan logo juga larangan yang harus dipatuhi dalam menggunakan logo.

 

Berdiri sejak tahun 1962 dengan nama Kementerian Urusan Riset Nasional Republik Indonesia, kemudian pada tahun 1973 berubah nama menjadi Menteri Negara Riset. Periode tahun 1986-2001 menjadi Menteri Negara Riset dan Teknologi, dan tahun 2002 sesuai Surat Edaran Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara perihal Penamaan Instansi Pemerintah, Kantor Menteri Negara disebut dengan Kementerian Riset dan Teknologi. Pada tahun 2005, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2005 institusi ini disebut Kementerian Negara Riset dan Teknologi (KNRT) atau dengan sebutan Kementerian Negara Ristek sebelum kembali berganti nomenklatur sesuai Peraturan Presiden Nomor 47 Tahun 2009 menjadi Kementerian Riset dan Teknologi.

Pada tahun 2014 pada masa kepemimpinan Presiden Jokowi, nomenklatur Kementerian Riset dan Teknologi kembali berubah menjadi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Perubahan ini merupakan konsekuensi dari penggabungan urusan pendidikan tinggi ke kementerian ini yang sebelumnya berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Sumber dari

https://id.wikipedia.org/wiki/Kementerian_Riset,_Teknologi,_dan_Pendidikan_Tinggi_Republik_Indonesia

http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/Kepmen195-M-Kp-IV-2015LogoKemenristekdikti.pdf

http://ristekdikti.go.id/logo/

https://tunas63.wordpress.com/2010/03/26/arti-logo-ristek/

http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/15/05/02/nnpmof-kemenristekdikti-luncurkan-logo-baru

http://ristekdikti.go.id/logo/

http://staff.unila.ac.id/janter/2015/04/27/akhirnya-logo-ristekdikti-ditetapkan/

Privat Guru Online, Guru Online, Privat Online Indonesia, Belajar Privat Online, Privat Online Jogja. Privat Belajar PR Online, Kerjakan PR mudah, Bantuan Kerjakan PR, Pahami Dalam Kerjakan PR, Les Privat (Belajar Mandiri) UM  PTN/PTS Favorit. Jika mau belajar lebih awal lebih siap bersaing masuk UGM, ITB, IU, UNY dan PTN favorit anda. , Privat Online Jogja. Les Privat (Belajar Mandiri) Mata Kuliah Mahasiswa.  Arti Logo Dikti, Arti Lambang Ristekdikti Baru, Logo Dikti Baru, Privat SMA, Privat MA SMK, Privat SMA Jogja, Guru Privat SMA, Tempat Privat SMA, Les Privat Jogja SMA, Privat MIPA SMA, Privat IPA SMAKerjakan PR Online Mudah, Bantuan Kerjakan PR, Pahami Dalam Kerjakan PR , Privat Guru Online, Guru Online, Privat Online Indonesia, Belajar Privat Online, Privat Online Jogja. Les  Privat (Belajar Mandiri) Mapel SMA/MA/SMK Mapel  SMA MA SMK dan Bahasa Daeraj (Jawa) Les Privat (Belajar Mandiri) Bahasa Asing (Inggris, German, Mandarin). Privat Karyawan English Conversation, Mahasiswa Inggris persiapan kerja.