0812 1566 3955 nusagama@gmail.com

Makna dan Arti dari Lambang TK Taman kanak-kanak  RA  di Indonesia, kami akan memaparkan tentang arti dan makna logo atau lambing pendidikan RA dan TK. Namun karena banyak yayasan atau lembaga yang mendirikan RA maka aka n kami ambil beberapa sebagai bahan pembahasan arti lambang dan makna logo RA.

logo-ra-inayah-ummah-bogor

logo-ra-inayah-ummah-bogor

logo-tk-aba-muh

logo-tk-aba-muh

logo-tk-indonesia

logo-tk-indonesia

logo_raudhatul_atfhal_ar_raihan

logo_raudhatul_atfhal_ar_raihan

Filosofi logo “RAUDHATUL ATHFAL INAYAH UMAMAH BOGOR”

  1. Sudut : yang membentuk segilima mengartikan Raudhatul Athfal Inayah Umamah senantiasa selalu dalam lindungan Allah SWT dengan rukun Islamnya (1. Syahadat, 2. Shalat, 3. Zakat, 4. Puasa, dan 5. Menunaikan Ibadah Haji). dan 5 (lima) waktu Shalat.
  2. Garis Lingkar warna Kuning : melambangkan pencahayaan matahari yang selalu menyinari bumi dan planet lain dengan tak hentinya. diharapkan Raudhatul Athfal Inayah Umamah mampu menyinari dan memberi terang kepada individu yang tergabung dalam Raudhatul Athfal Inayah Umamah khususnya, dan masyarakat lingkungan sekitar Raudhatul Athfal Inayah Umamah pada umumnya. dengan melalui program pendidikan keagamaan dan pengetahuan umum.
  3. Garis Lingkar warna Putih : Sesuai dengan sifat dari warna putih yaitu “Suci/bersih”. Raudhatul Athfal Inayah Umamah
  4. Bintang : melambangkan “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Raudhatul Athfal Inayah Umamah mempunyai prinsip senantiasa selalu mengingat Allah-Lah yang menjadi tujuan utama, dan menerapkannya kepada anak didik di Raudhaul Athfal, baik dalam tingkah laku keseharian di luar sekolah maupun di dalam lingkungan sekolah.
  5. Tulisan “RAUDHATUL ATHFAL” :Menunjukan jenjang pendidikan yang dijalankan
  6. Pena : Mampu mencetak anak didik yang berprestasi dalam segala bidang
  7. Kitab/ Buku : Yang terbuka dan bertuliskan, bahwa anak didik kami diharapkan mampu membaca dan memahami apa yang telah di dapatkan dalam pendidikannya.
  8. Pusat Cahaya : KUNING KEEMASAN, bahwa masa-masa emas untuk usia dini adalah masa yang tepat untuk membentuk karakter dan kepribadian anak, sebelum terpengaruh oleh dunia luar di era globalisasi.
  9. Warna Dasar : HIJAU sesuai dengan sifat dari warna itu sendiri bahwa hijau itu alam, Karena hubungannya dengan alam, hijau dianggap sebagai warna menenangkan dan santai, Hijau akan menyeimbangkan emosi, menciptakan keterbukaan antara anak didik dan orang lain.
  10. Tangan yang Menengadah Berdo’a : Bahwa kita selaku manusia harus senantiasa selalu berdo’a dan meminta ke-Ridhoan Allah SWT, dalam setiap pekerjaan, tingkahlaku, dan perbuatan. Bahkan dalam hal pendidikan pun
  11. Pita bertuliskan Inayah Umamah : Menunjukan identitas atau jatidiri bahwa raudhatul athfal yang kita dirikan adalah “INAYAH UMAMAH” arti dari Inayah Umamah itu sendiri adalah “Pengayom/pelindung Umat”, umat yang menandakan masyarakat atau khalayak ramai yang selalu merasa terlindungi atau terbantu dengan adanya program pembelajaran dari Raudhatul Athfal Inayah Umamah itu sendiri.

