0812 1566 3955 nusagama@gmail.com
  • Latar Belakang

Banyak generasi milenial saat ini sibuk dengan gadget mereka yaitu lebih terjun dalam dunia medsos. Mereka tidak peduli di sekolah ada ilmu yang penting untuk dipelajari, salah satunya Sejarah. Mungkin pelajaran Sejarah dianggap membosankan dan tidak memilik kaitan dengan dunia saat ini. Padahal mereka salah besar, oleh karena itu saya akan menjelaskannya sebagai berikut.

  • Mengapa Sejarah Itu Penting?

Sejarah itu penting karena justru karena ada sejarahlah dunia sekarang ada. Kita ambil contoh, pada saat Proklamasi Kemerdekaan 1945 merupakan awal mengapa NKRI bisa ada dan merdeka. Lalu apa hubungannya dengan masa sekarang? Hubungannya adalah dengan belajar dari Pengalaman. Ada pepatah mengatakan Pengalaman adalah Guru Terbaik. Kita harus belajar dari pengalaman bahwa kenapa Indonesia bisa dijajah? Itu sebabnya karena kita terlalu bodoh untuk diadu domba oleh bangsa Eropa, sehingga membuat kita lemah padahal sebenarnnya kita tiga kali lipat lebih kuat dari mereka.

Metode Pengajaran Sejarah yang Efektif

Melalui Studi Lapangan

Manusia pada umumnya lebih suka hal yang bisa dilihat dan dirasakan. Oleh karena itu studi lapangan ke tempat-tempat bersejarah adalah cara terefektif dalam mengajari Sejarah. Cara seperti ini tidak hanya memberikan pelajaran ke mereka, namun akan sangat susah dilupakan pelajaran tersebut.

  • Melalui Video dan Gambar

Perdikit teori dalam sejarah, perbanyak video dan gambar. Karena efek visual selalu lebih menarik perhatian para murid yang malas atau bosan belajar suatu bidang studi, untuk kasus ini yaitu Sejarah.

  • Guru yang Cakap

Dalam hal ini bukan cakap ganteng atau cantik. Namun maksudnya cakap dalam memberikan pelajaran sejarah. Guru tersebut harus memberikan sesuatu yang beda, seperti membuat lelucon agar siswa tidak mengantuk di kelas.

Penulis Wilbert Tentor Nusagama Mengajar SMP SMA UII