Pengertian TK RA di Indonesia Arti Pembingan TK RA, Raudatul athfal (disingkat RA) merupakan jenjang pendidikan anak usia dini (yakni usia 6 tahun atau di bawahnya) dalam bentuk pendidikan formal, di bawah pengelolaan Kementerian Agama

RA setara dengan taman kanak-kanak (TK), di mana kurikulumnya ditekankan pada pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Di Indonesia, menempuh pendidikan TK/RA tidaklah wajib. Namun dalam perkembangannya, banyak sekolah dasar yang mewajibkan calon siswanya lulus TK/RA.

https://id.wikipedia.org/wiki/Raudatul_athfal

Makna Logo RA TK, Arti Lambang TK RA, Privat Calistung Jogja, Privat Baca Tulis, Privat Berhitung TK, Privat TK PAUD Jogja, Guru Privat TK Jogja, Tempat Privat TK PAUD, Guru Les Privat Jogja, Privat TK guru Datang

Taman kanak-kanak (bahasa Inggris: kindergarten), disingkat TK, adalah jenjang pendidikan anak usia dini (usia 6 tahun atau di bawahnya) dalam bentuk pendidikan formal. Kurikulum TK ditekankan pada pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Lama masa belajar seorang murid di TK biasanya tergantung pada tingkat kecerdasannya yang dinilai dari rapor per semester. Secara umum untuk lulus dari tingkat program di TK selama 2 (dua) tahun, yaitu:

  1. TK 0 (nol) Kecil (TK kecil) selama 1 (satu) tahun
  2. TK 0 (nol) Besar (TK besar) selama 1 (satu) tahun

Umur rata-rata minimal kanak-kanak mula dapat belajar di sebuah taman kanak-kanak berkisar 4-5 tahun sedangkan umur rata-rata untuk lulus dari TK berkisar 6-7 tahun. Setelah lulus dari TK, atau pendidikan sekolah dan pendidikan luar sekolah lainnya yang sederajat, murid kemudian melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi di atasnya, yaitu Sekolah Dasar atau yang sederajat.

Di Indonesia, seseorang tidak diwajibkan untuk menempuh pendidikan di TK.

Pembelajaran di TK

Di TK, siswa diberi kesempatan untuk belajar dan diberikan kurikulum pembelajaran yang sesuai dengan usia pada tiap-tiap tingkatannya. Siswa diajarkan mengenai hal-ihwal berikut ini:

  1. Agama,
  2. Budi bahasa,
  3. Berhitung,
  4. Membaca (mengenal aksara dan ejaan),
  5. Bernyanyi,
  6. Bersosialisasi dalam lingkungan keluarga dan teman-teman sepermainannya, dan
  7. Berbagai macam keterampilan lainnya.

Tujuan TK adalah meningkatkan daya cipta anak-anak dan memacu mereka untuk belajar mengenal berbagai macam ilmu pengetahuan melalui pendekatan nilai budi bahasa, agama, sosial, emosional, fisik, motorik, kognitif, bahasa, seni, dan kemandirian. Semua dirancang sebagai upaya mengembangkan daya pikir dan peranan anak dalam hidupnya. kegiatan belajar ini dibuat dalam model belajar sambil bermain.

Sumber dari:

https://id.wikipedia.org/wiki/Taman_kanak-kanak

http://rainayahumamah.blogspot.co.id/

http://paud-anakbermainbelajar.blogspot.co.id/2014/01/lambang-dan-logo-paud-arti-dan-maknanya.html

Privat Guru Online, Guru Online, Privat Online Indonesia, Belajar Privat Online, Privat Online Jogja. Privat Belajar PR Online, Kerjakan PR mudah, Bantuan Kerjakan PR, Pahami Dalam Kerjakan PR, Les Privat (Belajar Mandiri) CALISTUNG untuk PAUD, TK, SD Kelas 1,  Materinya adalah Dasar-dasar Membaca, Cara Membaca, Menulis Huruf, dan Berhitung. Les Privat (Belajar Mandiri) UM PNS ujian masuk CPNS ujian pengawai negeri. Materi kemampuan dasar, pengetahuan umum.